-->

Monday, October 26, 2015

7 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh manusia dalam melakukan aktivitasnya. Tanpa konsentrasi, aktivitas manusia seperti bekerja tidak akan maksimal hasilnya. Sebab, sebuah aktivitas memerlukan konsentrasi yang tinggi agar bisa fokus.

Selain pekerja, konsentrasi juga sangat dibutuhkan oleh seorang pelajar agar bisa meraih cita-citanya dan memperoleh nilai yang bagus. Karena jika pelajar ingin menerima ilmu dengan baik maka mereka harus fokus dalam memperhatikan guru yang menerangkan pelajaran tersebut.




Berikut ini ada 7 cara meningkatkan konsentrasi :

1. Jangan Sepelekan Sarapan

Sarapan banyak sekali manfaatnya. Selain menyehatkan, sarapan juga meningkatkan konsentrasi baik pada saat belajar maupun bekerja. Selain itu, sarapan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman otak karena mampu meningkatkan daya ingat jangka pendek dan memusatkan perhatian.

Di samping itu, kita juga harus memahami bahwa sarapan yang berperan penting dalam meningkatkan konsentrasi adalah sarapan dengan menu rendah kalori. Sarapan dengan menu tinggi kalori ustru sangat berbahaya karena dapat mengganggu konsentrasi Anda.

Jika Anda tidak sarapan maka Anda akan kurang berkonsentrasi. Hal ini disebabkan karena rasa lapar yang timbul dalam tubuh Anda akan mengganggu aktivitas yang Anda kerjakan.

2. Kurangi Karbohidrat

Tim peneliti dari Queensland Universitu Australia juga menemukan bahwa pola makan tinggi karbohidrat dan rendah protein dapat mengurangi kinerja otak sebanyak 25%. Ini artinya Anda perlu mengubah menu makanan Anda menjadi rendah karbohidrat serta tinggi protein dan omega 3 untuk meningkatkan konsentrasi. Seperti yang diketahui bersama bahwa omega 3 adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif termasuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat otak.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Penambah Konsentrasi

Seperti yang saya telah jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa terdapat beberapa makanan yang telah terbukti mampu meningkatkan konsentrasi Anda. Seperti Ikan, kacang-kacangan, advokad, gandum dan lainnya.

Untuk itu, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman penambah konsentrasi agar energi dan stamina tetap terjaga.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga tidak hanya akan membuat tubuh Anda sehat dan menurunkan berat badan. Lebih dari itu, olahraga juga harus dilakukan karena dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Karenanya, lakukan olahraga setiap hari selama 20-30 menit, baik berupa olahraga dalam bentuk latihan beban, jogging, bersepeda dan lainnya. Olahraga yang Anda lakukan ini juga dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur yang berkualitas, konsentrasi Anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

5. Meditasi

Sudah sejak ratusan tahun yang lalu meditasi dijadikan media terapi, baik terhadap kesehatan fisik maupun mental. bahkan, meditasi adalah cara konvensional yang juga telah digunakan sejak lama baik untuk meredakan stres maupun meningkatkan konsentrasi otak. Karenanya, jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi, coba sempatkan sejenak untuk melakukan meditasi maka niscaya otak Anda akan kembali segar dan lebih fokus pada pekerjaan.

Lakukan Meditasi ini selama 5 menit setiap hari. Adapun cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengambil posisi dengan baik lalu tarik napas dalam-dalam dari hidung. Bayangkan Anda sedang berada di pantai dengan hembusan angin yang lembut, kicauan burung dan diiringi debur ombak yang menyapu pasir. Hembuskan napas dari mulut bersama segala kepenatan, stres dan permasalahan yang Anda rasakan saat ini.

6. Kontrol Kadar Zat Besi

 Zat besi sangat berkaitan dengan kemampuan otak. Sebab, zat besi adalah nutrisi yang sangat penting sehingga disarankan untuk selalu mengontrolnya. Jika kadar zat besi Anda kurang, terutama jika Anemia, fungsi kognitif Anda akan terganggu. Dalam hal ini, memori dan kemampuan otak untuk berkonsentrasi juga ikut menurun sehingga Anda mengalami penurunan fokus. untuk menjaga kadar zat besi, Anda bisa menambahkan beberapa sayuran yang mengandung zat besi.

7. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tidur sangat dibutuhkan tubuh untuk beristirahat dari berbagai aktivitas. Dengan tidur pada malam hari, energi tubuh Anda yang terkuras sepanjang hari akan pulih kembali sehingga siap untuk melakukan berbagai rutinitas harian. Namun, jika waktu tidur malam Anda tidak cukup dan bahkan tidak nyenyak, hal ini sangat berbahaya. Sebab. Anda akan mudah kehilangan konsentrasi dan mudah ngantuk.




Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon