-->

Wednesday, April 13, 2016

Cara Membersihkan Gigi Pada Bayi

Anak yang berusia antara 1 - 2 tahun belum bisa berkumur dan menyikat giginya dengan maksimal. Oleh karena itu pengawasan orang tua sangat diperlukan agar anak tidak menelan air kumurnya. Namun pada anak yang berusia diatas 2 tahun, anak sudah dapat berkumur dan menyikat giginya sendiri. Akan tetapa pengawasan orang tua tetap di perlukan agar orang tua memperhatikan apakah cara menyikat gigi anak sudah benar atau belum. Jika cara sikat gigi anak kurang tepat maka orang tua harus membenarkannya. Akan tetapi dalam membenarkannya orang tua tidak boleh menggunakan kata-kata yang bersifat memarahi agar anak tetap mau menyikat giginya.


Pada anak yang berusia diatas 2 tahun, terkadang muncul beberapa masalah salah satunya yang paling sering terjadi adalah anak menolak atau susah diajak untuk menyikat gigi. Apabila terjadi hal seperti ini sebaiknya Anda menerapkan Tips Agar Anak Mau Menyikat Gigi. Apabila Anda telah mencoba tips tersebut namun anak masih tetap menolak untuk menyikat giginya sebaiknya Anda mengetahui Cara Menangani Anak yang Menolak untuk Menyikat Gigi.

Bagaimana Cara Membersihkan Gigi Pada Bayi Yang Berusia Dibawah 1 Tahun ?

Membersihkan gigi pada bayi sangat diperlukan akan tetapi membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi tidak baik, karena bulu sikat gigi ada yang bersifat kasar sehingga apabila digunkana pada bayi akan mengiritasi gusi sehingga menyebabkan terjadinya luka. Cara yang paling tepat untuk membersihkan gigi bayi yang berusia dibawah 1 tahun adalah dengan menggunakan finger toothbrush.


Finger toothnrush adalah sikat yang umumnya terbuat dari bahan silicon yang sangat lembut sehingga sangat aman jika digunakan oleh bayi. Selain membersihkan gigi, finger toothbrush juga dapat digunakan untuk membersihkan lidah. Finger toothbrush didesain mengikuti jari orang tua sehingga apabila digunakan oleh orang tua finger toothbrush tidak mudah jatuh. Selain itu, membersihkan finger toothnrush tidak susah yaitu dengan merendamnya didalam air mendidih dan melapnya hingga kering.


Selain Finger toothbrush, ada juga 1 cara lain yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan gigi bayi yaitu dengan menggunakan kain gusi. Kain gusi terbuat dari kasa steril yang dililitkan pada jari.


Cara menggunakannya yaitu buat kain gusi dari kasa steril kemudian celupkan pada air hangat. Setelah itu gosokkan perlahan disertai tekanan lembut pada gusi. Selain membuat gusi menjadi bersih, pijatan tersebut dapat menstimulir peredaran darah pada bagian tersebut.

Sebaiknya rongga mulut bayi mulai dibersihkan ketika berumur 1 bulan walaupun gigi belum tumbuh. Anda dapat membersihkan rongga mulut bayi dari jamur yang dapat tumbuh pada lidah dengan menggunakan kain gusi. Setelah gigi tumbuh pertama kali yaitu umur 6 bulan, kain gusi masih dapat digunakan namun Anda juga dapat menggunakan finger toothbrush. Waktu membersihkan rongga mulut bayi yaitu setelah minum ASI atau susu botol terutama pada pagi hari dan ketika akan tidur di malam hari. Apabila Anda tidak mengetahui hubungan Asi dengan gigi anak sebaiknya Anda membaca Bahaya Pemberian Susu Botol Dan ASI Pada Gigi Anak.

Setelah bayi tersebut besar, kira-kira berumur 1 tahun keatas sebaiknya Anda mengajarkan dia Cara Menyikat Gigi Dengan Baik dan Benar. Ada juga Alat Bantu Untuk Membersihkan Gigi yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Namun sebaiknya alat bantu tersebut jangan digunakan kepada anak ketika belum menginjak usia 10 tahun karena risiko anak menelan benda tersebut sangat besar.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan gigi pada bayi.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon