-->

Tuesday, March 19, 2019

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Hampir sebagian orang pernah merasakan yang namanya sakit gigi, rasa sakit yang terjadi pada gigi bisa disebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya adalah sakit gigi karena gigi berlubang. Gigi berlubang memang sangatlah rentan terjadi, terutama pada gigi geraham besar pertama. Karena gigi tersebut tumbuh kisaran umur 6 -7 tahun, bahkan ada juga orang yang giginya tumbuh di umur 5 tahun karena faktor tertentu.


Sedangkan pada umur 6-7 tahun ketika masa anak-anak, usia tersebut adalah usia diamana malas untuk menggosok gigi, dan juga orang tua yang masih kurang perhatian terhadap kebersihan gigi anaknya. Efek sakit gigi karena berlubang tersebut tidak langsung dirasakan pada awal gigi berlubang , biasanya akan dirasakan saat memasuki usia remaja. Itupun dipengaruhi frekuensi makan makanan manis dan menyikat gigi. Semakin sering makan makanan manis dan malas sikat gigi , semakin cepat rasa sakit gigi akan dialaminya, begitupun sebaliknya.

Namun, jika Anda mengalami sakit gigi di rumah, sebaiknya Anda harus segera memeriksakannya ke klinik gigi atau balai pengobatan gigi terdekat. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mengobati atau mengurangi rasa sakit gigi selain minum obat. Berikut beberapa cara yang Anda bisa lakukan :

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi merupakan salah satu cara yang bagi sebagian orang menganggapnya sangat ampuh dalam meredakan sakit gigi. Itu karena beberapa kasus sakit gigi yang disebabkan oleh sisa makanan yang masuk atau tertinggal didalam lubang gigi. Sedangkan tujuan dari menyikat gigi adalah membersihkan sisa makanan yang tertinggal di dalam lubang gigi. Untuk bagian sela-sela gigi yang sisa makanannya tidak dapat dihilangkan menggunakan sikat gigi, Anda dapat menggunakan dental floss untuk membantu membersihkan sisa makanan pada bagian sela-sela gigi. Atau Anda juga dapat menggunakan Alat Bantu Membersihkan Gigi yang lainnya.

Oleh karena itu, saat mengalami sakit gigi, sebaiknya Anda menyikat gigi lebih extra terutama pada bagian yang terasa sakit. Namun cara ini tidak berpengaruh pada sakit gigi yang disebabkan akibat bengkak pada gusi atau gigi. Cara ini hanya dapat digunakan untuk sakit gigi karena gigi berlubang.

2. Berkumur Air Garam Hangat

Berkumur air garam hangat juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang mengalami sakit gagi. Caranya dengan mencampur 1/2 sdt garam ke dalam segelas air hangat (220-240ml), setelah itu gunakan kumur selama 1-2 menit. Namun sebaiknya sebelum berkumur Anda menyikat gigi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berkumur dengan menggunakan air garam hangat bisa membantu meredakan sakit gigi karena gigi lubang ataupun karena gusi bengkak.

3. Mengunyah Bawang Putih Mentah

Bawang putih dapat menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengobati rasa sakit pada gigi, karena bawang putih memiliki sifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang putih adalah dengan mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, khusus di bagian gigi yang terasa sakit. Jika Anda tidak dapat mengunyah bawang putih

4. Kompres Es Batu

Kompres es batu juga bisa menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Hal ini tejadi karena rasa dingin pada es batu dapat menimbulkan rasa kebas atau mati rasa yang sama rasanya dengan efek terkena anastesi lokal. Rasa dingin juga biasa digunakan dalam tindakan pencabutan gigi sulung/susu, bahan yang digunakan adalah chlorethyl. Namun Es Batu dapat digunakan sebagai penghilang nyeri yang sama dengan chlorethyl saat pencabutan gigi sulung yang sudah sangat goyang yang dapat dilakukan di rumah.

Cara menggunakan es batu adalah dengan membungkus es batu menggunakan plastik lalu balut dengan kain tipis.Setelah itu, tempelkan es batu pada bagian gigi yang terasa sakit selama 15 menit agar terjadi efek kebas atau mati rasa. Cara ini tidak menyembuhkan sakit gigi selamanya, namun hanya membantu menghilangkan atau meredakan rasa sakit gigi.

5. Menggunakan Minyak Cengkeh

Didalam kedokteran gigi, ada bahan yang bernama Eugenol. Bahan ini rasanya sama dengan minyak cengkeh karena mengandung minyak cengkeh. Bahan ini digunakan untuk meredakan sakit gigi, dan keperluan perawatan gigi lainnya. Itulah mengapa penggunaan minyak cengkeh untuk mengobati rasa sakit gigi sangat ampuh.

Cara menggunakan minyak cengkeh ini harus hati-hati, jangan gunakan dengan asal-asalan !! Minyak cengkeh di tuangkan di kapas yang telah digulung bulat-bulat kecil, tuangkan sekitar 2 tetes. Jangan tuangkan berlebihan, jika tertuang berlebihan, peras kapas tersebut dengan menggunakan kapas yang lainnya atau tissue. Setelah itu masukan kapas yang telah tercampur minyak cengkeh kedalam lubang gigi yang sakit, diamkan sekitar 5 - 15 menit. Jangan membiarkan kapas tersebut tinggal lama di dalam lubang gigi, karena dampak yang bisa terjadi adalah bengkak pada gigi akibat tidak bersihnya lubang gigi dari kotoran dan karies.

Cara ini hanya membantu meringkan dan menghilangkan rasa nyeri sementara tapi tidak menyembuhkan sakit gigi selamanya. Cara ini hanya dapat digunakan untuk sakit gigi yang diakibatkan oleh lubang gigi, cara ini tidak dapat digunakan untuk sakit gigi karena gigi bengkak.

6. Mengunyah Pinang dan Daun Sirih

Cara ini sudah ada dan digunakan dari jaman nenek moyang, dan hingga hari ini sebagian orang masih menggunakan cara ini. Cara ini terbukti mampu meredakan dan meghilangkan rasa sakit gigi. Beberapa hasil penelitian juga membenarkan pinang dan daun sirih mampu menghilangkan rasa sakit gigi. Hal ini terjadi karena pinang dan daun sirih mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab rasa sakit gigi. Selain itu, pinang dan daun sirih juga mampu menghentikan perdarahan pada gusi akibat pencabutan gigi, ataupun karena peradangan gusi akibat karang gigi. Namun pinang dan daun sirih tidak dapat menghilangkan karang gigi.

Cara menggunakan pinang dan daun sirih adalah dengan mengkonsumsi atau mengunyahnya mentah-mentah tanpa dimasak. Campurkan pinang dan daun sirih dan kunyah secara bersamaan. Selain itu, Anda juga dapat mencampur pinang dan daun sirih dengan kapur kemudian mengunyahnya secara bersamaan.

Perlu Anda ketahui atau garis bawahi, keenam cara yang telah disebutkan di atas hanya membantu meredakan atau menghilangkan rasa nyeri untuk sementara dan bisa saja rasa sakit itu muncul kembali. Cara tersebut tidak dapat menyembuhkan sakit gigi selamanya. Namun, pada beberapa kasus sakit gigi, ada juga kasus yang rasa sakit gigi itu tidak pernah muncul kembali setelah menggunakan cara di atas. 

Sakit gigi berbeda dengan sakit lainnya seperti demam, flu, batuk dan kasus lainnya yang hilang dengan menggunakan obat-obatan. Sakit gigi hanya dapat sembuh selamanya jika penyebab sakit dapat teratasi. Oleh karena itu kenali penyebab sakit gigi dengan cara periksakan ke klinik atau balai pengobatan gigi terdekat.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon