-->

Tuesday, February 16, 2016

7 Cara Menaikan Trombosit

Pada umumnya, jumlah trombosit dapat meningkat dengan sendirinya apabila Anda telah mengetahui dan mengobati penyebabnya. Oleh karena itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu Penyebab Trombosit Menurun, agar Anda tidak salah dalam melakukan pengobatannya karena bukan hanya DBD yang menjadi penyebab trombosit menurun.


Selain mengenal penyebabnya, sebaiknya Anda juga melakukan usaha menaikan trombosit. Salah satu cara menaikan trombosit adalah mengkonsumsi Makanan Penambah Trombosit. Selain itu, Ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menaikan trombosit. Berikut akan dijelaskan :

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Konsumsilah makanan yang sehat seperti buah-buahan (pepaya, kurma dan bit) dan sayur-sayuran berdaun hijau (selada, bayam dan kale). Konsumsi makanan yang mengandung banyak Zat Besi, Vitamin C, Vitamin  B12 (Asam Folat) dan Omega 3.

2. Hindari Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, Anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat karena makanan dan minuman yang tidak sehat akan mengganggu kinerja sumsum tulang dan membuat jumlah trombosit menurun. Makanan yang tidak sehat seperti : Junk Food, Makanan Instan/Siap Saji. Minuman yang tidak sehat seperti : Minuman yang mengandung alkohol dan minuman yang mengandung kafein.

3. Tidur Secukupnya

Seseorang yang sedang mengalami penurunan trombosit harus tidur secukupnya. Tidur berlebihan ataupun kurang tidur sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Waktu tidur yang ideal adalah 8 jam perhari.

4. Mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsumsi Suplemen adalah cara yang dapat Anda lakukan apabila Anda sulit memperoleh atau tidak suka terhadap buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung Zat Besi, Vitamin, dan Omega 3 yang tinggi.

5. Hindari Aktifitas yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Luka

Ketika Anda mengalami penurunan trombosit, sebaiknya Anda menghindari aktifitas yang dapat menyebabkan terjadinya luka. Apabila terjadi luka, darah akan mengalir terus karena trombosit yang berfungsi membantu pembekuan darah berkurang. Jika lukanya cukup parah, maka Anda bisa kekurangan darah dan jika tidak segera ditangani maka dapat mengancam nyawa. Aktifitas yang dapat menyebabkan luka seperti Olahraga berat.

6. Minum Air Putih Secukupnya

Minumlah air putih secukupnya jika Anda sedang mengalami penurunan trombosit karena air putih dapat mengoptimalkan kinerja organ-organ didalam tubuh salah satunya kinerja sumsum tulang. Minum air putih tidak boleh berlebihan ataupun kurang karena berbahaya bagi organ tubuh. Oleh karena itu dianjurkan mengkonsumsi air putih 8 gelas/hari.

Baca juga :

7. Hindari Mengkonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Ketika Anda mengalami penurunan trombosit sebaiknya Anda menghindari beberapa obat yang dapat menghambat produksi trombosit. Ada beberapa jenis obat yang dapat menghambat produksi trombosit seperti obat pereda nyeri dan obat penurun demam (aspirin dan ibuprofen). Demam Berdarah Dengue yang menjadi penyebab trombosit menurun memang dapat sembuh dengan mengkonsumsi Aspirin atau Ibuprofen akan tetapi akan menghambat produksi trombosit yang dilakukan sumsum tulang sehingga penyakit DBD sudah sembuh tapi jumlah trombosit belum kembali normal.

Itulah 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk menaikan jumlah trombosit.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon