-->

Thursday, December 31, 2015

Cara Menyikat Gigi Dengan Baik Dan Benar

Menggosok gigi secara rutin merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit didalam rongga mulut. Karena jika Anda menggosok gigi maka plak atau sisa makanan yang melekat pada gigi akan dibersihkan sehingga Anda terhindar dari penyakit didalam rongga mulut seperti : bau mulut, karang gigi dan lubang gigi. Waktu menggosok gigi yang baik dan benar minimal 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebeblum tidur.


Namun , perlu Anda ketahui bahwa cara menyikat gigi harus dengan baik dan benar, karena jika cara menyikat gigi salah maka bukan mencegah terjadinya penyakit didalam mulut melainkan akan membuat penyakit baru pada gigi Anda seperti rasa ngilu ketika minum air es atau air hangat. Sebagian besar masyarakat telah salah dalam mempraktikkan cara menyikat gigi. Lalu bagaimana cara menyikat gigi dengan baik dan benar ? berikut akan dijelaskan dengan rinci.

Cara Menggosok Gigi Dengan Baik Dan Benar

Anda perlu mengetahui bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar agar gigi Anda tetap terjaga kesehatannya. Sebelum anda mengetahui cara menyikat gigi, sebaiknya Anda mengetahui hal berikut ini !!

Gigi depan : Gigi seri dan gigi taring
Gigi belakang : Gigi geraham kecil dan gigi geraham besar

Langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. Langkah awal
Langkah awal yang harus Anda lakukan tentu saja mengambil sebuah sikat gigi dan  jangn lupa juga untuk mengambil pata gigi. Setelah itu oleskan pasta gigi pada sikat yang telah Anda ambil tadi.

2. Cara Menyikat Untuk Gigi Depan Rahang Atas
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi dimiringkan 45 derajat kemudian sikat ke arah bawah dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali. Cara sikat harus satu arah jangan sikat 2 arah naik turun ataupun maju mundur.

3. Cara Menyikat Untuk Gigi Depan Rahang Bawah
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi dimiringkan 45 derajat kemudian sikat ke arah atas dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali. Cara sikat harus satu arah jangan sikat 2 arah naik turun ataupun maju mundur.


4. Cara Menyikat Untuk Gigi Belakang Kiri Dan Kanan
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi dimiringkan 45 derajat kemudian sikat ke arah atas atau ke arah bawah dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali.

Selain cara tersebut, ada cara yang lebih efektif, yaitu gigi harus dalam posisi menggigit kemudian cara menyikatnya yaitu dengan cara memutar atau bulat-bulat dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali.

5. Cara Menyikat Untuk Gigi Bagian Dalam Dari Gigi Depan Rahang Atas
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi ditegakkan lurus ke atas kemudian sikat ke arah bawah. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali. Cara sikat harus satu arah jangan sikat 2 arah naik turun.

6. Cara Menyikat Untuk Gigi Bagian Dalam Dari Gigi Depan Rahang Bawah
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi ditegakkan lurus ke bawah kemudian sikat ke arah atas. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali. Cara sikat harus satu arah jangan sikat 2 arah naik turun.


7. Cara Menyikat Untuk Gigi Bagian Dalam Dari Gigi Belakang Rahang Atas
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi dimiringkan 45 derajat kemudian sikat ke arah bawah dengan lembut atau pelan-pelan.  Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali.

8. Cara Menyikat Untuk Gigi Bagian Dalam Dari Gigi Belakang Rahang Bawah
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat gigi dimiringkan 45 derajat kemudian sikat ke arah atas dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali.

9. Cara Menyikat Untuk Bagian Pengunyahan Gigi Belakang Kiri Dan Kanan Maupun Rahang Atas Atau Rahang Bawah
Cara menyikatnya yaitu dengan cara sikat diletakkan secara horizontal di atas bagian pengunyahan gigi kemudian sikat maju dan mudur dengan lembut atau pelan-pelan. Lakukan cara ini sebanyak 8-12 kali.

Itulah cara menyikat gigi yang baik dan benar. Penerapan cara sikat gigi dengan baik dan benar ini haruslah diterapkan sejak masih kecil agar gigi anak tetap terjaga hingga dewasa.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon