-->

Tuesday, January 19, 2016

12 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Buah jeruk adalah buah yang berasal dari Asia dan Buah jeruk tumbuh pertama kali di Negara China. Buah jeruk adalah salah satu buah yang sering dikonsumsi karena sangat mudah didapatkan di pasar, swalayan ataupun mini market. Buah jeruk tidak mempunyai musim seperti buah Durian, Rambutan ataupun Langsat karena itu buah jeruk banyak di jumpai dimana-mana. Buah Jeruk merupakan buah yang tergolong kedalam keluarga Citrus dan juga berasal dari suku Rutaceae.



Buah jeruk adalah salah satu buah yang mengandung banyak Vitamin C, tapi Vitamin C dalam buah jeruk masih kalah dengan Vitamin C dalam buah jambu biji. Akan tetapi Manfaat buah jeruk tidak kalah dengan Manfaat Buah Jambu Biji. Apa saja manfaat buah jeruk ? berikut akan dijelaskan

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah jeruk untuk kesehatan :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang banyak mengandung Vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu Antioksidan. Antioksidan dapat mencegah terjadinya penyakit dan juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dengan cara membantu mengentikan perusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas dan menekan kerusakan pada sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas, dan menetralkan radikal bebas sehingga tidak dapat lagi mengambil elektron dari DNA dan Sel.

Selain itu, di dalam buah jeruk terdapat juga kandung senyawa D-Limonene. Senyawa D-Limonene ini berfungsi untuk menghambat dan mengurangi karsinoma sel skuamosa. Sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker seperti : kanker paru-paru, kanker kulit dan lain-lain.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah jeruk mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein) didalam darah. Jadi apabila Anda mengkonsumsi buah jeruk secara rutin maka kadar kolesterol dalam darah Anda akan tetap terjaga.

3. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung Koroner (PJK)

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dengan cara mengkonsumsi buah jeruk. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin akan membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam darah sehingga tidak terjadi Hiperkolesterolemia. Penurunan kadar kolesterol jahat atau yang disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein) sebesar 1% dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner sebesar 2%.

Apabila kadar kolesterol jahat atau yang disebut juga dengan LDL (Low Density Lipoprotein) didalam darah rendah, maka tidak akan terjadi penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Apabila terjadi penumpukan plak didalam pembuluh darah,maka akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga terjadilah penyakit jantung koroner. Oleh karena itu di anjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah jeruk agar dapat mencegah penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi cobalah untuk mengkonsusmsi buah jeruk secara rutin. Karena didalam buah jeruk, terdapat juga kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit Stroke

Dengan mengkonsumsi buah jeruk Anda dapat menghindari terjadinya penyakit stroke. Karena didalam buah jeruk terdapat kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke.

6. Menyembuhkan Sariawan

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang banyak mengandung Vitamin C namun tidak sebanyak Buah Jambu Biji. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, Anda dapat menyembuhkan Sariawan. Salah satu penyebab Sariawan adalah karena kekurangan Vitamin C. Konsumsilah buah jeruk secara rutin sampai sariawan sembuh.

7. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan Vitamin C dalam buah jeruk juga mampu menjaga daya tahan tubuh Anda Sehingga tubuh Anda terhindar dari berbagai penyakit, seperti : Flu, Pilek, Herpes Zoster dan lainnya.

8. Melancarkan Buang Air Besar

Selain terdapat kandungan serat, didalam buah jeruk terdapat juga kandungan Air. Kandungan serat dan air ini dapat menyembuhkan Sembelit dan melancarkan Buang Air Besar. Sembelit terjadi akibat feses kekurangan cairan sehingga terjadi pengerasan pada feses. Oleh karena itu konsumsilah buah jeruk agar Anda sembuh dari sembelit dan Buang Air Besar Anda lancar.

9. Menyehatkan Tulang

Didalam buah jeruk terdapat kandungan kalsium. Kalsium ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang karena akan mencegah terjadinya berbagai penyakit pada tulang, seperti : Osteoporosis.

10. Menyehatkan Mata

Di dalam buah jeruk, terkandung juga Vitamin A. Walaupun Vitamin A yang terkandung didalam buah jeruk tidak sebanyak Vitamin A yang terkandung di dalam buah wortel, mengkonsumsi buah jeruk juga dapat menyehatkan Mata.

11. Menyehatkan Kulit

Selain mengandung Vitamin C, di dalam buah jeruk juga terkandung Beta-karoten. Kedua senyawa ini merupakan senyawa Antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tubuh terkena radikal bebas. Radikal bebas akan menyebabkan kerusakan sel termasuk sel pada kulit sehingga akan mempercepat proses penuaan.

12. Meningkatkan Kinerja Otak

Didala buah jeruk terdapat kandungan Vitamin B6. Selain Vitamin B6, terdapat juga kandungan Choline. Walaupun kandungan Choline didalam buah jeruk tidak sebanyak pada kuning telur, Choline dalam buah jeruk juga dapat meningkatkan kinerja otak, sehingga meningkatkan kecerdasan dan tidak mudah lupa.

Itulah 12 manfaat buah jeruk yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Konsumsilah buah jeruk karena terdapat banyak manfaatnya. Selain buah jeruk, kulit buah jeruk juga mempunyai manfaat yang tidak kalah dengan buahnya.


Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon