-->

Friday, May 13, 2016

Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

Sudah tidak diragukan lagi manfaat dari pohon pisang. Selain buahnya yang sangat bermanfaat, kulit buah pisang yang juga bermanfaat dan bahkan jantung pisang yang juga memberikan manfaat, ternyata daun pisang juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun sebagian orang belum mengetahui tentang manfaat daun pisang yang luar biasa bagi kesehatan ini karena daun pisang hanya dikenal oleh masyarakat sebagai pembungkus makanan atau kue.


Oleh karena itu saya akan membahas manfaat daun pisang ini agar orang-orang dapat mengetahuinya. Daun pisang banyak mengandung polifenol sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan yang terjadi. Oleh karena itu tidak ada ruginya apabila Anda menggunakan daun pisang untuk mengatasi masalah kesehatan yang mengganggu Anda, Berikut manfaat daun pisang untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat utama daun pisang adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan polifenol dalam daun pisang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit mematikan seperti kanker, serangan jantung, dan stroke. Selain itu kandungan polifenol juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang terjadi didalam tubuh baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit.

2. Menetralisir Racun Gigitan Serangga

Bagi seseorang yang suka bertualang ke alam, sebaiknya Anda membawa beberapa helai daun pisang karena daun pisang dapat membantu menetralisir racun gigitan serangga seperti lebah, laba-laba, atau tawon.

3. Mengobati Luka

Daun pisang juga dapat membantu proses penyembuhan luka baik itu yang diakibatkan karena terjatuh, tergores atau bahkan gigitan nyamuk skalipun. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun pisang kemudian haluskan. Menghaluskan daun pisang bisa dengan ditumbuk ataupun diblender. Setelah halus, oleskan pada luka agar luka dapat sembuh.

4. Mengatasi Radang Tenggorokan

Salah satu penyebab terjadinya radang tenggorokan adalah karena adanya infeksi bakteri. Selain infeksi bakter, cuaca yang tidak menentu juga merupakan salah satu penyebab terjadinya radang tenggorokan. Salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi daun pisang.

Cara mengkonsumsi daun pisang cuukup mudah yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun pisang kemudian jemur daun pisang sampai kering. Setelah kering, daun pisang tersebut direbus dengan menggunakan air mendidih. Setelah mendidih, minumlah air rebusan tersebut. Perlahan radang tenggorokan akan sembuh apabila Anda mengkonsumsi air rebusan tersebut secara teratur.

5. Menurunkan Demam

Pada umumnya demam merupakan suatu tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi yang terjadi. Namun sebagian besar orang tua khawatir apabila Anaknya menderita demam tinggi. Namun, demam yang tinggi dapat diatasi dengan menggunakan daun pisang sehingga orang tua tidak perlu khawatir. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih 1 lembar daun pisang muda kemudian oleskan minyak kelapa secukupnya pada daun pisang tersebut lalu tempelkan ke badan atau dahi.

6. Mengobati Radang dan Iritasi Kulit

Radang atau iritasi kulit sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif baik pada orang dewasa maupun bayi. Caranya sama dengan manfaat untuk mengobati luka yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun pisang kemudian haluskan. Menghaluskan daun pisang bisa dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Setelah halus, oleskan pada kulit yang iritasi atau meradang agar segera sembuh.

7. Mengatasi Keputihan

Keputihan disebabkan oleh jamur dan masalah ini paling sering dialami oleh wanita. Keputihan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan keresahan pada wanita. Namun Anda tidak perlu khawatir karena daun pisang dapat digunakan untuk mengatasi keputihan yang terjadi.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil beberapa helain daun pisang kemudian rebus daun pisang tersebut kedalam air mendidih. Setelah itu saring dan ambil airnya. Air rebusan daun pisang ini dioleskan ke bagian vital wanita agar masalah keputihan dapat teratasi.

Itulah 7 Manfaat daun pisang untuk kesehatan.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon