-->

Tuesday, January 12, 2016

11 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

11 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan - Buah jambu biji merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di wilayah Asia khusunya daerah tropis. Buah jambu biji berbentuk bulat dan memiliki daging buah berwarna merah dan berwarna putih. Buah jambu biji juga memiliki biji-biji kecil didalam buahnya.

Buah Jambu Biji Daging Merah

Cara mengkonsumsi buah jambu biji bisa dengan di kunyah dan bisa juga dibuat menjadi jus. Cara yang paling enak untuk menikmati jambu biji adalah dengan mengubahnya menjadi jus karena biji-biji kecil yang terdapat di dalam buah jambu biji bisa dihancurkan oleh blender.

Buah Jambu Biji Daging Putih

Sejak zaman dahulu buah jambu biji telah digunakan oleh nenek moyang untuk mengobati berbagai penyakit seperti diare. Selain itu, buah jambu bii juga memiliki manfaat yang lain. Apa saja manfaat jambu biji yang ? berikut akan dijelaskan.

Kandungan Dan Manfaat Jambu Biji

Buah jambu biji juga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan yang terkenal dalam buah jambu adalah Vitamin C. Kandungan Vitamin C dalam jambu biji lebih tinggi dari kandungan Vitamin C dalam buah jeruk.

A. Selain Vitamin C, Berikut Kandungan Gizi Buah Jambu Biji Setiap 100gram :

Energi 68 Kcal 3,5%
Air 86 g
Karbohidrat 14,3 g 11,5%
Protein 2,55 g 5%
Total Lemak 0,95 g 3%
Kolestrol 0 mg 0%
Diet Serat 5,4 g 14%

  • Vitamin

Vitamin A 624 IU 21%
Vitamin B1 (Thiamin) 0,067 mg 5,5%
Vitamin B2 (Riboflavin) 00,040 mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 1,084 mg 7%
Vitamin B5 (Asam Pantotenat) 0,451 mg 9%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,110 mg 8,5%
Vitamin B9 (Float) 49 mcg 12,5%
Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%
Vitamin K 2,6 mcg 2%
Natrium atau Sodium 2 mg 0%
Potassium atau Kalium 417 mg  9%

  • Mineral
Besi 0,26 mg 3%
Beta Karoten 374 mcg
Cryptoxanthin 0 mcg
Fosfor 11 mg 2%
Kalsium 18 mg 2%
Lycopene  5204 mcg
Magnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0,150 mg 6,5%
Selenium 0,6 mcg 1%
Tembaga 0,230 mg 2,5%
Zinc 0,23mg 2%


B. Berikut Manfaat Yang Dapat Diberikan Oleh Jambu Biji :

1. Menurunkan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Mengkonsumsi buah jambu biji ternyata dapat menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi). Kandungan kalium yang terdapat pada jambu biji inilah yang mampu menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

2. Membersihkan Plak dan Sisa-Sisa Makanan

Mengunyah buah jambu biji ternyata mampu membersihkan plak dan sisa-sisa makanan secara alami. Karena jambu biji memiliki kandungan air dan juga serat. Selain itu, buah jambu biji juga memerlukan pengunyahan yang keras sehingga dapat membantu  pembentukan air ludah dan akan membersihkan gigi dari plak dan sisa-sisa makanan.

3. Mengatasi Penyakit Diabetes

Kandungan Serat pada buah jambu biji ternyata memiliki manfaat lainnya yaitu mengatasi penyakit diabetes. Serat yang tinggi akan membantu mengatur penyerapa gula sehingga menurunkan produktivitas insulin dan glukosa sehingga penyakit diabetes dapat diatasi.

4. Melancarkan BAB (Buang Air Besar)

Buah jambu biji mampu melancarkan BAB sehingga dapat menghindarkan Anda dari Sembelit. Buah jambu biji memiliki kandungan serat. Kandungan serat dari buah jambu biji ini dapat melancarkan BAB. Selain itu, apabila Anda mengunyah bijinya atau menelan bijinya secara utuh maka dapat juga melancarkan BAB.

5. Mengobati Diare

Mengunyah ataupun mengubah jambu biji menjadi jus dapat mengatasi diare, karena buah jambu biji ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus  dan bakteri E-Coli yang terdapat di dalam usus. Selain itu, buah jambu biji juga dapat mengobati Gastroenteritis. Selain buahnya yang dapat mengobati diare, daun jambu biji juga dapat dijadikan alternatif dalam mengobati diare.


6. Mencegah Penyakit Kanker

Buah jambu biji memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain Vitamin C, buah jambu biji juga memiliki senyawa antioksidan lainnya seperti : Lycopene, Beta Karoten, dan Cryptoxanthin. Senyawa Antioksidan ini akan berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan juga mencegah terjadinya kerusakan sel akibat dari radikal bebas.

7. Meningkatkan Sistem Imun atau Daya Tahan Tubuh

Buah jambu biji memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Apabila sistem imun meningkat maka Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

8. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Buah jambu biji mengandung zat tembaga. Zat tembaga merupakan zat yang sangat penting yang berguna untuk mengatur metabolisme kelenjar tiroid. Kelenjar Tiroid merupakan salah satu kelenjar yang sangat penting yang berguna untuk mengatur produksi hormon dan fungsi sistem organ tubuh. Jadi buah jambu biji ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Apabila terjadi gangguan fungsi pada kelenjar tiroid maka akan terjadi berbagai penyakit yang serius.

9. Menyehatkan Mata

Buah jambu biji memiliki kandungan Vitamin A. Seperti yang kita ketahui, Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata agar terhidar dari rabun jauh ataupun rabun dekat.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah jambu biji memiliki kandungan Lycopene yang merupakan salah satu antioksidan yang berfunsi untuk melindungi kulit Anda dari Sinar UV. Selain itu, senyawa antioksidan lainnya seperti : Vitamin C, Beta Karoten, dan Cryptoxanthin akan membantu dalam proses detoxsifikasi dan juga menjaga kulit Anda tetap sehat dan terbebas dari tanda-tanda penuaan.

11. Bermanfaat Untuk Relaksasi

Kandungan Magnesium yang terdapat pada jambu biji sangat bermanfaat untuk relaksasi. Relaksasi dapat membantu Anda dalam mengendurkan otot-otot dan saraf tubuh. Selain itu, Buah jambu biji juga dapat mengembalikan stamina yan hilang ketika selesai beraktivitas.

Selain itu, senyawa B6 (Pyridoxine) pada buah jambu biji sangat baik untuk saraf karena mampu membuat saraf Anda menjadi rileks. Vitamin B3 (Niacin) dan B6 (Pyridoxine) mampu melancarkan sirkulasi darah dengan sangat baik sehingga dapat menjaga fungsi otak.

Itulah 11 Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan. Selain buah jambu biji yang memberikan manfaat untuk kesehatan, daun jambu biji juga dapat memberikan manfaat apabila Anda mengkonsumsinya.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon