-->

Wednesday, April 13, 2016

4 Tips Memilih Buah Pisang Untuk Diet

Buah Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya yang sering dimanfaatkan oleh wanita yaiut Buah Pisang digunakan untuk Diet. Diet dengan menggunakan Buah Pisang sangatlah baik karena Buah Pisang mengandung berbagai nutrisi yaitu Vitamin A, Vitamin B (B1, B2, B6, dan B12), Vitamin C, Vitamin D, Kalium, Kalsium, Fosfor, Besi, Sodium, Zinc, dan Magnesium. Kandungan tersebut membuat nutrisi yang diperlukan tubuh terpenuhi sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan yang banyak dan berkalori tinggi.


Ada beberapa jenis buah pisang yang dapat digunakan sebagai menu utama Diet Pisang yaitu : Pisang cavendish, Pisang tanduk, Pisang raja bulu, Pisang kepok, Pisang ambon, Pisang mas, Pisang Barangan. Namun, sebaiknya Anda tidak memilih pisang sembarangan untuk digunakan sebagai menu utama diet pisang. Berikut Ada beberapa tips yang digunakan untuk memilih pisang yang baik untuk digunakan sebagai menu utama diet pisang :

1. Memperhatikan Bentuk dan Warna Kulit Buah Pisang

Buah Pisang yang bentuknya bulat sangat baik digunakan sebagai menu utama diet pisang. Selain melihat bentuk, Anda juga harus memperhatikan warna kulit buah pisang. Terkadang orang-orang memilih pisang yang kulitnya berwarna kuning dan mulus tanpa ada bintik-bintik. Namun, Buah pisang yang sangat baik dikonsumsi adalah buah pisang yang berwarna kuning dan memiliki bintik-bintik hitam pada kulitnya (bukan buah pisang yang berwarna coklat). Selain itu jangan juga memilih buah pisang yang kulitnya sudah terkelupas dan cacat.

Selain bermanfaat untuk digunakan sebagai menu utama diet pisang, ternyata buah pisang yang terdapat bintik-bintik hitam pada kulitnya mengandung zat TNF. Zat tersebut sangat bermanfaat untuk melawan sel-sel abnormal seperti sel kanker.

2. Memperhatikan Tekstur Buah Pisang

Setelah memperhatikan bentuk dan warna kulit, Anda juga harus memperhatikan tekstur buah pisang karena kulit pisang yang berwarna kuning belum tentu isinya baik untuk dikonsumsi. Ada buah pisang yang berwarna kuning cerah namun isinya masih keras. Itu menandakan bahwa pisang tersebut tidak dipetik ketika matang melainkan dipetik ketika masih mentah dan dimatangkan dengan cara diimbuh.

Cara mengetahui tekstur buah pisang baik atau tidak adalah dengan memegangnya. Buah pisang yang baik digunakan sebagai menu diet adalah buah pisang yang ketika di pegang terasa lembut, tidak lembek ataupun tidak keras. Apabila pisang lembek itu menandakan bahwa pisang tersebut telah melewati masa kematangan dan apabila pisang tersebut masih keras itu menandakan bahwa pisang tersebut masih mentah atau belum matang.

3. Memperhatikan Tandan Buah Pisang

Buah Pisang yang masih segar dapat juga dilihat dari tandannya. Tandan buah pisang yang masih segar akan warnanya hijau sedangkan tandan buah pisang yang sudah tidak segar tandannya berwarna coklat dan kering. Warna hijau pada tandan buah pisang menandakan bahwa buah pisang tersebut baru saja di panen melainkan warna coklat dan kering itu menandakan bahwa buah pisang telah lama di panen.

4. Memperhatikan Ujung Buah Pisang

Apabila Anda ingin memilih buah pisang namun Anda ingin menyimpannya dalam beberapa hari, sebaiknya Anda memilih buah pisang yang ujungnya berwarna hijau. Buah pisang dengan ujungnya yang hijau menandakan bahwa buah pisang tersebut akan memasuki masa kematangan sehingga ketika di simpan dan dikonsumsi dalam beberapa hari, buah pisang baru matang. Sedangkan apabila memilih buah pisang yang sudah matang namun Anda masih menyimpannya dalam beberapa hari, buah pisang tersebut akan membusuk karena sudah matang terlalu lama. Selain itu, jika Anda ingin menyimpan buah pisang, sebaiknya buah pisang tersebut tidak lepas dari tandannya agar tekstur buah pisang masih terjaga.

Itulah 4 tips memilih buah pisang yang dapat Anda gunakan sebagai menu utama diet pisang.

Semoga Bermanfaat,


EmoticonEmoticon