-->

Sunday, February 14, 2016

12 Makanan Penambah Trombosit

Trombosit atau yang biasa disebut keping darah, lempeng darah atau platelets merupakan salah satu komponen penting yang terdapat didalam darah sehingga Anda harus menjaga trombosit agar tetap normal. Jumlah trombosit normal didalam darah berkisar antara 150.000 - 400.000 keping/mm3. Trombosit adalah sel kecil yang terdapat di dalam darah, walaupun trombosit berukuran kecil namun sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.


Trombosit berfungsi dalam membatu terjadinya pembekuan darah ketiaka pendarahan. Normalnya, trombosit hanya mampu bertahan didalam aliran darah selama 9 hari dan digantikan oleh trombosit baru yang dihasilkan oleh sumsum tulang. Apabila terjadi penurunan trombosit maka pendarahan yang seharusnya dapat dihentikan akan bertambah parah karena tidak terjadi pembekuan darah. Apabila pendarahan yang terjadi secara eksternal (diluar tubuh seperti luka diiris pisau) maka kita dapat menekannya agar darah tidak banyak yang terbuang, namun apabila terjadi pendarahan secara internal (didalam tubuh seperti pendarahan pada organ vital) maka kita tidak dapat mencegah darah terbuang sehingga dapat membahayakan nyawa.

Itulah manfaat yang sangat penting trombosit bagi tubuh manusia sehingga harus dijaga jumlah normal trombosit didalam darah. Salah satu cara menambah trombosit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi, namun tidak semua makanan dapat meningkatkan jumlah trombosit. Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit didalam darah.

1. Pepaya dan Daun Pepaya

Buah Pepaya adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. Nutrisi pada buah pepaya ini dapat meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Anda dapat mengkonsumsi buah pepaya dengan cara dimakan langsung ketika sudah matang ataupun mengolahnya menjadi jus. Selain mengkonsumsi buah pepaya, mengkonsumsi daun pepaya juga dapat meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Cara mengkonsumsi daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya.

2. Kurma

Buah Kurma merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah trombosit didalam darah karena kurma memiliki nutrisi yang tinggi seperti Zat Besi. Anda dapat mengkonsumsi buah kurma dengan cara memakan langsung ataupun mengolahnya menjadi jus. Jus Kurma banyak di jual dimana saja namun sebaiknya Anda membuat sendiri karena Anda tidak mengetahui apa saja kandungan yang tercampur didalam jus yang dijual tersebut dan bagaimana proses pembuatannya.

3. Delima

Buah Delima merupakan buah yang mengandung zat besi dan vitamin yang cukup tinggi sehingga mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Anda dapat mengkonsumsi buah delima dengan cara dimakan langsung ataupun mengolahnya menjadi jus.

4. Aprikot

Selain Buah Delima, Buah Aprikot juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi Buah Aprikot, jumlah trombosit didalam darah Anda dapat meningkat. Cara mengkonsumsi buah aprikot bisa dengan cara dimakan langsung ataupun mengolahnya menjadi jus.

5. Bawang Putih

Bawang Putih memiliki beragam manfaat untuk tubuh salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih juga dapat meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Namun karna baunya yang kurang sedap, banyak orang yang tidak menyukai bawang putih.

6. Buah Bit

Buah Bit mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga agar jumlah trombosit didalam darah Anda stabil. Mengkonsumsi Buah Bit dapat dilakukan dengan cara merebusnya ataupun dijadikan jus. Akan tetapi, lebih baik Anda mengkonsumsi Buah Bit dengan cara mengolahnya menjadi jus karena nutrisi yang terkandung didalamnya tidak berkurang namun aromanya kurang sedap jika dibandingkan dengan cara merebusnya.

7. Jambu Biji dan Daun Jambu Biji

Sebagian orang kadang mengkonsumsi buah jambu biji untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Namun, ternyata Daun Jambu Biji lebih efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Cara mengkonsumsinya Daun Jambu Biji dengan cara meminum air rebusannya.

8. Kismis

Buah-buahan yang telah kering seperti Buah Kismis memiliki 30% kandungan Zat Besi sehingga mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam darah.

9. Hati

Mengkonsumsi Hati baik itu hati sapi ataupun hati ayam mampu untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Namun Anda perlu memperhatikan cara memasaknya karena apabila Anda salah dalam memasaknya maka Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya akan tetapi akan merusak tubuh Anda.

10. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau seperti Daun Bayam, Selada dan Kale memiliki kandungan Vitamin K yang cukup baik karena ketika dikonsumsi akan meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Anda dapat mengolah daun bayam, selada dan kale menjadi sayuran ataupun mengolahnya menjadi jus.

11. Gandum

Mengkonsumsi Gandum jauh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi ketika jumlah trombosit sedang menurun karena Gandum mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit didalam darah.

12. Tomat

Selain bermanfaat untuk mata, buah tomat juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit didalam darah. Anda dapat mengkonsumsi Buah Tomat dengan cara memakan langsung ataupun mengolahnya menjadi jus.

Itulah 12 makanan yang dapat Anda konsumsi ketika trombosit didalam darah Anda menurun.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon