-->

Monday, December 07, 2015

Alasan Mengapa Cacar Dapat Terjadi Lebih Dari Satu Kali ?

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan yang beredar di tengah masyarakat bahwa "cacar hanya terjadi sekali seumur hidup, bila telah terkena cacar maka tidak akan terjadi kedua kalinya". Untuk mengetahui benar tidaknya pernyataan tersebut, silahkan Anda teruskan membaca artikel ini !

Secara umum cacar air atau bahasa medisnya Varicella Simplex yang disebabkan oleh VZV (Varicella Zoster Virus) hanya terjadi sekali dan jarang dijumpai cacar untuk kedua kalinya. Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa cacar dapat terjadi untuk kedua kalinya. Cacar dapat terjadi kembali apa bila sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang menurun. Orang yang terkena AIDS akan lebih rawan terkena cacar untuk kedua kali.



Terjadinya cacar untuk kedua kalinya juga bisa juga disebabkan oleh ringannya infeksi yang terjadi pada saat terkena cacar pertama kali sehingga memungkinkan terjadinya cacar untuk kedua kalinya walaupun tidak separah seperti pertama kali terkena cacar. Karena sebenarnya setelah terjadinya cacar air VZV (Varicella Zoster Virus) tidaklah hilang dari dalam tubuh akan tetapi VZV  tetap ada didalam saraf walaupun tidak aktif sehingga apabila VZV  aktif kembali akan memungkinkan untuk terjadi cacar kedua kali.

Saat seseorang pertama kali terserang VZV (Varicella Zoster Virus) maka akan terjadi cacar air. Cacar air sembuh sendirinya dan akan lebih baik apabila diiringi meminum obat yang dianjurkan oleh dokter setelah konsultasi agar lebih cepat sembuhnya. Setelah sembuh dari cacar air, VZV (Varicella Zoster Virus) tidaklah hilang dari tubuh melainkan tetap ada didalam saraf walaupun tidak aktif. Jika VZV (Varicella Zoster Virus) aktif kembali maka akan terjadi infeksi kedua kalinya yang menimbulkan gejala yang berbeda dari cacar air. Infeksi yang terjadi apabila VZV (Varicella Zoster Virus) aktif kembali dapat berupa terkena cacar ular atau herpes zoster, tapi ada juga yang dapat berupa cacar air kembali (tapi kasus ini sangat jarang sekali ditemukan, pada umumnya yaitu terkena cacar ular atau herpes zoster). Hal ini disebabkan karena Virusnya yang sama yaitu VZV (Varicella Zoster Virus) yang menyebabkan cacar air atau varicella simplex dan virus itu juga yang menyebabkan cacar ular atau herpea zoster.

Anda tidak perlu takut dan bingung dengan nama herpes zoster walaupun VZV (Varicella Zoster Virus) memang termasuk dalam keluarga "Herpes Virus" karena herpes zoster bukanlah herpes genital atau herpes simplex karena herpes zoster akan menyerang orang yang pernah terkena cacar air.

Jadi pernyataan yang beredar dimasyarakat tersebut tidaklah benar, karena cacar dapat terjadi untuk kedua kalinya walaupun jarang yang berupa cacar air dan pada umumnya berbentuk cacar ular atau yang disebut herpes zoster.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon