-->

Wednesday, April 03, 2019

Cara Sehat Atasi Kantuk Tanpa Kopi

Apakah Kamu pernah merasa mengantuk di pagi atau siang hari, padahal Kamu sudah tidur di malam hari dengan waktu yang cukup ? Di dalam dunia kedokteran kejadian ini dinamakan narkolepsi. Narkolepsi adalah suatu gangguan rasa kantuk pada seseorang meskipun sudah tidur cukup. Kamu tidak dapat menahan rasa kantuk tersebut sehingga Kamu harus segera menutup mata dan segera tidur.


Normalnya waktu tidur di malam hari adalah 7-8 jam per hari. Orang yang memiliki jam kerja shift malam memiliki kualitas tidur yang menurun. Jika Kamu termasuk orang yang memiliki kerja shift malam, Kamu sebaiknya mengusahakan tidur di malam hari dalam jangka waktu yang cukup atau dalam jangka waktu semaximal mungkin.

Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa kantuk, bisa karena pola tidur yang salah dan tidak cukup waktu tidur atau juga bisa karena adanya faktor penyakit seperti penyakit diabetes militus, hiponatremi, hipernatremi, dan juga hipotiroid.

Banyak cara yang biasa orang lakukan untuk mengatasi rasa kantuk ini, mulai dari mengonsumsi berbagai macam camilan hingga mengonsumsi kopi yang mengandung cafein. Namun, jika Kamu membiasakan makan camilan tanpa memperhatikan kandungan yang terdapat didalamnya, itu Akan menambah berat badan Kamu .

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kantuk tanpa ngemil dan kopi namun berat badan tetap terjaga ? Berikut caranya !

Konsumsilah camilan sehat anti kantuk tanpa kopi. Cara membuatnya sangat gampang, yaitu sebagai berikut :

1. Siapkan Buah Apel

Siapkan 1 buah apel, baik itu apel merah ataupun apel hijau. Namun biasanya para wanita lebih memilih apel hijau karena kandungan kalori pada apel hijau lebih sedikit dibandingkan apel merah sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Buah apel banyak mengandung vitamin, antioksidan, dan flavonoid. Flavonoid berguna untuk melindungi pembuluh darah. Sehinga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu antioksidan dan vitamin yang tinggi pada apel dapat mencegah terjadinya radikal bebas. Apel juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi Kamu yang ingin tetap sehat dan terlidungi dari berbagai penyakit di musim pancaroba

2. Potong Buah Apel Menjadi Dua

Setelah Kamu menyiapkan buah apel, cuci buah apel tersebut hingga bersih. Setelah bersih, potong buah apel menjadi 2 bagian kemudian buang biji yang terdapat di bagian dalam buah apel.

3. Potong Apel Dengan Potongan Tipis-Tipis

Setelah buah apel dipotong menjadi 2, langkah selanjutnya adalah potong buah apel dengan potongan tipis-tipis. Namun, Kamu tidak perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kulit buah apel tersebut akan dikonsumsi juga.

4. Oleskan Selai Kacang Diatas Potongan Apel

Untuk pemilihan toping sebenarnya boleh apa saja sesuai selera Kamu , namun yang paling  direkomendasikan untuk toping yang sehat adalah selai kacang + susu rendah lemak. Aduk kedua bahan tersebut kemudian oleskan diatas potongan buah apel.

Rasa selai kacang yang enak dan dapat membuat rasa kenyang yang tahan lama. Selai kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan protein yang tinggi yang membuat Kamu tidak mudah cepat lapar. Kamu juga tidak perlu khawatir karena selai kacang tidak mengandung kolesterol.

5. Taburkan Dark Choco Chips Diatas Potongan Apel

Langkah yang terakhir adalah taburkan dark choco chips atau coklat hitam pada potongan buah apel. Dark choco chips juga menjadi toping yang sehat karena kandungan lemak baik pada dark choco chips sangat baik bagi kesehatan karena tidak meningkatkan kolesterol dan tidak membuat Kamu menjadi gemuk. Dark choco chips juga mengandung cafein, tapi kandungan cafein pada dark choco chips tidak sebanyak kopi.

Jika telah selesai, camilan sehat anti kantuk siap untuk Kamu konsumsi. Jika Kamu masih kuliah dan memiliki banyak tugas yang dapat membuat Kamu begadang, Camilan ini sangat direkomendasikan untukmu.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon