-->

Sunday, April 17, 2016

Manfaat Buah Pisang yang Memiliki Bintik Hitam Pada Kulitnya

Salah satu kebiasaan yang paling sering terjadi di tengah masyarakat ketika hendak membeli pisang adalah memilih pisang dengan warna cerah dan kulit yang mulus. Pisang yang berwarna cerah dan kulitnya mulus dianggap merupakan pisang yang sangat baik untuk dikonsumsi karena sudah dalam keadaan matang dan masih segar. Ketika pisang tersebut sudah melewati tingkat kematangan maka kulit pisang tersebut akan muncul bintik-bintik hitam yang lama kelamaan seluruh kulit pisang akan berubah menjadi coklat.


Apabila kulit pisang tersebut sudah sepenuhnya berwarna coklat atau hitam maka pisang tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Saat pisang sudah mulai menampakkan bintik-bintik hitam, orang-orang akan menghindari untuk membeli dan mengkonsumsi pisang tersebut karena alasan tekstur kulit pisang yang sudah hampir membusuk. Perilaku yang dilakukan tersebut sebenarnya merupakan perilaku yang kurang tepat karena mereka tidak mengetahui arti dibalik bintik hitam pada kulit pisang tersebut.

Apa Manfaat Pisang yang Memiliki Bintik Hitam Pada Kulitnya ?

Ilmuwan jepang juga telah melakukan penelitian terhadap beberapa buah yang sudah matang seperti, pisang, anggur, pir, apel, semangka, dan nanas untuk mengetahui buah mana yang dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi tubuh. Ternyata hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa Buah pisang adalah buah yang dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi tubuh seperti menurunkan berat badan dengan menerapkan Diet Pisang.

Selain itu, hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa buah pisang mengandung zat yang bernama Tumor Necrosis Facktor atau di singkat TNF. Zat TNF ini sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang proses terbentuknya sel darah putih. Selain itu, zat TNF ini juga sangat membantu dalam mengobati penyakit kanker karena manfaatnya yang dapat membunuh sel-sel kanker.
Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker

Kandungan zat TNF pada buah pisang tidak ditemui pada buah pisang yang belum matang. Sedangkan pada buah pisang yang baru matang (berwarna kuning cerah dan kulitnya belum muncul bintik hitam), kandungan zat TNFnya masih sedikit. Buah pisang yang mengandung banyak zat TNF adalah buah pisang yang kulitnya telah muncul bintik hitam. Buah Pisang yang kulitnya terdapat bintik hitam kandungan zat TNFnya 8 kali lebih banyak dibandingkan buah pisang yang baru matang (berwarna kuning cerah dan kulitnya belum muncul bintik hitam).

Zat TNF ini terdapat pada buah pisang. Sebelum buah pisang membusuk, buah pisang akan mengeluarkan zat TNF dan gula yang mudah diolah oleh tubuh sehingga membuat kulit pisang muncul bintik hitam. Buah pisang dengan kondisi seperti ini merupakan buah pisang yang sangat baik untuk dikonsumsi. Apabila buah pisang yang sudah memiliki bintik hitam dibiarkan di ruang terbuka maka lama kelamaan kulit buah pisang akan sepenuhnya berubah warna menjadi coklat atau hitam itu karena buah pisang tersebut telah kelewatan matang dan akan segera membusuk. Apabila buah pisang telah kelewatan matang maka buah pisang tidak layak untuk dikonsumsi karena tidak baik untuk kesehatan terutama penderita Diabetes Melitus. Oleh karena itu untuk menghindari  buah pisang membusuk dengan cepat, sebaiknya simpan buah pisang di dalam kulkas.

Setelah Anda mengetahui manfaat buah pisang yang memiliki bintik hitam pada kulitnya, apakah Anda masih akan tetap melewatkan untuk mengkonsumsi salah satu buah yang bermanfaat ini ?

Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

amin, thanks gan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon