-->

Thursday, May 12, 2016

Manfaat Jantung Pisang Untuk Ibu Hamil

Buah pisang memberikan banyak manfaat seperti Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil, dan Manfaat Buah Pisang Untuk Diet. Selain buah, kulit buah pisang juga memberikan banyak manfaat seperti Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan Wajah, dan Manfaat Kulit Pisang Untuk Mata Dan Mood. Selain buah dan kulitnya, ternyata jantung pisang juga memberikan manfaat yang tidak kalah hebatnya bagi ibu hamil.


Namun, sebagian masyarakat jawa percaya mitos bahwa jantung pisang tidak baik dikonsumsi karena akan berdampak pada janin. Mitos tersebut mengatakan bahwa apabila ibu hamil mengkonsumsi jantung pisang maka anaknya akan menyusut sama seperti jantung pisang yang mengalami penyusutan ukuran. penyusutan ukuran janin tentunya sangat ditakuti oleh semua ibu hamil. Namun mari kita bahas tentang mitos tersebut apakah benar atau hanya mitos belaka.

A. Penelitian Tentang Jantung Pisang

Mitos yang beredar mengatakan bahwa jantung pisang tidak baik untuk ibu hamil karena janin dapat mengecil sama seperti dengan jantung pisang. Namun ukuran besar atau kecilnya janin bukan dari mengkonsumsi jantung pisang melainkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran besar kecilnya janin seperti nutrisi yang di konsumsi ibu hamil. Saat hamil, ibu haruslah memperhatikan makanan yang dia konsumsi karena apabila nutrisi yang didapatnya kurang maka pertumbuhan janin akan terhambat melainkan apabila nutrisi yang ibu konsumsi cukup ataupun lebih maka pertumbuhan janin tidak akan terhambat.

Selain itu, sebuah penelitian tentang kandungan jantung pisang terhadap ibu hamil pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran, Fakultas Kedokteran. Setelah dilakukan penelitian, tidak ada satupun kandungan jantung pisang yang dapat membahayakan pertumbuhan janin. Melainkan hasil dari penelitian tersebut adalah jantung pisang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Jantung pisang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil seperti energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, lemak, Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Cara mengkonsumsi jantung pisang yaitu diolah menjadi sayur ataupun menu lainnya.

B. Manfaat Jantung Pisang Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat yang jantung pisang berikan untuk ibu hamil. Berikut akan dijelaskan manfaat jantung pisang :

1. Mengurangi Gejala Morning Sickness dan Pendarahan

Gejala morning sickness atau dalam bahasa medisnya Emesis Gravidarum adalah gejala mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil. Gejala morning sickness sering terjadi pada trimester pertama. Namun, Anda dapat mengurangi gejala tersebut dengan cara mengkonsumsi jantung pisang karena pada jantung pisang terdapat kandungan magnesium yang mampu mengurangi kadar hormon estrogen yang meningkat. Selain itu jantung pisang juga dapat mengurangi terjadinya risiko pendarahan semasa kehamilan.

2. Menstabilkan Mood Ibu Hamil

Pada ibu hamil sering terjadi perubahan mood atau emosi terutama di trimester 1 dan 3. Namun perubahan mood atau emosi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti jantung pisang. Mengkonsumsi jantung pisang dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi sayur.

3. Mengatasi Diabetes dan Anemia

Masalah kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah Diabetes dan Anemia. Namun Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengkonsumsi jantung pisang. Kandungan didalam jantung pisang dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Selain itu, kandungan zat besi pada jantung pisang dapat membantu proses terbentuknya sel darah merah sehingga dapat mengatasi terjadinya Anemia.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Setelah Persalinan

Kandungan etanol dalam jumlah yang rendah pada jantung pisang dapat membantu proses penyembuhan luka setelah persalinan. Selain itu jantung pisang dapat mencegah perkembangbiakan bakteri patogen sehingga terhindar dari terjadinya infeksi.

5. Melancarkan Produksi ASI

Mengkonsumsi jantung pisang juga dapat membantu ibu yang sedang menyusui untuk melancarkan produksi ASI sehingga kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi. Selain itu, perlu juga diketahui bahwa Pemberian ASI Kurang Tepat Dapat Berdampak Pada Gigi Anak.

Sudah terbukti bahwa mitos tentang ibu hamil dilarang makan jantung pisang merupakan mitos belaka yang tidak benar melainkan jantung pisang memberikan banyak manfaat terhadap ibu hamil. Itulah 5 manfaat yang dapat diberikan oleh jantung pisang.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon