-->

Friday, February 19, 2016

Jumlah Leukosit Tinggi ? Inilah alasannya

Meningkatnya jumlah leukosit atau sel darah putih di dalam tubuh merupakan reaksi normal tubuh karena sel darah putih menjalankan fungsinya. Sel darah putih berfungsi untuk membantu tubuh melawan berbagai infeksi yang menyerang tubuh.


Leukosit atau Sel darah putih yang tinggi menandakan bahwa terdapat mikroorganisme (berupa bakteri, virus, jamur atau parasit) yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan terjadinya infeksi. Sel darah putih berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Normalnya, sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih dengan jumlah yang normal. Namun ketika terjadi infeksi di dalam tubuh, sumsum tulang akan meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan mikroorganisme penyebab terjadinya infeksi di dalam tubuh dengan cara fagosit yaitu memakan mikroorganisme penyebab terjadinya infeksi dan menghancurkannya. Semakin tinggi jumlah sel darah putih di dalam tubuh menandakan bahwa semakin kuat dan ganasnya infeksi yang terjadi.

Mikroorganisme Penyebab Infeksi

Selain infeksi yang terjadi di dalam tubuh, meningkatnya jumlah leukosit atau sel darah putih dapat disebabkan oleh terjadinya peradangan. Ketika terjadi peradangan, sumsum tulang akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan dan menghentikan peradangan agar tidak menyebar luas. Apabila sel darah putih berhasil melakukan tugasnya dengan baik maka peradangan akan segera berhenti. Namun apabila sel darah putih tidak berhasil melakukan tugasnya dengan baik maka akan terbentuk nanah. Nanah ini berisikan dari sel darah putih yang telah mati dan mikroorganisme yang telah mati. Setelah nanah terbentuk, sel darah putih baru yang di produksi oleh sumsum tulang akan menyingkirkan nanah tersebut sehingga perlahan nanah akan hilang. Apabila sel darah putih semakin tinggi dan peradangan belum sembuh itu menandakan bahwa peradangan yang terjadi sangat parah.

Peradangan Pada Kulit

Selain infeksi dan peradangan, meningkatnya jumlah leukosit atau sel darah putih juga dapat disebabkan oleh adanya alergen atau pemicu alergi yang bersentuhan atau masuk kedalam tubuh. Pada saat tubuh pertama kali bersentuhan atau alergen masuk kedalam tubuh, sistem kekebalan tubuh termasuk sel darah putih akan membentuk antibodi terhadap alergen tersebut. Ketika tubuh bersentuhan atau alergen masuk kedalam tubuh kembali maka sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih lebih banyak karena menganggap alergen tersebut sebagai ancaman bagi tubuh. Namun hanya sel darah putih jenis tertentu yang di produksi dalam jumlah yang banyak, yaitu Basofil. Sel darah putih akan menghalangi agar alergen tidak masuk kedalam tubuh dan menyingkirkannya. Pada saat sel darah putih melawan alergen tersebut akan terjadi alergi berupa bintik-bintik merah yang terasa gatal pada kulit atau bersin-bersin. Itu menandakan bahwa tubuh sedang menghadapi alergen.

Kulit yang Terasa Gatal

Bersin-Bersin

Penyakit pada sumsum tulang belakang seperti Myelofibrosis (kanker sumsum tulang) juga dapat menyebabkan jumlah leukosit atau sel darah putih meningkat. Sel darah putih di produksi oleh sumsum tulang dengan jumlah yang normal, ketika terjadi infeksi maka sumsum tulang akan memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang banyak. Namun ketika infeksi menyerang sumsum tulang atau dengan kata lain sumsum tulang terserang penyakit maka produksi sel darah putih akan menjadi tidak terkendali.

Selain ke4 penyebab tersebut, Stres yang berlebihan juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih karena tubuh mendapat tekanan dan otak mendapatkan beban pikiran. Orang yang sedang mengalami stres cenderung melakukan kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat merusak tubuh karena minuman beralkohol mengandung berbagai macam zat yang dapat merusak tubuh sehingga sumsum tulang memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang banyak untuk melawan zat yang berbahaya tersebut. Begitu juga dengan rokok, di dalam rokok terdapat berbagai macam zat yang dapat merusak tubuh. Selain minuman beralkohol dan merokok, asap rokok juga perlu dihindari karena menghirup asap rokok jauh lebih berbahaya dari pada merokok.

Rokok dan Minuman Beralkohol

Itulah alasan mengapa jumlah sel darah putih atau leukosit meningkat. Ketika jumlah sel darah putih atau leukosit Anda meningkat sebaiknya Anda melakukan 6 Cara Menurunkan Sel Darah Putih Tinggi.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon