-->

Tuesday, February 02, 2016

11 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Buah Sirsak merupakan Buah yang jarang kita jumpai kecuali ketika musim panennya sudah tiba. Buah Sirsak pertama kali dikenal di Indonesia pada saat masa pemerintahan kolonial Belanda. Belanda sangat menggemari Buah Sirsak karena mempunyai rasa yang asam manis. Selain rasanya yang asam manis, Buah Sirsak memiliki kandungan yang sangat baik sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.


Namun, selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, daun sirsak juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Manfaat daun sirsak yang paling terkenal adalah daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker. Selain dapat menyembuhkan penyakit kanker, Daun Sirsak juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan Anda. Selain 2 manfaat tersebut, ternyata daun sirsak memiliki manfaat lainnya, yaitu daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi ataupun diabetes. Berikut akan dijelaskan manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Berikut akan dijelaskan manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan :

1. Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat Daun Sirsak sangat terkenal yaitu mengobati penyakit kanker. Berbagai penelitian dilakukan untuk membuktikan kebenaran tentang Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker. Salah satu penelitian yang terkenal tentang Daun Sirsak adalah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Yohanes Soelaksono Sastrodihardjo, Ph.D dan Dr. Jerry Mclaughlin. Pengumpulan Daun Sirsak ini dilakukan di daerah Garut, Jawa Barat. Daun Sirsak tersebut dikeringkan kemudian dibawa oleh Dr. Jerry Mclaughlin ke Amerika Serikat untuk diteliti lebih lanjut.

2. Menurunkan Hipertensi

Daun Sirsak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang dapat membunuh apabila Anda tidak mengobatinya dan tidak rajin memeriksakan tekanan darah. Cara mengolah Daun Sirsak agar dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan merebus Daun Sirsak. Berikut cara mengkonsumsinya untuk mengobati Hipertensi :

  • Petiklah 10 lembar Daun Sirsak, jangan terlalu muda ataupun terlalu tua.
  • Siapkan juga 2 siung Bawang Putih dan di iris tipis.
  • Cuci dengan bersih
  • Rebus kedua bahan tersbut dengan 3 gelas air
  • Rebus bahan tersebut hingga tersisa 1 gelas kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
  • Minum air rebusan tersebut 2x sehari yaitu pagi dan sore.


3. Mengobati Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat membunuh penderitanya. Diabetes merupakan kondisi dimana kadar gula darah meningkat. Kadar gula darah yang normal berkisar antara 70 - 120 mg. Banyak orang yang mencari berbagai pengobatan alternatif. Daun Sirsak dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengobati penyakit diabetes karena kandungan dari Daun Sirsak dipercaya dapat mengotrol gula darah. Berikut cara mengkonsumsinya untuk mengobati Penyakit Diabetes :

  • Petik 5 lembar Daun Sirsak, jangan terlalu muda atau terlalu tua.
  • Cuci dengan bersih.
  • Rebus Daun Sirsak dengan 2 gelas air dan menyisahkan 1 gelas air.
  • Saring air rebusan tersebut dan minum.
  • Minum 2x sehari yaitu pagi dan malam hari kemudian 4 hari kemudian cek lagi kadar gula darah Anda.


4. Mengobati Asam Urat

Daun Sirsak dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pengobatan Asam Urat. Oleh karena itu bagi Anda yang menderita Asam Urat cobalah untuk menkonsumsi Daun Sirsak. Berikut cara mengkonsumsinya untuk mengobati asam urat :

  • Petik 8-10 lembar Daun Sirsak, jangan terlalu muda ataupun terlalu tua.
  • Cuci dengan bersih.
  • Rebus Daun Sirsak yang telah dicuci bersama dengan 2 gelas air.
  • Rebus Daun Sirsak hingga air rebusan tersisa 1 gelas kemudian saring air rebusan tersebut dan diminum.
  • Minum air rebusan tersebut 2x sehari yaitu pagi dan sore.


5. Mengobati Nyeri Punggung dan Leher

Nyeri pada punggung dan leher biasa terjadi apa bila telah melakukan pekerjaan yang berat ataupun telah selesai berolahraga. Nyeri ini biasa juga disebut dengan pa'daukang di daerah Sulawesi Selatan. Daun Sirsak dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengobati nyeri pada punggung dan leher. Berikut cara menggunakan daun sirsak untuk mengobati nyeri pada punggung dan leher :

  • Petik 3-5 lembar Daun Sirsak. Daun Sirsak yang semua tulang-tulang daunnya ketemu sangatlah efektif digunakan mengobati nyeri punggung dan leher tapi sangat jarang ditemukan.
  • Cuci bersih Daun Sirsak yang telah dipetik kemudian keringkan.
  • Tampelkan Daun Sirsak yang telah dicuci dan dikeringkan ke bagian punggung dan leher yang terasa nyeri.
  • Biarkan hingga Daun Sirsak tersebut jatuh dengan sendirinya.
  • Lakukan cara tersebut 2x sehari yaitu pagi dan malam saat akan tidur.


6. Mengobati Eksim

Eksim atau biasa disebut dengan dermatitis merupakan peradangan yang terjadi pada permukaan kulit. Daun Sirsak dapat mengobati penyakit eksim ini. Berikut cara menggunakan Daun Sirsak untuk mengobati penyakit Eksim :

  • Petiklah Daun Sirsak 5-10 lembar.
  • Cuci bersih Daun Sirsak tersebut kemudian haluskan.
  • Setelah Daun Sirsak dihaluskan, oleskan pada daerah yang terdapat Eksim.
  • Oleskan 2x sehari.


7. Mengobati Penyakit Kista

Kandungan Daun Sirsak tidak hanya menyembuhkan penyakit kanker, namun Daun Sirsak juga dapat menyembuhkan penyakit kista seperti kista ovarium. Cara mengkonsumsi Daun Sirsak untuk mengobati penyakit kista sama dengan cara mengkonsumsi Daun Sirsak untuk mengobati penyakit kanker.

8. Mengontrol Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh. Jenis kolesterol ada 3 yaitu Low Density Lipoprotein, High Density Lipoprotein dan Trigliserida. Namun kolesterol tidak boleh melebihi batasan normal karena kolesterol yang tinggi akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya salah satunya diabetes. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya Anda mencoba mengkonsumsi air rebusan Daun Sirsak.

9. Mengobati Penyakit Liver

Mengkonsumsi air rebusan Daun Sirsak dapat mengobati penyakit liver karena Daun Sirsak memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti jamur, anti bakteri dan anti virus sehingga dapat menghambat dan membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit liver. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang menderita penyakit liver, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan Daun Sirsak.

10. Mengobati Penyakit Asma

Daun Sirsak dapat menyembuhkan penyakit asma. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebus Daun Sirsak. Konsumsilah air rebusan Daun Sirsak di pagi hari atau bisa juga 2x sehari yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

11. Mengobati Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Daun Sirsak memiliki senyawa yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Daun Sirsak dapat digunakan untuk mengobati penyakit infeksi saluran kemih. Oleh karena itu konsumsilah Daun Sirsak agar penyakit infeksi saluran kemih dapat terobati.

Itulah manfaat daun sirsak yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon