-->

Tuesday, January 01, 2019

Obat Sakit Gigi | Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, rasa sakit gigi berbeda dengan rasa sakit pada saat Anda jatuh ataupun yang lainnya. Rasa sakit itu menyebar melalui pembuluh saraf yang ada didalam gigi atau biasa disebut pulpa. Sakit gigi juga tidak akan sembuh dengan sendirinya, maka dari itu seseorang yang mengalami sakit gigi disarankan untuk segera ke klinik atau balai pengobatan gigi terdekat agar segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk sakit gigi yang dialami.


Selain itu, rasa sakit pada gigi dapat dihilangkan dengan menggunakan obat sakit gigi . Namun, obat-obatan tersebut hanya dapat meredakan sementara rasa sakit yang di alami, namun rasa sakit tersebut akan muncul kembali jika efek obat sudah hilang. Pada beberapa kasus tertentu, ada juga orang yang telah mengkonsumsi obat sakit gigi dan rasa sakit itu sudah tidak muncul kembali ataupun muncul kembali dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa obat-obatan golongan analgesik yang digunakan saat gigi sakit :

Ingat  : Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan golongan analgesik akan berdampak pada hati dan ginjal !

1. Paracetamol

Paracetamol dikenal sebagai obat penurun demam. Selain digunakan sebagai obat penurun demam, paracetamol juga memiliki khasiat sebagai obat analgesik / penghilang rasa sakit, oleh karena itu paracetamol dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Paracetamol juga merupakan obat analgesik yang sangat aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui.

Beberapa merek dagang yang isinya mengandung paracetamol yaitu : Sanmol, Panadol, Pyrexin, Tempra, dan sebagainya.

2. Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat analgesik. Ibuprofen juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai obat sakit gigi. Selain itu, ibuprofen juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit yang lainnya, seperti migran, sakit kepala, nyeri haid, nyeri otot dan sebagainya.

Beberapa merek dagang yang isinya mengandung ibuprofen yaitu : Proris, Buffect, dan sebagainya.

3. Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah salah satu obat analgesik. Obat ini sangat sering ditemui dan sangat sering digunakan masyarakat jika ada rasa nyeri yang mengganggu. Perlu diketahui obat ini dikonsumsi setelah makan karena obat ini bisa meningkatkan asam lambung.

Beberapa merek dagang yang mengandung asam mefenamat yaitu : Mefinal, Ponstan, Pancofen, dan sebagainya.

4. Kalium Diklofenak dan Natrium Diklofenak

Obat ini sebenarnya sama, hanya saja yang membedakan adalah reaksi kerja obat. Kalium Diklofenak kerja obatnya lebih cepat dibandingkan natrium diklofenak, oleh karena itu nyeri atau rasa sakit yang berat lebih dianjurkan kalium diklofenak. Kalium Diklofenak dan Natrium Diklofenak juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.

Beberapa merek dagang yang mengandung kalium diklofenak yaitu : Cataflam, Cataflam fast, Kaflam, Klamaflam, dan sebagainya
Beberapa merek dagang yang mengandung natrium diklofenak yaitu : Eflagen, Renvol, dan Sebagainya.

Itulah 4 Obat yang sangat umum digunakan ketika seseorang mengalami sakit gigi. Adapun obat-obat analgesik yang lain, yang lebih ampuh dari 4 obat diatas akan tetapi harus menggunakan resep dokter. Sebelum mengkonsumsi obat sebaiknya memperhatikan dosis, kontra indikasi, dan efek samping.
Perlu diperhatikan untuk tidak Mengkonsumsi Antibiotik Sembarangan !!

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon