-->

Saturday, December 19, 2015

9 Manfaat Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur

Air putih merupakan minuman yang mempunyai segudang manfaat. Air putih merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan organ tubuh manusia. Manusia sangat dianjurkan untuk meminum 8 gelas air putih perhari. Salah satu waktu yang terbaik meminum air putih adalah di pagi hari.


Meminum segelas air putih di pagi hari terutama ketika bangun dari tidur memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu Anda harus membiasakan meminum air putih di pagi hari, terutama ketika Anda baru bangun tidur. Apa saja manfaat yang bisa Anda peroleh dari meminum segelas air putih di pagi hari ? Berikut akan dijelaskan :

1. Menjaga Kesehatan Lambung

Saat Anda bangun tidur, Anda sebaiknya meminum segelas air putih. Karena salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan Lambung. Karena ketika bangun tidur produksi asam pada lambung meningkat, sehingga Anda sebaiknya meminum segelas air putih untuk menetralkan asam lambung.

2. Menjaga Kesehatan Usus Besar

Dengan membiasakan untuk meminum segelas air putih di pagi hari terutama ketika Anda bangun tidur sangat baik bagi kesehatan usus besar Anda. Karena ketika Anda bangun, usus besar belum bekerja secara maksimal. Apabila Anda meminum segelas air pada saat usus besar belum bekerja secara maksimal, air tersebut akan mengeluarkan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh melalui urine. Sehingga akan membuat usus besar lebih mudah menyerap nutrisi yang terdapat pada makanan.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Segelas air putih ketika bangun tidur juga dapat menjaga kesehatan ginjal Anda. Karena air putih dapat meminimalkan kadar asam urat yang terdapat dalam darah. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu minumlah segelas air putih ketika Anda bangun karena akan menghindarkan Anda dari terjadinya batu ginjal. Selain itu, jika kebutuhan air putih tercukupi maka akan meringankan kinerja ginjal.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kadar asam urat yang tinggi juga dapat mengganggu fungsi trombosit didalam darah. Selain itu, kadar asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak pada dinding pembuluh nadi atau arteri. Penumpukan plak ini akan menghambat aliran darah menuju jantung, sehingga akan menyebabkan orang mengalami serangan jantung. Jadi sebaiknya Anda membiasakan meminum segelas air putih terutama ketika bangun tidur agar Anda terhindar dari serangan jantung.

5. Memperlancar Buang Air Besar (BAB)

Waktu BAB yang baik adalah di pagi hari, namun terkadang ada beberapa orang yang sangat sulit BAB atau yang disebut Sembelit. Susah BAB ini diakibatkan karena kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh sehingga membuat feses menjadi keras. Apabila Anda membiasakan mengonsumsi segelas air putih di pagi hari maka Anda akan memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Jika kebutuhan cairan tercukupi maka feses tidak lagi mengalami proses pengerasan sehingga Anda akan lebih mudah BAB.

6. Menghindari Dehidrasi

Waktu tidur dimalam hari umumnya itu 8 jam. Selama Anda tidur tubuh akan memperbaiki sel yang rusak sehingga banyak kehilangan cairan, sehingga ketika Anda bangun Anda akan merasa haus karena dehidrasi. Tapi terkadang rasa haus itu tidak diperdulikan karena padatnya aktivitas, sehingga ketika bangun tidur Anda bukannya mendahulukan meminum segelas air putih malah Anda mendahulukan mandi. Apabila hal seperti ini dibiasakan maka akan membuat tubuh Anda merasa dehidrasi terus menerus. Tentu saja hal ini tidak baik bagi tubuh Anda, oleh karena itu Anda harus menghindari dehidrasi dengan cara mengonsumsi air putih terutama ketika Anda bangun tidur.

Namun, Sebaiknya Anda juga jangan meminum air putih terlalu banyak ketika Anda bangun, karena jika Anda meminum air putih secara berlebihan maka akan memaksa organ ginjal untuk bekerja lebih keras. Ketika Anda bangun sebaiknya Anda hanya meminum 1-2 gelas.

7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ideal adalah impian semua orang. Namun ketika Anda telah mendapatkan berat badan yang ideal itu, Anda sangat sulit untuk mempertahankannya karena tergoda oleh makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori.

Meminum segelas air putih di pagi hari juga mampu untuk menjaga kestabilan berat badan Anda. Karena apabila Anda meminum air putih pada saat bangun tidur ketika perut sedang kosong maka Anda akan merasa sedikit kenyang. Apabila Anda merasa sedikit kenyang, maka Anda terhindar dari mengonsumsi makanan dan minuman terutama yang mengandung kalori yang tinggi. Sehingga itu dapat membantu Anda agar tetap menjaga kestabilan berat badan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang cerah dan sehat merupakan impian semua orang terutama wanita. Kulit yang cerah dan sehat dapat Anda peroleh dengan membiasakan mengonsumsi segelas air putih di pagi hari. Karena, air putih dapat membersihkan racun-racun yang terdapat pada tubuh. Sehingga kulit Anda akan kelihatan lebih cerahb dan sehat karena racun dalam tubuh keluar melalui urine.

Selain itu Anda juga dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit dengan cara lain. Baca juga : 30 Makanan yang dapat Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

9. Mengoptimalkan Kerja Kelenjar Getah Bening

Salah satu manfaat air putih apabila diminum ketika bangun tidur adalah menjaga kesehatan Anda. Air putih dapat menjaga kesehatan Anda karena apabila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka akan membuat kelenjar getah bening bekerja secara optimal. Kelenjar getah bening merupakan sistem pertahanan tubuh, apabila kelenjar getah bening bekera secara optimal maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu biasakan meminum segelas air putih terutama ketika Anda bangun tidur agar kelenjar getah bening bekerja secara optimal.

Itulah 9 manfaat meminum air putih di pagi hari terutama ketika bangun tidur. Membiasakan diri untuk mengonsumsi segelas air putih di pagi hari terutama ketika bangun memang tidaklah mudah, namun Anda harus membiasakan diri agar kesehatan Anda tetap dapat terjaga.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon