-->

Sunday, January 17, 2016

7 Manfaat Kulit Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Ketika mengkonsumsi buah jeruk, kulit buah jeruk biasanya hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan oleh manusia. Sehingga kulit jeruk hanya akan menjadi sampah yang tidak ada manfaatnya. Namun tanpa manusia sadari, ternyata kulit jeruk mengandung berbagai senyawa yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah Minyak Atsiri.


Minyak Atsiri merupakan salah satu jenis Minyak Nabati yang mudah menguap. Minyak Atsiri merupakan salah satu senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena minyak Atsiri mengeluarkan aroma yang baunya sangat khas dan harum sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan minyak gosok yang alami sehingga dapat digunakan untuk pegobatan.

Selain itu kulit jeruk memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan Anda, Apa saja manfaat itu ? berikut akan dijelaskan.

Manfaat Kulit Jeruk

Berikut manfaat kulit jeruk untuk kesehatan :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebagian besar senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol terdapat pada kulit jeruk seperti Hesperidin. Senyawa ini akan membantu tubuh Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein).

2. Mengatasi Rasa Mulas Pada Perut dan Meringankan Penyakit Maag

Ketika perut Anda mulas cobalah untuk mengkonsumsi kulit buah jeruk karena pada kulit jeruk terdapat senyawa yang dapat mengatasi rasa mulas pada perut. Selain itu, rutin mengkonsumsi kulit buah jeruk akan meringankan penyakit maag Anda.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Rajin mengkonsumsi kulit buah jeruk dapat mencegah terjadi penyakit kanker terutama kanker kulit dan kanker paru-paru. Karena pada kulit buah jeruk terdapat senyawa Flavonoid, Flavonoid ini bekerja untuk memaksimalkan Vitamin C di dalam tubuh. Dalam penelitian yang di selenggarakan di Arizona Cancer Center pada tahun 2000. Hasil penelitian ini menemukan bahwa di dalam kulit buah jeruk terdapat senyawa D-Limonene yang berfungsi untuk mengurangi Karsinoma Sel Skuamosa. Orang yang sering mengkonsumsi kulit buah jeruk memiliki risiko lebih kecil dibandingkan orang yang hanya mengkonsumsi buahnya saja.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pada kulit buah jeruk terdapat kandungan Vitamin C. Namun, kandungan Vitamin C pada kulit buah jeruk tidak sebanyak kandungan pada buahnya, Vitamin C ini akan membantu tubuh menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. Jadi dengan rutin mengkonsumsi kulit buah jeruk maka Anda bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti Flu, Pilek, Demam, Hepes Zoster dan lainnya.

5. Meringankan Sakit Kepala dan Depresi

Kandungan Minyak Atsiri pada kulit jeruk mempunyai aroma yang khas dan harum sehingga dapat digunakan menjadi aroma terapi yang berguna untuk meringankan sakit kepala dan juga depresi karena akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman.

6. Mengatasi Gangguan Pada Pencernaan

Ekstrak kulit buah jeruk merupakan sumber serat yang cukup tinggi, dalam 100 gram kulit jeruk terdapat sekitar 10,5 gram serat Ekstrak kulit buah jeruk dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan seperti Sembelit.

7. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi kulit jeruk secara rutin dapat membantu tubuh dalam melakukan proses metabolisme sehingga dapat membakar lebih banyak kalori dan lemak. Dan hasilnya berat badan Anda dapat menurun.

Itulah 7 manfaat kulit buah jeruk untuk kesehatan. Mulai dari sekarang, sebaiknya ketika Anda mengkonsumsi buah jeruk, kulitnya jangan Anda buang karena kulit buah jeruk sangat bermanfaat untuk kesehatan. Anda dapat mengkonsumsinya agar tubuh Anda sehat. Selain dapat membuat tubuh Anda sehat, kulit jerukpun dapat berguna untuk kecantikan wajah.


Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon