-->

Friday, March 24, 2017

Benarkah Baking Soda Dapat Memutihkan Gigi ?

Baking soda merupakan salah satu bahan yang di anggap mampu untuk memutihkan gigi secara alami. Penggunaan baking soda dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti jeruk nipis ataupun lemon.  Dan katanya penggunaan baking soda untuk  memutihkan gigi tidak menimbulkan efek samping karena merupakan bahan alami. Apakah itu benar ?? Mari simak artikel berikut.


Kadar pH dalam mulut itu normalnya 6,7-7,3. Apabila pH mulut di bawah angka 7 maka kondisi mulut tersebut asam. Apabila pH mulut di atas angka 7,  maka kondisi mulut tersebut basa. Kondisi mulut asam yang didukung plak dan sisa makanan akan lebih memudahkan bakteri untuk menyebabkan terbentuknya lubang gigi. Sedangkan kondisi mulut basa yang didukung plak dan sisa makanan dapat memudahkan bakteri untuk membentuk karang gigi. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang jarang sikat gigi namun giginya tidak berlubang, melainkan memiliki banyak karang gigi, begitupun sebaliknya.

Baking Soda atau dalam bahasa kimianya Natrium Bikarbonat dengan rumus kimia NaHCO3. Senyawa ini bersifat Basa atau Alkaloid sehingga dapat digunakan untuk menetralkan sesuatu yang bersifat asam. Salah satu contohnya adalah Baking Soda dapat digunakan untuk mengobati penyakit maag atau tukak lambung. Sifat alkaloid atau basa yang dimiliki baking soda dapat menetralkan kondisi asam yang terjadi dalam lambung.

Nah pasti Anda akan bertanya apa hubungannya dengan kadar pH dalam mulut dan Baking soda untuk memutihkan gigi ? jika Anda bertanya seperti ini sebaiknya Anda terus melanjutkan membaca artikel ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UNHAS tentang perbedaan pH mulut sebelum menyikat gigi dengan baking soda dan setelah menyikat gigi menggunakan baking soda. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dalam kadar pH mulut. Sebelum menyekiat gigi dengan menggunakan baking soda, kadar pH mulut seseorang itu 6,702, sedangkan setelah menyikat gigi dengan menggunakan baking soda pH mulut orang tersebut menjadi 7,020. Artinya terjadi peningkatan pH sekitar 0,318.

Baking soda bersifat basa atau alkaloid, sedangkan kadar pH dalam mulut cenderung asam sampai netral karena berkisar antara 6,7-7,3. Jadi apabila Anda mengkonsumsi baking soda ataupun menggunakannya bersama dengan pasta gigi dan sikat gigi, maka kondisi mulut yang awalnya asam akan berubah menjadi netral ataupun basa. Bila baking soda digunakan secara terus menerus, maka kadar PH mulut akan meningkat dan menyebabkan kondisi basa. Dalam kondisi basa, bakteri dapat mengubah plak atau sisa makanan menjadi karang gigi, apalagi jika orang tersebut tidak mengetahui Cara Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar maka penumpukan plak akan semakin banyak.

Jadi Kesimpulannya adalah penggunaan Baking Soda Tidak Dapat memutihkan gigi karena sampai saat ini belum ada sebuah penelitian yang membenarkan hal tersebut. yang ada hanyalah penggunaan baking soda dapat mengubah kadar pH rongga mulut dari asam menjadi basa. Apabila penggunaan baking soda dilakukan secara terus menerus, maka dampak terburuknya adalah terbentuknya Karang Gigi.

Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon