-->

Thursday, December 01, 2016

7 Tips Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak kondisi kesehatan Anda. Rokok mengandung sejumlah zat yang dapat membuat seseorang beresiko untuk menderita penyakit kanker dan sebagainya. Selain perokok aktif, perokok pasif (orang yang berada disekitar perokok) jauh lebih beresiko untuk terkena penyakit kanker walaupun bukan dia yang merokok namun apabila dia berada didekat perokok aktif maka dia juga akan menghirup asap dari rokok.


Namun ada beberapa orang yang sering kali berjanji untuk berhenti merokok apabila dia mulai batuk-batuk atau tenggorokan sakit. Ada juga yang berjanji ingin berhenti merokok apabila dia naik tangga dan merasa kehabisan napas. Namun ketika batuk-batuknya telah sembuh ataupun sudah tidak menaiki tangga lagi, biasanya orang akan lupa dengan janjinya untuk berhenti merokok.

Hampir sebagian perokok aktif mengatakan sangat susah berhenti dan menganggap bahwa merokok merupakan suatu kebutuhan yang sama pentingnya dengan makan. Bagi sebagian besar perokok aktif, mereka sering merokok setelah makan ataupun ketika sedang berfikir. Bagi mereka, berhenti merokok adalah hal mustahil. Namun jika Anda memang berniat ingin berhenti merokok sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut.

1. Bulatkan Tekad Untuk berhenti Merokok

Tekad atau keinginan untuk berhenti merokok sangatlah penting, karena merupakan langkah awal yang tepat yang harus dilakukan untuk berhenti merokok. Tekad atau keinginan yang bulat dapat dimulai dengan membuat janji untuk tidak merokok lagi. Namun janji tersebut tidak bisa dibuat dengan setengah hati melainkan haruslah sepenuh hati karena jika keinginan merokok hanya setengah hati, maka besar kemungkinan janji tersebut akan dilanggar.

Beberapa study menyatakan bahwa, perintah pada otak dapat kita atur. Salah satu contoh adalah apabila Anda mengatakan bahwa kita bisa melakukan sesuatu dan meyakininya, maka otak akan mencari 1001 cara agar Anda dapat melakukan hal tersebut. Begitupun sebaliknya, apabila Anda mengatakan bahwa Anda tidak bisa sebelum mencobanya, maka otak akan membuat 1001 macam alasan sehingga Anda tidak bisa melakukannya. Begitupun dengan janji untuk berhenti merokok, apabila Anda membuatnya dengan sungguh-sungguh dan meyakininya maka otak Anda akan membantu Anda mencari berbagai cara agar Anda berhenti merokok.

2. Kurangi Porsi Rokok yang Di Hisap

Setelah Anda bulatkan tekad dan membuat janji untuk berhenti merokok, langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah mengurangi porsi rokok yang Anda hisap setiap harinya. Mengurangi porsi rokok yang dihisap akan membantu Anda berhenti merokok secara perlahan, karena untuk berhenti merokok secara instan tidaklah mudah terutama bagi perokok aktif.

Contohnya jika Anda terbiasa merokok 5 batang per hari maka cobalah untuk menguranginya menjadi 4 batang per hari selama 1 minggu, minggu berikutnya kurangi menjadi 3 batang per hari selama 1 minggu, dan begitu seterusnya hingga 1 batang per hari selama 1 minggu, dan minggu berikutnya Anda coba untuk merokok 3 batang per minggu (bukan perhari) sampai akhirnya Anda berhenti merokok dengan sendirinya.

3. Kenali Waktu dan Situasi Dimana Anda Sering Merokok

Langkah berikutnya yaitu Kenali waktu dan situasi dimana Anda sering merokok. Langkah yang satu ini sangat menunjang langkah mengurangi porsi rokok yang di hisap. Tiap-tiap orang memiliki waktu dan situasi yang berbeda dimana mereka sering merokok. Ada yang merokok ketika habis makan, ada yang merokok ketika lagi stress, ada yang merokok ketika lagi mencari inspirasi baru, ada juga yang merokok ketika sedang kedingan, ada juga yang merokok ketika berkumpul dengan teman sesama perokok, dan masih banyak lagi waktu dan situasi lainnya. Apabila Anda berhasil mengenali waktu dan situasi dimana Anda sering merokok maka Anda dapat melanjutkan ketahap berikutnya.

4. Tahan Keinginan Untuk Merokok Dengan Menundanya

Langkah selanjutnya adalah tahan keinginan untuk merokok dengan menundanya. Langkah ini juga sangat erat kaitannya dengan langkah Kenali waktu dan situasi Anda dimana sering merokok. Ketika Anda telah mengenal waktu dan situasi dimana Anda sering menghabiskan banyak rokok, maka Anda perlu menahan keinginan untuk merokok dengan menundanya, salah satu caranya agar Anda menunda menghisap rokok adalah mencari kegiatan lain.

Contohnya ketika Anda habis makan, coba cari kegiatan yang dapat membantu Anda melupakan rokok, sehingga Anda tidak jadi untuk merokok. Contoh lainnya yaitu, ketika Anda lagi stress, cobalah untuk refreshing dengan berbagai cara seperti, camping, bermain musik dan lain sebagainya. Apabila Anda berhasil melakukan hal tersebut maka mengurangi porsi merokok akan menjadi lebih mudah dan berhenti merokokpun akan terwujud.

5. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur memberikan segudang manfaat pada para perokok. Selain memberikan kebugaran jasmani, olahraga secara teratur juga dapat dijadikan salah satu kegiatan yang dapat membuat Anda menunda keinginan merokok. Selain itu dengan berolahraga rutin minimal 30 menit sehari, para perokok aktif akan merasakan dampak dari kebiasaan merokok mereka. Dampaknya yaitu rasa sesak ketika sedang berolahraga yang membuat rasa tidak nyaman. Sehingga apabila Anda meneruskan olahraga rutin tersebut, itu akan membuat Anda mengurangi porsi merokok sehingga rasa sesak akan berkurang saat berolahraga. Lama kelamaan Anda akan berhenti merokok.

6. Minta Dukungan Keluarga

Meminta dukungan keluarga juga tidak kalah pentingnya, karena dengan adanya dukungan keluarga akan sangat membantu Anda untuk berhenti merokok. Salah satunya yaitu dengan membantu mengingatkan Anda tentang janji berhenti merokok yang Anda buat, selain itu keluarga juga dapat membantu Anda mencari kegiatan-kegiatan yang dapat membuat Anda menunda keinginan untuk merokok.

7. Berkonsultasi ke dokter

Terakhir, Anda bisa berkonsultasi ke dokter dan menyampaikan keinginan Anda untuk berhenti merokok. Anda dapat menjalani pengobatan medis yaitu terapi pengganti nikotin atau NRT. Biasanya pengganti nikotin yang digunakan adalah tablet isap atau permen karet yang mengandung nikotin. Dengan terapi ini Anda tidak lagi merokok, walaupun Anda masih tetap mengkonsumsi nikotin, namun setidaknya Anda tidak menyebabkan keluarga Anda yang Anda sayangi menjadi perokok pasif yang jauh lebih parah dampak yang diterimanya.

Itulah 7 tips berhenti merokok yang dapat Anda terapkan sendiri. Jika bukan niat yang sungguh-sungguh dari diri Anda sendiri untuk berhenti merokok maka Anda tidak akan pernah bisa untuk berhenti merokok.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon