-->

Tuesday, April 02, 2019

Korean Skin Care | 10 Tips Langkah-Langkah Skin Care

Kulit sehat, halus, mulus, dan cantik ala korea ? Bagaimana sih cara mendapatkan kulit ala korea seperti itu ? ternyata caranya gampang, Anda perlu menerapkan 10 langkah korean skin care. Ternyata dengan skin care atau membersihkan make up yang rutin dan lengkap sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Apa-apa saja tahap-tahapnya ? simak pembahasannya pada artikel berikut !


1. Menghapus Make Up Pada Wajah Dengan Kapas Dan Pembersih Muka

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam korean skin care adalah menghapus make up terlebih dahulu. Pastikan Anda membersihkan make up tanpa ada yang tersisa khususnya pada bagian mata. Sisa make up di bagian mata dapat menyebabkan munculnya kantung mata dan kerutan. Pada bagian mata gunakan pembersih make up khusus pada bagian mata, salah satunya yang bisa digunakan adalah petroleum jelly.

Sedangkan menghapus make up pada bagian jidad, pipi, dan dagu Anda dapat menggunakan Micellar Water. Hindari menghapus make up dengan cara langsung diusap karena dapat menimbulkan kerutan pada kulit. Cara yang tepat adalah dengan cara menempelkan kapas yang telah diberikan micellar water beberapa saat hingga cairan meresap ke kulit kemudian usap satu arah secara pelan-pelan. Usapkan kapas dari arah tengah wajah ke arah samping dan atas agar wajah menjadi kencang.

2. Cleansing Dengan Mencuci Muka Menggunakan Facial Wash

Langkah selanjutnya adalah mencuci muka. Ambil secukupnya pencuci muka kemudian letakkan ditelapak tangan. Setelah itu basahi kemudian gosok ditangan hingga berbusa. Setelah berbusa, usapkan busa pada seluruh bagian wajah secara merata dengan perlahan. Setelah merata, cuci dengan air bersih. Hindari membasuh wajah menggunakan air hangat karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Keringkan menggunakan handuk berish dengan cara ditepuk-tepuk jangan diusap.

3. Menggunakan Scrub, Peeling Atau Exfoliator

Langkah Selanjutnya adalah menggunakan scrub, peeling atau exfoliator. Tujuan penggunaan scrub, peeling atau exfoliator untuk mengelupaskan sel kulit mati dan menumbuhkan kulit baru. Anda bisa menggunakan exfoliator yang ada biji-bijinya tapi terlalu kasar untuk kulit sensitif. Jadi bagi Anda yang kulit sensitif atau tidak menyukai exfoliator yang kasar, Anda boleh menggunakan chemical exfoliator yang bahannya lebih halus. bentukannya serum tapi efeknya adalah kulit terasa baru. jangan sering-seing dipakai.

Gunakan scrub/exfoliator/peeling yang mengandung biji kasar tidak bisa digunakan setiap hari tapi disarankan untuk digunakan setiap 2 minggu sekali. Namun jika butiran atau biji-bijinya lebh kasar maka digunakan 1 bulan sekali. Jadi tergantung dari butiran scrubnya.

4. Menggunakan Toner

Sebagian orang tidak mengetahui manfaat dari toner. Namun manfaat toner ini sangat penting, yaitu menyiapkan kulit agar menyerap perawatan selanjutnya dengan maksimal. Jadi kalau setelah ini Anda mau pake serum atau moisturizer maka penyerapannya akan lebih maksimal. Sesuaikan toner dengan jenis kulit Anda.

Cara menggunakan toner adalah dengan menuangkan toner ke kapas wajah dan aplikasikan di wajah dengan cara ditepuk-tepuk perlahan jangan di usapkan. Hindari penggunaan pada daerah mata.

5. Menggunakan Essence

Essence memiliki banyak manfaat tergantung dari jenis essencenya. Namun manfaat utama dari essence adalah untuk peremajaan kulit agar tetap awet muda. Cara menggunakan essence adalah dengan ambil essence secukupnya pada tangan kemudian tepuk kedua tangan agar essence menyebar pada kepermukaan tangan, lalu aplikasikan essence ke wajah secara merata dengan cara di tangan di tepuk-tepuk ke wajah. Hindari penggunaan pada daerah mata.

6. Menggunakan Serum

Serum mengandung nutrisi yang paling banyak dan paling pekat dari perawatan kulit lainnya. Ada berbagai macam jenis serum, tergantung kebutuhan kulit. Serum yang paling sering digunakan adalah serum vitamin C karena bisa digunakan semua jenis kulit. Cara penggunannya sangat mudah, ambil serum secukupnya, kemudian tepuk kedua tangan agar serum menyebar kepermukaan tangan, lalu aplikasikan ke wajah dengan cara di tepuk-tepuk jangan diusap.

7. Menggunakan Masker

Masker yang umumnya digunakan adalah masker yang mengandung moisturizer. Hindari pemakaian masker melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. Umumnya masker digunakan 15 menit, namun ada sebagian orang yang menunggu masker kering hingga 30 menit - 1 jam. Pemakaian seperti itu tidak disarankan, cukup 15 menit kemudian segera dihapus atau dibersihkan. Penggunaan masker 1 minggu sekali.

8. Menggunakan Eye Cream Atau Krim Mata

Umur 20 tahun ke atas direkomendasikan menggunakan eye cream. Eye cream merupakan satu-satunya perawatan yang boleh digunakan pada area mata. Penggunaan eye cream secukupnya atau sesuai takaran tidak boleh banyak, karena penggunaan eye cream yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada mata.

9. Menggunakan Pelembap atau Moisturizer

Setelah penggunaan eye cream, langkah selanjutnya adalah menggunakan pelembap. Pelembap dalam bentuk gel lebih cocok untuk berminyak, sedangkan pelembap dalam bentuk kering sangat cocok untuk kulit kering. Jadi sesuaikan Pelembap dengan jenis kulit.

Pelembap untuk pagi hari dan malam hari memiliki perbedaan yaitu pelembap pagi hari biasanya lebih tipis dan ringan dan biasanya sudah mengandung sunscreen, sedangkan pelembap malam hari biasanya lebih pekat dan lebih kuat menghadapi udara malam hari ketika tidur.

Cara menggunakan, ambil pelembap secukupnya dan ratakan di wajah menggunakan kedua tangan.

10. Menggunakan Sunscreen

Langkah yang terakhir adalah menggunakan sunscreen, penggunaan sunscreen biasanya dilakukan di pagi hari. Banyak orang yang malas menggunakan sunscreen karena tidak mengetahui manfaatnya. Sunscreen memiliki manfaat dapat membuat kulit lebih tahan pada flek hitan dan tahan pada kerutan yang muncul lebih dini. Walaupun berada didalam ruangan, tapi bisa saja adar sinar ultra violet, jadi sangat penting untuk menggunakan sunscreen. Sebaiknya gunakan sunscreen setiap hari minimal yang 25 SPF, jika kalau keluar ruangan gunakan SPF lebih tinggi lagi.

Itulah 10 tahap skincare untuk mendapatkan kulit halus, mulus, dan cantik ala korea. Cara ini juga sangat aman untuk Anda gunakan asalkan penggunaannya jangan berlebihan dari kadar penggunaan yang telah ditetapkan. Namun bagi Anda yang merasa bahwa langkah-langkah skincare tersebut sangat repot dan panjang, Anda cukup menjalankan 4 rangkaian perawatan berikut :

1. Hapus Make Up
2. Mencuci Muka
3. Menggunakan Toner
4. Menggunakan Pelembap

4 tahap perawatan wajah diatas merupakan point yang paling penting dalam skincare. Namun tentu saja dengan menerapkan 10 tahap skincare akan mendapatkan hasil yang maksimal dibandingkan dengan menerapkan 4 tahap skincare.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon