-->

Friday, February 19, 2016

6 Cara Menurunkan Sel Darah Putih Tinggi

Sel darah putih atau leukosit merupakan salah satu komponen darah. Sel darah putih atau Leukosit dianggap tinggi apabila melebihi jumlah normal di dalam tubuh. Jumlah normal leukosit di dalam tubuh untuk bayi atau anak-anak berkisar antara 9.000 - 12.000/mm3 dan untuk orang dewasa berkisar antara 5.000 - 10.000/mm3.


Ada beberapa faktor Penyebab Sel Darah Putih Meningkat. Salah satunya adalah terjadi infeksi di dalam tubuh. Sel darah putih berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh, ketika ada mikroorganisme (seperti bakteri, virus, jamur atau parasit) yang menyebabkan terjadinya infeksi di dalam tubuh, maka sel darah putih akan melawan mikroorganisme tersebut dengan cara fagosit yaitu memakan mikroorganisme dan menghancurkannya.

Apabila jumlah sel darah putih Anda melebihi jumlah normal, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut untuk menurunkan jumlah sel darah putih.

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Apabila Anda mengalami peningkatan jumlah sel darah putih sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan dan Vitamin C karena sangat baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Kedua nutrisi tersebut akan membantu sel darah putih untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh sehingga sel darah putih dapat menurun ketika infeksi telah dilenyapkan.

Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi, makanan siap saji, junkfood dan makanan yang manis karena dapat memicu peningkatan jumlah sel darah putih.

2. Menerapkan Pola Makan yang Sehat dan Makan Tepat Waktu

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, Anda juga harus menerapkan Pola Makan Yang Sehat dan Makan Tepat Waktu. Walaupun Anda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi namun pola makan Anda tidak sehat dan waktu makan Anda tidak tepat tetap saja tidak baik untuk kesehatan.

3. Hindari Terjadinya Dehidrasi

Ketika Anda mengalami peningkatan jumlah sel darah putih, Anda harus menghindari terjadinya dehidrasi dengan cara mengkonsumsi air putih secukupnya. Konsumsi air putih yang baik adalah 8 gelas/hari. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda boleh minum air lebih dari 8 gelas/hari.

Minum air putih haruslah sebanding dengan pengeluarannya, semakin sering Anda Buang Air Kecil maka semakin sering juga Anda minum air putih. Waktu minum air putih yang paling dianjurkan adalah Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur karena ketika diminum dipagi hari, air putih dapat membersihkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh.

4. Hindari Stres

Stres yang berlebihan adalah salah satu penyebab meningkatnya sel darah putih karena tubuh menghadapi tekanan yang berat dan otak mendapat beban pikiran. Oleh karena itu salah satu cara menurunkan jumlah sel darah putih adalah dengan menghindari stres yang berlebihan. Anda dapat menghindari stres dengan cara melakukan refreshing. Refreshing dapat dilakukan dengan berlibur ke tempat wisata, mendengarkan lagu, main game, karokean, jalan-jalan ke mall ataupun istirahat dirumah.

5. Hindari atau Hentikan Kebiasaan Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Rokok dan Minuman Beralkohol mengandung zat yang dapat merusak tubuh sehingga memicu meningkatnya jumlah sel darah putih untuk memerangi zat tersebut. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari atau menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Anda juga harus menghindari menghirup Asap Rokok karena menghirup asap rokok jauh lebih berbahaya daripada merokok.

6. Konsultasikan Ke Dokter

Apabila Anda telah menerapkan ke5 cara diatas namun jumlah sel darah putih tidak menurun malah semakin meningkat sebaiknya Anda konsultasikan segera ke dokter agar Anda mendapat obat-obatan yang tepat karena ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat meningkatkan sel darah putih.

Itulah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan jumlah sel darah putih.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon