-->

Thursday, September 08, 2016

Tips Agar Memiliki Gigi Yang Bersih Dan Sehat

Gigi yang bersih dan sehat adalah impian semua orang. Gigi yang bersih dan sehat sangat berpengaruh terhadap penampilan, apabila kondisi gigi kita buruk maka penampilan kita akan terlihat jelek dan begitu juga sebaliknya. Selain itu, gigi Masalah yang paling umum dijumpai masyarakat adalah lubang gigi dan karang gigi. Kedua masalah ini sangat mempengaruhi penampilan Anda dan kesehatan Anda.


Hampir sebagian besar orang memiliki salah satu dari masalah tersebut pada giginya, namun sebagian masyarakat mengabaikannya karena menganggapnya tidak mengganggu aktivitas. Hanya sedikit masyarakat yang menyadari pentingnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sehingga mereka rela menghabiskan banyak uang untuk memperoleh gigi yang bersih dan sehat. Namun, Anda dapat memperoleh gigi yang bersih dan sehat dengan biaya yang murah dengan melakukan beberapa tips berikut :

1. Rutin Menyikat Gigi

Kunci utama apabila Anda ingin memiliki gigi yang bersih dan sehat adalah dengan rutin Menyikat gigi, Anda akan memperoleh gigi yang bersih dan sehat serta terhindar dari berbagai masalah yang dapat terjadi pada gigi seperti lubang gigi ataupun karang gigi. Frekuensi menyikat gigi yang sangat efektif adalah 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menyikat gigi lebih dari 2x sehari juga diperbolehkan misalkan 3x sehari atau 5x sehari, namun bagi sebagian orang yang memiliki aktifitas yang padat terkadang lupa untuk menyikat giginya. Oleh karena itu frekuensi yang efektif adalah 2x sehari. Minimal waktu menyikat gigi adalah 2 menit.

Mengapa Harus Sikat Gigi Pagi Setelah Sarapan ? Sikat gigi pagi setelah sarapan dilakukan agar sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi hilang sebelum Anda mengawali aktifitas sehingga mulut Anda tidak bau, apalagi ketika berinteraksi dengan orang-orang.
Mengapa Harus Sikat Gigi Malam Sebelum Tidur ? Sikat gigi malam sebelum tidur tidak kalah pentingnya dengan sikat gigi pagi setelah sarapan. Pada malam hari, aktifitas bakteri meningkat dibandingkan siang hari, oleh karena itu apabila Anda tidak menyikat gigi sebelum tidur maka Anda akan meninggalkan sisa-sisa makanan dan plak pada gigi sehingga akan menyebabkan gigi berlubang atau terbentuknya karang gigi.

Selain waktu menyikat gigi, perlu diperhatikan juga cara menyikat gigi yang benar. Cara Menyikat Gigi Dengan Baik Dan Benar harus Anda ketahui agar tidak menimbulkan masalah baru pada gigi Anda. Menyikat gigi haruslah dengan lembut dan bersihkan semua sisi karena sisa makanan dan plak yang menyebabkan terbentuknya karang gigi dan lubang gigi dapat hilang walaupun cara sikat lembut. Cara sikat yang keras atau terburu-buru akan menyebabkan gigi menjadi ngilu dan terjadinya abrasi. Proses ini memakan waktu bertahun-tahun, oleh karena itu ubahlah dari sekarang cara sikat gigi Anda menjadi lembut atau pelan-pelan serta sikat semua sisi.

Selain kedua point tersebut, point ketiga yang harus Anda perhatikan adalah pilihlah sikat gigi yang tepat. Jadi, Anda harus mengetahui Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi Yang Tepat karena apabila Anda salah memilih maka sikat gigi tersebut kurang efektif untuk digunakan. Selain itu, merawat sikat gigi juga tidak kalah pentingnya dengan memilih sikat gigi. Sikat gigi juga harus dirawat agar efektif jika digunakan untuk membersihkan gigi.

Memakan makanan yang manis-manis seperti permen atau cokelat tidak dilarang walaupun pada anak tidak dilarang yang jelas Anda rutin menyikat gigi dan memperhatikan cara menyikat serta pemilihan sikat yang tepat. Anda juga harus mengajarnya pada Anak sedini mungkin agar kelak giginya tidak berlubang.

2. Menggunakan Alat Bantu Untuk Membersihkan Gigi

Selain menyikat gigi, gunakan juga Alat Bantu Untuk Membersihkan Gigi untuk membersihkan gigi secara maksimal. Contoh alat bantu membersihkan gigi adalah Dental Floss. Alat ini akan berguna untuk membersihkan gigi khususnya sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi. Selain itu, untuk orang-orang yang mempunyai posisi gigi bertumpuk atau kurang rapi sangat dianjurkan untuk menggunakan dental floss karena kondisi gigi yang berdempetan atau bertumpuk sangat rentan untuk terselip sisa makanan yang dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi dan membuat gigi berlubang.

3. Konsultasikan Ke Dokter

Cara terakhir adalah dengan konsultasikan ke dokter. Konsultasikan ke dokter adalah solusi untuk Anda yang sudah memiliki masalah pada gigi seperti karang gigi, lubang gigi, dan lainnya. Masalah-masalah pada gigi seperti karang gigi dan lubang gigi tidak dapat diselesaikan hanya dengan sikat gigi atau menggunakan alat bantu untuk membersihkan gigi. Namun solusi ini akan cukup banyak memakan biaya apalagi jika masalah pada gigi Anda banyak.


Oleh karena itu sebelum mengeluarkan banyak biaya ke dokter sebaiknya Anda melakukan sikat gigi secara rutin dan menggunakan alat bantu membersihkan gigi agar terhindar dari masalah-masalah yang kemungkinan dapat terjadi pada gigi.

Itulah tips yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh gigi yang bersih dan sehat.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon