-->

Thursday, May 05, 2016

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Ketika sedang hamil, ibu wajib memperhatikan nutrisi yang dikonsumsinya karena kebutuhan nutrisi ibu yang sedang hamil jauh lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Cara untuk mendapatkan penambahan nutrisi yang baik adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan saat hamil sangatlah baik bagi ibu dan janinnya karena buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu dan janinnya seperti Vitamin B9 (asam folat). Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ketika hamil adalah Buah Pisang.


Buah pisang banyak mengandung Vitamin B9 (Asam Folat), Vitamin B6 (Pyridoxine), Vitamin C, Kalium, Kalsium, Zat Besi, Protein, Karbohidrat, Serat, dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Kandungan dari buah pisang tersebut memberikan manfaat yang luar biasa terhadap ibu dan janinnya. Namun selain memberikan manfaat terhadap ibu dan janinnya, Buah pisang juga dapat dijadikan Menu diet atau yang dikenal dengan Morning Banana Diet. Berikut akan dijelaskan tentang kandungan buah pisang yang memberikan manfaat terhadap ibu hamil.

A. Kandungan Vitamin B9 (Asam Folat) Pada Buah Pisang

Vitamin B9 atau yang dikenal dengan nama Asam Folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan saraf, otak, dan tulang belakang janinnya. Apabila ibu hamil mengalami defisiensi Vitamin B9 atau kekurangan Vitamin B9 maka dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan juga meningkatkan risiko bayi lahir dengan kondisi cacat. Oleh karena itu pada susu kehamilan terkandung Vitamin B9 atau asam folat yang cukup tinggi.

B. Kandungan Vitamin B6 (Pyridoxine) Pada Buah Pisang

Vitamin B6 atau yang disebut juga Pyridoxine merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh ibu hamil untuk perkembangan SSP (sistem saraf pusat). Didalam buah pisang terkandung 0,4 miligram Vitamin B6, sedangkan jumlah Vitamin B6 yang diperlukan setiap harinya oleh ibu hamil adalah 1,9 miligram. Apabila ibu hamil mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari kebutuhan Vitamin B6 terpenuhi sebanyak 42% = 0,8 miligram. Selain itu Vitamin B6 juga dapat membantu mengurangi terjadinya Morning Sickness.

C. Kandungan Vitamin C (Asam Askorbat) Pada Buah Pisang

Buah pisang mengandung Vitamin C atau Asam Askorbat yang cukup tinggi. Dalam 1 buah pisang terdapat 33% Vitamin C. Vitamin C sangat berguna untuk ibu hamil untuk mencegah proses penuaan dini dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan karena Vitamin C merupakan antioksidan. Selain bermanfaat untuk ibu, Vitamin C juga bermanfaat untuk janin dalam pembentukan kulit, pembuluh darah, tulang, dan gusi.

D. Kandungan Kalium Pada Buah Pisang

Ibu hamil memerlukan sekitar 4.700 miligram kalium setiap harinya. Kalium berfungsi untuk mencegah dan meringankan beberapa masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan seperti mengurangi frekuensi terjadinya kram pada kaki, mencegah pembengkakan secara alami, dan membantu mengurangi terjadinya morning sickness. Apabila terjadi pembengkakan secara tiba-tiba pada masa kehamilan bisa jadi itu ciri-ciri Preeklampsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil).

E. Kandungan Kalsium Pada Buah Pisang

Seperti yang diketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk pembentukan dan pengembangan tulang pada semua usia termasuk janin. Selain itu kalsium juga sangat bermanfaat untuk saraf karena dapat melancarkan proses neurotransmitter didalam proses kontraksi otot pada janin didalam kandungan. Pada setiap 200 gram pisang terdapat 10 miligram kalsium.

F. Kandungan Protein Pada Buah Pisang

Selama masa kehamilan, kebutuhan protein pada ibu hamil meningkat. Buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung protein. Protein sangat bermanfaat pada janin selama masa kehamilan. Manfaat protein untuk janin seperti zat yang berfungsi untuk membangun atau membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin seperti tulang, otot, kulit, jantung, hati, dan mata. Jadi selama masa kehamilan sebaiknya ibu mengkonsumsi buah pisang agar kebutuhan proteinnya terpenuhi.

G. Kandungan Zat Besi Pada Buah Pisang

Zat besi merupakan salah satu mineral yang diperlukan oleh ibu selama masa kehamilan. Zat besi berfungsi sebagai pengantar oksigen keseluruh tubuh dan mengedarkan sari pati makanan. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan, ibu dapat mengkonsumsi buah pisang karena didalam buah pisang terdapat kandungan zat besi.

H. Kandungan Karbohidrat Pada Buah Pisang

Sebagian besar ibu hamil mengurangi mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi karena takut mengalami peningkatan berat badan dan ada juga beberapa ibu hamil yang menolak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Mereka melewatkan manfaat karbohidrat seperti karbohidrat menjadi sumber energi utama, mengatur metabolisme didalam lemak normal, menghemat protein, dan menjaga kesehatan jaringan saraf dalam pembentukan sel.

Itulah 8 Kandungan buah pisang yang memberikan manfaat bagi ibu hamil dan janin.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon