-->

Thursday, March 03, 2016

4 Cara Meningkatkan Sel Darah Putih Rendah

Jumlah leukosit atau sel darah putih normal itu berkisar antara 9.000 - 12.000/mm3 pada bayi atau anak-anak dan 5.000 - 10.000/mm3 pada orang dewasa. Jika sel darah putih dibawah jumlah tersebut maka terjadi penurunan sel darah putih atau Leukopenia. Jumlah sel darah putih yang menurun memang sangat mengkhawatirkan karena sel darah putih berfungsi sebagai antibodi, jika sel darah putih rendah maka Anda akan lebih berisiko terkena penyakit atau infeksi.


Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan jumlah sel darah putih, namun sebelum itu Anda harus mengetahui dulu Penyebab Sel Darah Putih Menurun. Penyebab sel darah putih menurun sangat perlu diketahui sebelum melakukan upaya meningkatkan jumlah sel darah putih. Karena apabila penyebab sel darah putih tidak ditangani maka usaha Anda akan sia-sia.

Umumnya sel darah putih menurun itu dikarenakan beberapa kondisi atau penyakit :

  • Baru Sembuh Dari Infeksi
  • Terinfeksi HIV
  • Anemia Aplastik
  • Menjalani Kemoterapi
  • Penyakit Autoimun
  • Penyakit Leukimia
  • Kelainan Kogenital

Cara Meningkatkan Sel Darah Putih :

Cara yang paling tepat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih adalah dengan mengatasi terlebih dahulu penyebab menurunnya sel darah putih. Apabila Penyebabnya adalah karena Infeksi HIV maka Anda harus sembuhkan infeksi HIV atau setidaknya menghambat pertumbuhan HIV di dalam tubuh. Apabila penyebabnya Anemia Aplastik dan Kelainan Kogenital seperti Myelokathexis maka Anda harus sembuh dari Anemia Aplastik dan Myelokathexis agar sel-sel darah dapat di produksi kembali. Biasanya untuk sembuh dari Anemia Aplastik dan Myelokathexis harus dilakukan transplantasi sumsum tulang.

Apabila penyebabnya penyakir Autoimun seperti Systemic Lupus Erythematosus dan Leukimia maka Anda harus menyembuhkan penyakit Autoimun dan Leukimia tersebut agar jumlah sel darah putih meningkat. Apabila Anda Menjalani Kemoterapi untuk mengobati kanker maka jumlah sel darah putih akan menurun, itulah mengapa orang yang sel darah putihnya rendah tidak dapat menjalani kemoterapi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sumsum tulang akan terus memproduksi sel darah putih selama Anda tidak terserang Anemia Aplastik dan Myelokathexis. Untuk mengobati kanker Anda juga dapat menggunakan Daun Sirsak. Begitu juga apabila Anda Baru Sembuh Dari Infeksi, sel darah putih akan meningkat dengan sendirinya.

Selain berusaha sembuh dari penyebabnya, Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah sel darah putih :

1. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Selama sel darah putih Anda menurun, sebaiknya Anda memperhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi tinggi serta konsumsi buah-buahan terutama yang mengandung Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi. Vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda sehingga selain membantu meningkatkan jumlah sel darah putih, maka Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Jauhi Makanan yang tidak sehat seperti : Junkfood, Makanan siap saji, Makanan berkalori tinggi dan Makanan yang manis-manis.

2. Memperbaiki Pola Makan

Pola Makan Yang Sehat sangat dianjurkan untuk diterapkan karena sangat baik untuk kesehatan. Walaupun Anda telah memperhatikan Asupan Nutrisi namun pola makan yang Anda terapkan kurang tepat maka akan berdampak buruk juga pada kesehatan.

3. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Mengkonsumsi Air Putih secukupnya juga di anjurkan agar Anda terhindar dari dehidrasi. Air Putih sangat dibutuhkan oleh organ-organ tubuh seperti sumsum tulang untuk mengoptimalkan kinerjanya karena sebagian besar tubuh tersusun oleh air. Mengkonsumsi Air Putih tidak boleh Berlebihan dan juga tidak boleh kurang karena akan berdampak pada kesehatan Anda.


4. Konsultasi Ke Dokter

Apabila sel darah putih Anda tidak kunjung meningkat dalam seminggu maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter karena kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan sel darah putih Anda menurun. Penyebab tersebut haruslah segera ditindaki agar tidak bertambah parah.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah sel darah putih.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon