-->

Thursday, April 07, 2016

Cara Menangani Anak yang Menolak Untuk Menyikat Gigi

Membiasakan menyikat gigi dengan baik dan benar sangat baik dimulai sejak dini agar kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut anak Anda tetap terjaga hingga dewasa. Namun, ketika membiasakan anak agar mau menyikat gigi dengan baik dan benar sejak dini, ada beberapa masalah yang sering dihadapi orang tua salah satunya yang paling sering terjadi adalah anak menolak untuk menyikat gigi.


Anak yang menolak untuk menyikat gigi akan menutup mulutnya ketika diajak untuk menyikat gigi, terkadang juga ada anak yang menangis dan berusaha menghindar ketika diajak menyikat giginya. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut cara menangani anak yang menolak untuk menyikat gigi.

Cari Tahu Penyebab Anak Menolak Untuk Menyikat Gigi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menangani anak yang menolak untuk menyikat gigi adalah dengan mencari tahu penyebab mengapa anak menolak untuk menyikat gigi. Jika Anda telah mengetahui penyebab mengapa anak Anda menolak untuk menyikat giginya maka Anda akan lebih mudah dalam mengajak anak untuk menyikat gigi. Ada beberapa penyebab anak menolak untuk menyikat gigi yang sering terjadi :

1. Dipaksa Orang Tua Untuk Menyikat Gigi

Terkadang orang tua sering memaksa anak untuk menyikat giginya sehingga anak merasa tidak nyaman dan menganggap menyikat gigi merupakan hal yang tidak menyenangkan. Jika orang tua terus membiasakan memaksa anak untuk menyikat gigi, anak akan menolak karena anak merasa tidak nyaman dan tidak menyenangkan.

2. Dimarahi Orang Tua Karena Menolak Untuk Menyikat Gigi

Tidak sedikit orang tua yang sering memarahi anak karena anak menolak untuk menyikat gigi. Justru dengan memarahi anak, anak akan merasa tidak nyaman dengan kebiasaan menyikat gigi tersebut. Semakin sering orang tua memarahi anak maka anak juga akan semakin menghindar untuk menyikat gigi.

3. Keinginan Anak Tidak Terpenuhi

Ketika keinginan anak tidak terpenuhi maka biasanya anak akan menolak jika orang tuanya menyuruhnya termasuk menyuruh anak menyikat gigi.

Mengatasi Penyebab Anak Menolak Untuk Menyikat Gigi

Langkah selanjutnya setelah mengetahui penyebabnya anak menolak untuk menyikat gigi adalah mengatasi penyebab anak menolak untuk menyikat gigi. Seperti :

1. Anak Yang Menolak Untuk Menyikat Gigi Karena Dimarahi dan Dipaksa Orang Tua

Cara mengatasinya anak dengan penyebab seperti ini adalah orang tua sebaiknya berhenti memarahi dan memaksa anak untuk menyikat gigi. Memang betul jika anak tidak menyikat gigi, giginya akan menjadi rusak. Namun jika Anda membiasakan memarahi dan memaksa anak dalam menyikat gigi, maka pandangan anak tentang menyikat gigi adalah hal yang tidak menyenangkan. Apabila pandangan anak terhadap menyikat gigi adalah hal yang tidak menyenangkan maka anak akan menolak untuk menyikat giginya.

Oleh karena itu jangan memarahi dan memaksa anak untuk menyikat gigi. Cara tepat yang harus dilakukan oleh orang tua untuk mengajak anak agar mau menyikat gigi yaitu dengan cara mengubah pandangan anak tentang menyikat gigi dari hal yang tidak menyenangkan menjadi hal yang menyenangkan.

2. Anak Yang Tidak Mau Menyikat Gigi Karena Keinginannya Tidak Terpenuhi

Tidak sedikit anak yang menolak untuk menyikat giginya karena orang tua tidak memenuhi keinginan anak seperti ingin membeli cokelat dan permen. Jika terjadi hal seperti ini sebaiknya orang tua harus memenuhi keinginan anak tersebut. Memang betul dengan memakan cokelat atau permen dapat menyebabkan gigi berlubang. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan menyikat gigi setelah memakan cokelat dan permen maka sisa-sisa makanan yang menyangkut di gigi yang dapat membuat gigi berlubang dapat hilang sehingga gigi tetap sehat dan bersih.

Itulah Cara Menangani Anak yang Menolak Untuk Menyikat Gigi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Tips Agar Anak Mau Menyikat Gigi.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon