-->

Sunday, June 11, 2017

6 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus disyukuri, karena dengan kesehatan yang baik Anda dapat melakukan berbagai aktivitas. Sedangkan apabila kesehatan Anda memburuk, Anda hanya bisa berbaring ataupun di opname dan tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.


Salah satu penyebab kesehatan memburuk adalah kebiasaan atau pola hidup yang buruk. Banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagaian orang tanpa mereka sadari bahwa itu berbahaya bagi kesehatannya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka terhadap kebiasaan atau pola hidup yang dapat membahayakan kesehatan.

Berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari tanpa Anda sadari yang dapat membahayakan kesehatan :

1. Kurang Tidur

Waktu tidur malam yang direkomendasikan adalah 8 jam.Banyak orang yang memiliki Tidur kurang dari 8 jam. Baik itu disebabkan oleh pekerjaannya ataupun karena kebiasaan begadang. Ketika Anda tidur, Anda akan mengistirahatkan tubuh Anda yang telah digunakan dalam bekerja dan beraktivitas.

Pada saat Anda tidur, antibodi atau daya tahan tubuh akan berproduksi lebih cepat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain daya tahan tubuh, pada saat tidur kulit akan memperbaiki sel-sel mati dan cara meregenerasinya. Tidur yang cukup dapat menyehatkan organ ginjal dan lambung, ginjal dan lambung akan mengurangi kinerjanya karena pada siang hari kita aktif makan dan minum , sehingga lambung dan ginjal bekerja extra.

Namun, apabila Anda begadang atau kurang tidur , maka Anda hanya akan menyiksa tubuh dan memperoleh berbagai masalah kesehatan.

2. Menyalakan Lampu Saat Tidur

Tidak sedikit orang yang tidur dengan menyalakan lampu ketika tidur. Namun mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut tidak baik bagi kulit. Sebaiknya Anda Tidur dalam keadaan gelap atau lampu mati karena sangat bermanfaat bagi tubuh seperti : Tidur dalam keadaan gelap dapat membantu produksi hormon melatonim. Hormon ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena menjaga keseshatan sel, memperlancar aliran darah dan lain-lain. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, sehingga Anda dapat tidur dan nyenyak serta ketika bangun akan fit kembali.

Namun , jika Anda tidur dengan menyalakan lampu, maka Anda hanya akan memperoleh sebaliknya.

3. Tidur Terlalu Lama dan Terlambat Mandi

Hampir sebagian orang bangun di siang hari, itu akibat tidur terlambat. Dan lebih parahnya lagi ada orang yang mandinya juga di siang hari akibat tidak ada aktivitas yang akan dilakukan di pagi hari. Biasanya orang yang terlambat bangun disebabkan karena dia begadang di malam hari. Namun , apabila tidak begadang dan tetap terlambat bangun maka waktu tidurnya kebanyakan. Tidur lebih dari 8 jam juga tidak baik bagi kesehatan. Kebanyakan tidur dapat merusak otak dan 2x lebih beresiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, apabila terlambat mandi dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Masalah yang paling sering terjadi adalah sariawan. Pada orang yang terlambat mandi, akan lebih beresiko terkena stomatitis atau sariawan.

4. Lupa Sikat Gigi Di Pagi Hari dan Malam Hari

Ada sebagian orang yang terkadang lupa untuk menyikat giginya baik itu di pagi hari atau di malam hari ataupun dua-duanya. Biasanya kebiasaan buruk ini dialami oleh orang-orang yang memiliki aktifitas padat. Pada pagi hari, orang biasa lupa untuk menyikat gigi karena terlambat bangun atau ada meeting yang menyebabkan harus cepat datang. Namun, ada juga beberapa orang yang sempat menyikat gigi namun karena terburu-buru mereka akan menyikat gigi secara asal-asalan. Padahal menyikat gigi di pagi hari itu sangatlah penting terutama bagi mereka yang aktifitasnya berinteraksi dengan orang-orang, karena apabila tidak menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan akan menyebabkan bau mulut, sehingga akan mengganggu aktifitas yang akan Anda jalani.

Sedangkan bagi orang-orang yang lupa untuk menyikat gigi di malam hari biasanya disebabkan karena padatnya aktifitas di siang hari, sehingga ketika pulang ke rumah mereka sangat kelelahan dan langsung tidur. Sikat gigi di malam hari sangatlah penting, karena pada malam hari bakteri bekerja 2x lebih cepat dibanding siang hari, oleh karena itu proses perusakan gigi lebih cepat terjadi di malam hari.

Hal yang perlu di perhatikan dalam menyikat gigi adalah sebagai berikut :
- Cara Menyikat Gigi Dengan Baik Dan Benar
- Tips Memilih Dan Merawat Sikat Gigi

5. Tidak Sarapan atau Sarapan Berlebihan

Tidak sarapan ataupun sarapan yang berlebihan sama-sama tidak baik untuk tubuh, masing-masing memiliki dampak yang berbeda. Tidak sarapan sebelum beraktifitas akan menyebabkan perut menjadi kosong karena tidak mendapat asupan makanan. Sedangkan lambung tidak berhenti bekerja untuk menghaluskan makanan, namun apabila Anda tidak mengkonsumsi sesuatu, maka yang terjadi adalah dinding-dinding dalam lambung akan saling bergesekan karena tidak ada lagi makanan yang akan di haluskan. Selain itu, tidak sarapan juga dapat membuat Anda tidak berkonsentrasi dalam beraktifitas. Sedangkan sarapan yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi ngantuk di tengah-tengah kesibukan Anda. Rasa ngantuk di pagi hari akan menghambat aktifitas Anda.

6. Merokok dan Minum Alkohol

Sebagian besar orang merokok, bahkan zaman sekarang anak SD pun juga sudah berani mengisap sebatang rokok. Tentunya rokok tidak baik bagi kesehatan karena kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok. Nikotin ini yang membuat para perokok merasa rileks dan nyaman sehingga menjadi kecanduan terhadap rokok. Inilah alasan mengapa para perokok susah untuk berhenti merokok. Selain kandungan nikotin, didalam rokok terdapat banyak lagi kandungan yang sama berbahayanya seperti Tar, Karbon Monoksida, Hidrogen Sianida, Oksida Nitrat, Asetaldehida, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain merokok, meminum minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan apalagi jika kadar alkoholnya tinggi. Semakin tinggi kadar alkohol yang dikonsumsi maka akan menyebabkan meningkatnya kadar alkohol didalam darah. Semakin tinggi kadar alkohol didalam darah maka akan menyebabkan kesadaran menurun bahkan dampak terburuknya adalah kematian. Selain menurunkan tingkat kesadaran, alkohol juga dapat merusak organ vital seperti pankreas, jantung, pembuluh darah, otak, dan saraf.

Itulah 6 Kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan sudah menjadi kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon