-->

Thursday, December 17, 2015

Pengobatan Dan Pantangan Penyakit Herpes Zoster

Herpes zoster atau istilah lainnya adalah cacar ular atau cacar air merupakan penyakit yang terjadi pada kulit. Penyakit Herpes zoster lebih banyak terjadi pada orang-orang yang berumur diatas 50 tahun atau manula. Penyebab penyakit herpes zoster adalah VZV (Varicella Zoster Virus). Virus ini juga yang menyebabkan terjadinya penyakit cacar air. Akan tetapi, herpes zoster hanya akan terjadi pada orang yang sudah pernah mengalami cacar air baik ketika masih anak-anak ataupun ketika remaja dan dewasa.


Semakin bertambah usia seseorang maka semakin bertambah risikonya untuk terkena penyakit herpes zoster. Hal ini disebabkan adanya penurunan sistem imun atau daya tahan tubuh manusia seiring bertambahnya umur. Hal inilah yang menyebabkan penyakit herpes zoster banyak menyerang orang-orang yang berumur diatas 50 tahun atau manula. Tapi penyakit inipun dapat juga menyerang orang-orang yang berumur dibawah 50 tahun apabila sistem imun atau daya tahan tubuhnya sedang menurun.

Penyakit ini merupakan penyakit menular. Akan tetapi seorang penderita herpes zoster tidak akan menularkan herpes zoster kepada orang lain, tetapi hanya akan menularkan cacar air kepada orang yang belum pernah terkena cacar air selama hidupnya jika melakukan kontak fisik dengan penderita herpes zoster. Penyakit ini dapat Anda cegah dengan berbagai cara, baca : 4 Tips Mencegah Penyakit Herpes Zoster. Setelah Anda mengetahui cara mencegah herpes zoster, sebaiknya Anda mengetahui juga cara mengobatinya. Berikut akan dibahas pengobatan dari penyakit ini :

A. CARA MENGOBATI PENYAKIT HERPES ZOSTER

Herpes zoster juga merupakan salah satu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya apabila Anda membiarkannya tanpa memecahkan gelembung-gelembung berisikan air. Waktu penyembuhan herpes zoster adalah 2-5 minggu. Akan tetapi, sebaiknya Anda membantu menyembuhkan herpes zoster ini dengan pengobatan medis. Pengobatan medis yang dilakukan bertujuan untuk mengurasi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Pengobatan medis dapat berupa :

1. Pemberian Obat AntiVirus

Obat ini sangat efektif bagi penderita varicella simplex dan penderita herpes zoster. Jika Anda meminumnya pada saat 3 hari pertama setelah ruam atau bintik-bintik merah muncul, maka akan membantu meredakan sakit yang dialami dan mempersingkat pertumbuhan ruam. Karena penyebab penyakit ini adalah virus yaitu VZV (Varicella Zoster Virus). Obat ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya komplikasi.

Obat antivirus yang umum digunakan adalah Acyclovir tablet dan Acyclovir salep. Selain Acyclovir ada juga obat antivirus lainnya yaitu valacyclovir dan famciclovir. Untuk dosisnya disesuaikan dengan umur penderita.

2. Pemberian Obat AntiNyeri

Saat mengalami penyakit herpes zoster, pastinya akan ada rasa nyeri yang dirasakan. Untuk membantu meredakan nyeri saat mengalami herpes, Anda harus mengonsumsi obat AntiNyeri. Ada beberapa jenis obat yang biasanya dokter berikan :
  • Golongan Obat Analgetik, Seperti : Ibuprofen dan Paracetamol
  • Golongan Obat Antikonvulsan, Seperti : Gabapentin
  • Golongan Obat Antidepresan trisklik (TCA), Seperti : Amitriptyline
Untuk dosisnya disesuaikan dengan umur. Untuk kasus yang sakitnya belum parah maka biasanya hanya obat analgetik yang diberikan, akan tetapi jika obat analgetik sudah tidak mampu mengurangi rasa sakit dan untuk kasus komplikasi maka golongan obat antikonvulsan dan obat antidepresan.

Selain memberikan pengobatan medis Anda juga harus melakukan perawatan dirumah untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi dan membantu proses penyembuhan. Perawatan yang dapat Anda lakukan dirumah Adalah sebagai berikut :
  • Konsumsi Obat yang Telah Diberikan Oleh Dokter Secara Rutin, Jangan Sampai Lupa Untuk Minum Obat.
  • Pada Saat Terkena Herpes Zoster, Tubuh Akan Terasa Gatal-Gatal. Sebaiknya Anda Memberikan Lotion Calamine Atau Bedak Caladine Untuk Mengurangi Rasa Gatal Sehingga Mengurangi Risiko Gelembung Pecah.
  • Rajin Memotong Kuku Agar Mengurangi Risiko Gelembung Pecah Ketika Penderita Menggaruk Secara Tidak Sengaja
  • Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman, Karena Apabila Anda Menggunakan Pakaian Ketat Akan Lebih Berisiko Membuat Gelembung Pecah.
  • Hindari Kontak Fisik Dengan Orang Yang Belum Pernah Terkena Cacar Air. Hal Ini Dilakukan Agar Mengurangi Risiko Terjadinya Cacar Air Karena Penderita Herpes Zoster Hanya Menularkan Cacar Air Bukan Menularkan Herpes Zoster.
  • Jaga Pola Makan Anda dan Jaga Asupan Nutrisi Agar Daya Tahan Tubuh Menjadi Kuat. Baca : Pola Makan Yang Sehat.
  • Apabila Penyakit Herpes Zoster Bertambah Parah Atau Terjadi Komplikasi Sebaiknya Segera Konsultasikan Ke dokter Agar Segera Ditindaki.

B. PANTANGAN PENDERITA HERPES ZOSTER

Bagi penderita penyakit herpes zoster, ada pantangan yang mereka harus hindari agar tidak menghambat proses penyembuhan. Berikut beberapa pantangan yang harus dihindari :
  • Jangan Memecahkan Gelembung yang Berisikan Air Baik Sengaja Maupun Tidak Sengaja.
  • Penderita Herpes Zoster Tidak Boleh Terkena Angin.
  • Hindari Makanan yang Mengandung Asam Amino Atau Arginine yang Tinggi, Seperti : Almond, Cokelat Dan Kacang-Kacangan. Karena Virus Herpes Zoster Membutuhkan Asam Amino Atau Arginine Untuk Menggandakan diri.
  • Hindari Memakanan Daging Kambing dan Babi.
  • Hindari Memakan Ikan Karena Pada Ikan Terdapat Protein yang Banyak, Seperti Ikan Tongkol, Ikan Bandeng Dan Ikan Asin.
  • Selain Ikan Hindari Juga Makanan Laut Lainnya, Seperti : Udang, Cumi Dan Kepiting.
  • Telur Dan Ayam Potong Broiler Juga Merupakan Sumber Protein yang Banyak Jadi Hindari Juga Makanan Tersebut.
  • Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol/Bersoda Dan Merokok.
  • Hindari Juga Mengonsumsi Kopi.
  • Hindari Stres.
Itulah Pengobatan Dan Pantangan Bagi Penderita Herpes Zoster. Baca Juga Gejala-Gejala Penyakit Herpes Zoster
Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon