-->

Friday, March 29, 2019

Intruksi Dan Pantangan Setelah Anak Mencabut Gigi

Bukan hanya orang dewasa yang mempunyai intruksi dan pantangan setelah pencabutan gigi, anak-anak juga mempunyai intruksi dan pantangan setelah mencabut gigi. Walaupun hampir sama seperti menggigit kapas selama 15 menit dan lain-lainnya, namun ada beberapa intruksi dan pantangan yang berbeda. Apa saja intruksi dan pantangan anak-anak setelah mencabut gigi ?


Berikut intruksi dan pantangan yang diberitahukan dokter gigi kepada anak atau orang tuanya setelah mencabut gigi :

1. Gigit Kapas Selama 15 Menit

Gigit kapas pada anak cukup 15 menit, tidak perlu sampai 30 menit. Karena darah setelah mencabut gigi pada anak tidak sebanyak pada orang dewasa. Gigi orang dewasa lebih besar dan memiliki akar yang utuh dan panjang, sedangkan gigi anak-anak kecil dan akarnya sudah teresobsi atau terkikis oleh gigi permanen yang akan tumbuh.

2. Minum Obat Ketika Nyeri

Dokter gigi tetap menyarankan orang tua jika anak merasakan sakit, cukup minum obat sekali saja. Dan obat yang diminum bukanlah obat yang seperti orang dewasa minum. Umumnya dokter akan menyarankan meminum obat demam seperti obat yang memiliki kandungan paracetamol karena selain obat demam atau antipiretik , kandungan obat tersebut memiliki anti nyeri atau analgetik. Jika sudah tidak sakit di stop. Namun, sangat jarang sekali anak-anak menderita kesakitan setelah mencabut gigi.

Selain itu, biasanya anak-anak tidak perlu minum antibiotik setelah pencabutan gigi. Kecuali dengan kasus gigi terinfeksi dan dokter meresepkan antibiotik, maka Antibiotik tersebut harus dihabiskan sesuai dosis yang diberikan.

3. Hindari Makan Yang Panas, Boleh Makan Yang Dingin

Hindari dulu makanan yang panas untuk 1x24jam agar bekuan darah tidak hilang, sebaiknya mengkonsumsi yang dingin. Intruksi ini sangat disukai oleh anak-anak karena anak direkomendasikan untuk memakan yang dingin seperti eskrim. Karena eskrim mampu membantu proses pembekuan darah pada lubang bekas pencabutan gigi. Namun, bagi anak yang menderita flu dan batuk, sebaiknya jagan memberinya eskrim tapi tetap mengonsumsi makanan yang dingin.

4. Jangan Makan Sampai Efek Anastesi Atau Bius Hilang

Jangan makan sampai efek anastesi atau bius hilang merupakan instruksi khusus yang diberikan kepada anak. Jika anak makan atau mengunyah dengan kondisi mulut masih merasakan efek anastesi, maka anak dapat menggigit pipi dan lidahnya tanpa merasakan sakit seolah-olah makanan yang mereka gigit. Jika itu terjadi, maka pipi dan lidah anak akan sariawan akibat luka gigitan tersebut. Oleh karena itu sebaiknya biarkan efek anastesi tersebut hilang baru anak makan atau mengunyah.

Berbeda dengan orang  dewasa, yang harus makan terlebih dahulu, sehingga ketika selesai mencabut gigi tidak lagi makan. Walaupun mengunyah, orang dewasa pasti akan mengetahui bahwa pipi atau lidahnya yang mereka gigit.

Itulah 4 Intruksi dan pantangan yang biasa diberitahukan setelah anak-anak melakukan pencabutan gigi. Sangat jarang dijumpai keluhan setelah pencabutan gigi pada anak, namun jika terjadi keluhan seperti rasa nyeri yang tidak hilang atau sariawan yang timbul setelah pencabutan gigi maka segera kontrol kembali ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan tindakan.

Semoga Bermanfaat


EmoticonEmoticon