-->

Monday, January 11, 2016

6 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Pohon jambu biji merupakan pohon yang sering kita jumpai, karena pohon jambu biji tumbuh di daerah tropis. Buah jambu biji sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan Anda. Sehingga Buah Jambu biji dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pengobatan.


Selain Buahnya yang sangat banyak manfaatnya, ternyata daun dari pohon jambu biji juga mempunyai manfaat yang tidak kalah hebatnya dari buah jambu biji. Salah satunya sangay bermanfaat untuk mengobati Diare. Selain itu daun jambu biji juga mempunyai manfaat lainnya, apa saja mafaatnya ? berikut akan dijelaskan.

Manfaat Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mampu mengobati beberapa jenis penyakit. Jenis penyakit apakah yang dapat disembuhkan oleh daun jambu biji ?

1. Mengobati Penyakit Diare

Daun jambu biji sangat terkenal karena mampu menyembuhkan penderita yang terkena diare. Kandungan senyawa Tanin yang terdapat pada daun jambu biji terbukti mampu menghentikan pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus  dan bakteri E-Coli yang terdapat di dalam usus.

Namun, tidak semua daun jambu biji dapa digunakan untuk mengobati diare. Adapun langkah-langkah agar Anda dapat mengonsumsi daun jambu biji secara sehat sehingga dapat menyembuhkan diare.
a. Petiklah daun yang masih muda atau pucuk daun sebanyak 4-5 lembar.
b. Cuci bersih daun yang telah dipetik tersebut.
c. Bila Anda ingin mengunyahnya secara langsung setelah di cuci, Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk menyamarkan rasanya.
d. Apabila Anda tidak ingin mengunyahnya, Anda bisa mencoba cara lain dengan merebusnya.
e. Air rebusan tersebut Anda minum. Anda bisa menambahkan madu pada air rebusan tersebut untuk membuatnya menjadi manis.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

Mengonsumsi teh daun jambu biji ternyata dapat mencegah penyakit diabetes. Karena kandungan teh daun jambu biji mampu mengurangi aktivitas enzim sehingga dapat menurunkan kadar glukosa didalam darah tanpa meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

3. Membantu Menurunkan Kolestrol

Mengonsumsi teh daun jambu biji secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolestrol. Hal ini di kutip dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun jambu biji dapat menurunkan berat badan. Anda dapat mengolahnya menjadi jus ataupun teh dan ketika Anda mengonsumsinya maka Anda akan merasa kenyang dan tak harus mengonsumsi karbohidrat yang banyak.

5. Mencegah Penyakit Kanker Lambung

Daun jambu biji memiliki kandungan quercetin yang dapat mencegah terjadinya kanker lambung. Serta vitamin C yang merupakan antioksidan yang berguna untuk menetralkan radikal bebas pada tubuh.

6. Mencegah Penyakit Kanker Prostat

Daun jambu biji juga mengandung likopen yang sangat berguna untuk melawan kanker terutama kanker prostat. Likopen akan bekerja dengan cara menghambat produksi androgen. Androgen merupakan hormon pada pria yang dapat memicu pertumbuhan sel pada beberapa jenis kanker seperti kanker prostat.

Itulah 6 manfaat dari daun jambu biji. Bukan hanya buah jambu biji saja yang memberikan banyak manfaat, namun daun jambu biji juga mempunyai manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon