-->

Tuesday, October 20, 2015

6 Tips Ampuh Cara Meningkatkan Energi Dan Stamina Tubuh

Manusia dalam melakukan kegiatan atau aktivitas setiap hari membutuhkan energi, baik untuk bergerak maupun untuk bekerja. Apalagi biasanya, aktivitas tersebut semakin hari kian bertambah dan memerlukan energi serta stamina yang lebih sehingga sering kali menurunkan kesehatan tubuh.

Dampak nyata yang Anda rasakan biasanya ialah tubuh akan cepat merasa lelah atau capek. Lelah atau capek tentunya akan mengurangi produktivitas kerja Anda. Karenanya, Anda harus senangtiasa membiasakan diri untuk makan tepat waktu dan teratur untuk mendapatkan energi yang lebih ketika beraktivitas.

Sumber utama energi tentu saja karbohidrat. Tetapi selain harus makan makanan yang mengandung karbohidrat, pola makan Anda juga harus teratur dan tepat waktu. Karena jika tidak tepat waktu maka tubuh akan sering kali merasa lapar. Hal ini didasari oleh ritme tubuh yang setiap 3 jam akan merasakan lapar.



Selain makan makanan berkarbohidrat dan makan tepat waktu, Anda juga bisa meningkatkan energi tubuh Anda dengan cara sebagai berikut :

1. Jangan Enggan Untuk Tertawa

Tertawa tanpa sebab mungkin terlihat aneh namun tahukah Anda bahwa tertawa dapat menjadi terapi kesehatan, termasuk di dalamnya untuk meningkatkan energi tubuh ? Hal ini disebabkan karena saat Anda tertawa terjadi peningkatan energi untuk menunjang beban pekerjaan yang Anda jalani. Tertawa juga bisa menghilangkan beban fikiran dan juga mengurangi rasa lelah yang Anda alami.

2. Selalu Tetap Aktif

Meskipun Anda selalu dipadati dengan aktivitas yang menumpuk, usahakan untuk selalu aktif. sebab, dengan selalu aktif, Anda akan cenderung merasa berenergi. Usahakan aktif sepanjang hari dan berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat membantu melepaskan hormon "buruk" yang membuat Anda merasa fresh (segar). Misalnya, lakukan jalan kaki selama kurang lebih 10 menit. Kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga ini ? Anda dapat melakukannya sebelum bekerja atau beraktivitas. Dengan begitu, hal ini biasanya akan membantu membangkitkan energi atau stamina yang ada dalam tubuh untuk menunjang berbagai aktivitas atau pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran Anda.


3. Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih dapat menjadi jalan yang sangat baik dilakukan untuk membuat Anda menjadi fresh. Sebab, air putih dapat mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan energi tubuh bisa melemah. Karenanya, untuk mendapatkan tubuh yang selalu fresh, pastikan tubuh cukup air (tergantung ringan atau beratnya aktivitas yang Anda lakukan). Selain air, Anda juga disarankan untuk membatasi diri dalam mengonsumsi makanan asin. Sebab, makanan asin dapat membuat tubuh kita mudah mengalami dehidrasi.


4. Tidur Siang

Tidur siang yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes. Karenanya, durasi yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatam adalah tidak lebih dari 1 jam. Tidur siang sangat bermanfaat untuk membuat tubuh kembali segar. Dengan tidur, tubuh akan dapat beristirahat untuk mengembalikan energi yang terkuras selama beraktivitas sejak pagi hari.

5. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan irama yang bersemangat mempunyai manfaat dalam meningkatkan semangat dan stamina. Karenanya, jika Anda sedang beraktivitas, Anda dapat memutar musik untuk memacu semangat dan stamina Anda. Musik yang diputar tergantung selera masing-masing.

6. Konsumsi Kafein

Kafein dapat meningkatkan energi dan konsentrasi Anda. Kafein dapat ditemukan pada kopi, cikelat, berbagai minuman energi dan beberapa obat-obatan. Kafein dapat menghilangkan rasa ngantuk Anda walaupun hanya dalam waktu singkat. Akan tetapi, Konsumsi kafein secara belebihan dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda Harus mengonsumsinya dalam batas yang wajar.


Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon