-->

Friday, January 01, 2016

Bahaya Apabila Cara Menyikat Gigi Anda Salah

Tujuan utama seseorang menyikat gigi setiap hari tentu saja karena ingin membuat giginya menjadi tampak bersih dan putih. Namun, karena kurangnya informasi mengenai cara menyikat gigi dengan baik dan benar serta padatnya aktivitas sehari-hari menyebabkan cara menyikat gigi seseorang kurang tepat dan kurang benar. Tahukah Anda bahwa cara menyikat gigi yang salah dapat berdampak pada kesehatan gigi ? sebagian besar orang belum mengetahui bahaya ini.


Dampak dari cara menyikat gigi yang kurang tepat dan kurang benar tidak akan muncul dengan segera, karena dampak itu juga membutuhkan waktu. Apabila kebiasaan menyikat gigi yang kurang tepat dan kurang benar ini dilakukan secara terus menerus maka akan lebih cepat pula untuk merasakan dampak tersebut. Apa saja dampak buruk yang ditimbulkan apabila cara menyikat gigi yang kurang tepat dan kurang benar ? berikut akan di jelaskan.

Dampak Dari Cara Menyikat Gigi yang Salah

Berikut beberapa dampak yang akan terjadi pada gigi Anda apabila cara menyikat gigi Anda salah.

1. Dapat Menyebabkan Terbentuknya Karang Gigi


Apabila cara sikat gigi Anda salah tentu saja dapat menyebabkan terbentuknya Karang Gigi. Hal ini dapat terjadi karena pada saat Anda menyikat gigi dengan cara yang salah, ada bagian permukaan gigi yang tidak dibersihkan dengan baik sehingga terjadi penumpukan sisa makanan yang akan membentuk plak pada permukaan gigi. Jika plak tidak segera dibersihkan dan kebiasaan buruk cara menyikat gigi yang salah diteruskan, maka akan terbentuklah karang gigi. Pada umumnya daerah yang tidak dibersihkan dengan baik adalah bagian dalam dari permukaan gigi terutama pada bagian dalam gigi depan rahang bawah dan gigi belakang. Apabila karang gigi tidak dibersihkan maka dampaknya akan bertambah parah.
Baca juga :


Cara menyikat gigi yang salah dapat menyebabkan gigi berlubang. Karena apabila Anda sudah mengkonsumsi makanan yang bersifat manis seperti coklat, coklat ini akan melekat pada permukaan gigi Anda. Sehingga apabila Anda tidak menyikat gigi dengan baik dan benar maka coklat yang melekat pada permukaan gigi tidak akan hilang. Apabila kebiasaan tersebut diteruskan maka akan menyebabkan gigi berlubang.

3. Dapat Menyebabkan Abrasi Gigi


Cara menyikat gigi yang salah juga dapat menyebabkan abrasi gigi. Cara menyikat gigi yang sering digunakan adalah maju mundur dan juga sikat gigi dengan keras. Karena mereka meyakini bahwa sikat gigi dengan keras akan membuat gigi menjadi bersih. Jika kebiasaan seperti ini dibiarkan secara terus menerus maka akan mengikis permukaan gigi secara perlahan. Efek yang pertama dirasakan adalah gigi terasa ngilu ketika minum air es atau air hangat. Bagian gigi yang paling sering terjadi abrasi ketika cara menyikat gigi salah adalah bagian gigi belakang yang menghadap ke pipi.

4. Dapat Menyebabkan Resesi Gingiva


Resesi gingiva atau yang disebut juga dengan gusi surut adalah kondisi dimana terjadi penurunan gusi. Selain disebabkan oleh Karang Gigi, resesi gingiva juga dapat disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah. Jika cara menyikat gigi yang salah tetap dilakukan, maka akan mempercepat terjadinya resesi gingiva.

Itulah 4 bahaya apabila cara menyikat gigi salah. Setelah Anda mengetahui bahaya apa saja yang akan terjadi, sebaiknya Anda segera mengetahui bagaimana Cara Menyikat Gigi Dengan Baik Dan Benar. Setelah mengetahui cara menyikat gigi dengan baik dan benar, Ajarkan juga pada anak Andanagar giginya tetap sehat hingga tumbuh dewasa.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon