-->

Friday, October 04, 2019

Penyebab Makan atau Mengunyah Menggunakan Satu Sisi

Mengunyah satu sisi sering sekali dilakukan tanpa kamu sadari, mungkin karena sudah terbiasa dalam hal tersebut atau karena ada faktor lain yang menyebabkan kamu hanya menggunakan salah satu sisi untuk mengunyah. Faktor umum penyebab mengunyah satu sisi adalah sakit gigi, namun saya akan membahas dengan detail penyebab mengunyah satu sisi. Apa saja penyebab mengunyah satu sisi ? berikut penjelasannya.


1. Gigi Berlubang


Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab seseorang mengunyah satu sisi. Saat gigi berlubang, akan timbul rasa tidak nyaman pada saat mengunyah karena makanan yang dikunyah tersebut akan menyelip kedalam gigi yang berlubang, semakin besar lubang gigi maka semakin banyak makanan yang dapat terselip kedalam lubang gigi. Dan parahnya lagi, lubang gigi yang tidak segera ditambal akan menimbulkan rasa sakit sehingga mengganggu proses pengunyahan.

2. Gusi Bengkak


Gusi bengkak adalah salah satu penyebab seseorang mengunyah satu sisi. Ketika gigi dalam keadaan sakit, kamu tidak bisa menggunakannya untuk mengunyah, karena itu akan menambah rasa sakit pada gigi. Salah satu contoh kasus dimana terjadi peradangan pada ujung akar gigi yang dapat menyebabkan terbentuknya nanah di ujung akar tersebut, Inilah yang membuat gusi menjadi bengkak. Kondisi seperti itu akan terasa sakit saat digunakan makanan karena gigi yang digunakan makan akan meneruskan beban kunyah hingga ke bagian akar yang sedang meradang.

3. Gigi Bungsu Tumbuh Miring atau Tidak Sempurna / Impaksi


Gigi bungsu tumbuh miring juga merupakan salah satu penyebab mengunyah satu sisi. Gigi bungsu umunya tumbuh diumur 17-21 tahun, tapi pada sebagian orang ada yang tumbuh diatas umur tersebut, bahkan beberapa orang ada yang tidak tumbuh sama sekali. Pada sebagian orang gigi tersebut dapat tumbuh sempurna karena memiliki ukuran rahang besar atau gigi tersebut memiliki ukuran kecil, naman banyak juga kasus dmana gigi tersebut tumbuh tidak sempurna atau miring bahkan ada yang terpendam dibawah gusi. Kondisi inilah yang menyebabkan rasa sakit sehingga sisi tersebut tidak dapat digunakan untuk mengunyah.

4. Gigi Sudah Dicabut


Gigi sudah dicabut juga merupakan salah satu penyebab mengunyah satu sisi. Ada sebagian orang yang ketika gigi sakit dan masih bisa dipertahankan, mereka lebih senang untuk mencabutnya karena akan mereka berasumsi masalah akan teratasi. Namun ketahuilah itu hanya sesaat, dan akan menimbulkan masalah baru. Gigi yang sudah dicabut akan menyisahkan gusi. Sedangkan makanan akan terkunyah saat gigi atas dan gigi bawah bertemu. Tidak adanya gigi pada sisi tersebut akan membuat seseorang dominan mengunyah pada sisi yang giginya lengkap sehingga terjadilah mengunyah satu sisi.

5. Gigi Goyang


Gigi goyang merupakan salah satu penyebab mengunyah satu sisi. Gigi goyang tidak dapat dipakai mengunyah karena akan menimbulkan rasa sakit. Banyak hal yang menyebabkan gigi goyang salah satunya adalah karena rusaknya jaringan penyangga gigi atau gusi turun. Sehingga akan dominan mengunyah pada sisi yang giginya masih utuh tanpa ada gangguan.

6. Gigi Tinggal Akar


Gigi tinggal akar atau sisa akar merupakan salah satu penyebab mengunyah satu sisi. Gigi sisa akar tidak dapat melaksanakan fungsi gigi dengan maximal, karena tidak dapat menghancurkan makanan dengan baik. Sehingga akan dominan mengunyah pada sisi yang giginya masih utuh tanpa ada gangguan.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengunyah satu sisi. Perlu diingat, mengunyah menggunakan satu sisi dapat menimbulkan bahaya pada gigi dan mulut. Apa bahaya tersebut ? Akan dibahas diartikel berikutnya.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon