-->

Sunday, January 10, 2016

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyikat Gigi

Menyikat gigi merupakan hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan gigi di dalam mulut. Mengapa demikian ? Karena tujuan utama menyikat gigi adalah untuk membersihkan plak dan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi yang merupakan awal dari terbentuknya karang gigi dan lubang gigi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyikat gigi setiap hari agar kondisi gigi dan mulut Anda tetap bersih dan sehat.


Didalam pelaksanaan menyikat gigi, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tujuan utama menyikat gigi tercapai. Namun, sebagian besar masyarakat kurang mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan tersebut sehingga yang terjadi bukanlah memperoleh manfaat akan tetapi menyebabkan masalah yang baru pada gigi Anda. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyikat gigi ? teruskan baca artikel berikut untuk mengetahuinya.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENYIKAT GIGI

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyikat gigi :

1. Memilih Waktu Yang Tepat Dalam Menyikat Gigi


Memilih waktu yang tepat dalam menyikat gigi sangat membantu dalam menyikat gigi. Seseorang wajib menyikat giginya 2X sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikat gigi 3X seharipun juga dibolehkan yaitu pagi setelah sarapan, setelah makan siang dan malam sebelum tidur. Namun, yang sering digunakan adalah 2X sehari karena ketika siang hari aktivitas sangatlah padat.

Sebagian besar orang salah dalam pemilihan waktu yang tepat dalam menyikat gigi. Biasanya saat mandi di pagi hari mereka melanjutkan dengan menyikat gigi, setelah mandi baru melakukan sarapan. Itu sama saja dengan menyikat gigi sebelum sarapan. Sehingga setelah Anda selesai sarapan, plak dan sisa-sisa makanan akan menumpuk pada gigi Anda. Sehingga tujuan Anda dalam menyikat gigi tidak tercapai. Oleh karena itu menyikat gigi dianjurkan setelah sarapan agar plak dan sisa-sisa makanan dapat dibersihkan.

Selain itu, sebagian besar orang salah dalam memahami maksud dari menyikat gigi di malam hari. Biasanya orang menyikat gigi di malam hari ketika selesai makan malam. Memang betul plak dan sisa-sisa makanan dapat dibersihkan setelah selesai makan malam. Akan tetapi biasanya setelah makan malam, sebagian besar orang masih ngemil atau memakan makanan ringan seperti biskuit, cokelat, wafer, dan lain-lain sehingga plak dan sisa-sisa makanan akan muncul kembali pada gigi Anda walaupun Anda telah menyikat gigi. Maksud dari menyikat gigi di malam hari sebelum tidur adalah membersihkan gigi dari plak dan sisa makanan sehingga ketika Anda tidur tidak terjadi aktivitas bakteri yang dapat membuat gigi Anda berlubang. Oleh karena itu dianjurkan menyikat gigi malam sebelum tidur bukan malam setelah makan malam.

2. Menggunakan Cara Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar


Cara menyikat gigi yang baik dan benar sangat berpengaruh terhadap kebersihan gigi dan mulut. Jika Anda menggunakan cara menyikat gigi yang baik dan benar maka plak dan sisa-sisa makanan yang menyakut di permukaan gigi seperti di sela-sela gigi dapat dibersihkan. Bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar ?
Namun, apabila cara menyikat gigi Anda salah, maka bukan membersihkan gigi melainkan Anda akan menyebabkan masalah baru pada gigi Anda. Apa saja masalah yang akan terjadi pada gigi Anda apabila cara menyikat gigi Anda salah ?
Salah satu cara menyikat gigi yang baik dan benar adalah menyikat dengan lembut dan pelan-pelan. Sebagian besar orang menyikat giginya dengan keras-keras karena merasak giginya tidak akan bersih apabila menyikat gigi dengan lembut dan pelan-pelan. Namun, sebenarnya plak dan sisa-sisa makanan bisa hilang apabila Anda menyikat gigi dengan lembut dan pelan-pelan. Hanya karang gigi dan stain yang tidak bisa dihilangkan dengan cara menyikat gigi walaupun disikat dengan keras.

3. Menyikat Gigi Minimal 2 Menit


Menyikat gigi yang ideal minimal 2 menit atau 10 detik setiap bagiannya. Sikat gigi tidak boleh kurang dari 2 menit karena kebersihan gigi tidak maksimal. Namun, terkadang orang menyikat gigi kurang dari 2 menit karena disibukkan oleh aktivitasnya sehingga gigi tidak dibersihkan secara maksimal. Perilaku seperti ini bila diteruskan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi ataupun lubang gigi. Oleh karena itu menyikat gigi dianjurkan minimal 2 menit.

4. Memilih Sikat Gigi Yang Tepat


Memilih sikat gigi sangat menunjang dalam membersihkan gigi Anda. Dalam memilih sikat gigi yang tepat, ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi. Apa saja kriteria tersebut ? Berikut akan dijelaskan.

  • Memilih Bulu Sikat Yang Medium dan Lembut
Bulu sikat yang lembut sangat berpengaruh dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi Anda. Apabila Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras, maka akan melukai gusi Anda. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan terjadinya abrasi dan gusi menurun sehingga yang terjadi adalah gigi Anda terasa sangat ngilu ketika minum air putih atau air hangat. 
Bulu sikat yang medium lebih baik dalam membersihkan plak dan sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi. Walaupun bulu sikatnya medium dan lembut, jika cara menyikat gigi tidak benar maka gigi tidak dapat dibersihkan secara maksimal. Anda dapat menggunakan bulu sikat gigi yang soft apabila dokter gigi merekomendasikan kepada Anda.

  • Memilih Gagang Sikat Gigi Yang Nyaman
Gagang sikat gigi tidak terlalu berpengaruh terhadap kebersihan gigi Anda. Dalam memilih gagang sikat gigi, gagang sikat gigi harus nyaman untuk Anda genggam ketika menyikat gigi.

  • Memilih Kepala Sikat Gigi Yang Tepat
Memilih kepala sikat gigi harus disesuaikan dengan kondisi mulut masing-masing orang. Karena mulut masing-masing orang itu berbeda. Umumnya kepala sikat gigi yang kecil sangatlah bermanfaat, karena kepala sikat gigi yang kecil dapat memudahkan Anda untuk membersihkan gigi yang sulit sibersihkan seperti gigi belakang.

  • Boleh Menggunakan Sikat Gigi Elektrik Atau Manual
Sikat gigi manual lebih baik dalam membersihkan gigi Anda. Namun, sikat gigi elektrik sangat bermanfaat untuk orang-orang dengan keterbatasan menggerakkan tangannya dan penderita cacat. Seperti orang lanjut usia dan orang-orang dengan keterbelakangan mental. Bahkan sikat gigi elektrikpun sangat bermanfaat untuk anak-anak karena sangat menarik dan mudah digunakan, sehingga mereka termotivasi untuk menyikat gigi.

  • Memilih Sikat Gigi Yang Tepat Untuk Anak
Dalam memilih sikat gigi untuk anak haruslah sesuai dengan usia anak Anda. Sikat gigi anak-anak jelas berbeda dengan sikat gigi orang dewasa. Yang perlu diperhatikan dalam memilih sikat gigi anak adalah bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil yang khusus digunakan untuk anak-anak. Serta gagang sikat yang besar sehingga mudah dan dapat digenggam dengan kuat. Gagang sikat juga boleh yang berwarna warni ataupun yang bermotif lucu agar menarik sehingga anak termotivasi untuk menyikat gigi.

5. Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin


Sikat gigi wajib diganti secara rutin setiap 3 bulan sekali. Pemakaian sikat gigi tidak boleh melebihi 3 bulan, karena fungsi sikat gigi pada usia pemakaian 3 bulan tidak lagi maksimal. Sehingga ketika Anda menyikat gigi, gigi tidak dapat dibersihkan dengan baik. Meskipun belum cukup 3 bulan pemakaian sikat gigi, apabila bulu sikat gigi telah rusak wajib diganti juga. Karena apabila bulu sikat gigi rusak, Anda tidak dapat membersihkan gigi secara maksimal meskipun cara menyikat gigi Anda sudah benar.

Selain itu, sikat gigi wajib diganti apabila Anda telah sembuh dari penyakit radang tenggorokan, penyakit flu ataupun infeksi pada gigi dan mulut. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya infeksi tersebut.

6. Wajib Memiliki Sikat Gigi Sendiri


Setiap orang atau setiap anggota keluarga wajib mempunyai sikat gigi sendiri atau sikat gigi pribadi. Jangan saling bertukar sikat gigi atau meminjam sikat gigi orang lain. Karena bakteri dan virus dapat menular melalui sikat gigi, baik itu bakteri yang dapat menyebabkan peradangan gusi ataupun virus Hepatitis C. Sehingga Anda harus betul-betul memperhatikan hal ini agar dapat terhindar dari berbagai kemungkinan buruk.

7. Mencuci Sikat Gigi Setelah Pemakaian


Setelah selesai digunakan, sikat gigi dicuci bersih di bawah air mengalir kemudian simpan dengan posisi tegak agar air yang melekat pada permukaan gigi menetes. Apabila Anda menggunakan sikat gigi dengan penutup, sebaiknya terdapat lubang pada penutup agar tidak terjadi kelembapan pada sikat gigi sebab kelembapan pada sikat gigi akan memacu perkembangan bakteri.

Itulah 7 hal yang perlu diperhatikan dalam menyikat gigi. Anda perlu memperhatikan 7 hal tersebut agar Anda dapat membersihakan gigi Anda dari plak dan sisa-sisa makanan secara maksimal.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon