-->

Friday, October 23, 2015

Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Pada Wajah

Memiliki kulit bersih dan bebas jerawat adalah impian semua orang terutama wanita. Namun sayangnya, banyak wanita yang sibuk membeli kosmetik yang mahal untuk mempercantik dirinya, padahal faktor internal itu sangat berpengaruh terhadap kecantikan seseorang. Dengan menjaga kesehatan kulit serta di ikuti dengan kecantikan batin seperti tersenyum, riang serta menghindari faktor stress maka otomatis kecantikan wanita akan terpancar dari wajahnya dengan sendirinya, bukan cantik karena polesan kosmetik.



Jerawat memang merupakan permasalahan umum yang terjdai pada muka. Permasalahan muka berjerawat ini umumnya menimpa remaja, tidak hanya remaja wanita namun juga bisa menimpa remaja laki-laki. Umumnya rentang dewasa jerawat akan berkuran. Karena kebanyakan jerawat muncul pada remaja saat pubertas. Jerawat ini timbul dari berbagai faktor salah satunya adalah faktor kebersihan waja dan gaya hidup sehat.

Untuk menghilangkan jerawat anda bisa menggunakan 2 cara yaitu secara alami atau menggunakan bahan kimia. Penggunaan obat-obat kimia untuk mengobati dan menghilangkan jerawat harus berhati-hati karena bisa jadi bukan menghilangkan jerawat malah bisa membuat jerawat bertambah dan bermunculan. Jika Anda memutuskan untuk menghilangkan jerawat dengan bahan kimia alangkah baiknya jika Anda memilih dulu produk yang akan Anda pakai, carilah produk untuk menghilangkan jerawat yang sekiranya cocok dengan kulit wajah Anda. Jika tidak cocok maka proses untuk menghilangkan wajah akan gagal total dan Anda akan mendapatkan efek samping dri produk kimia tersebut.

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat mari Anda kenali dahulu faktor apa saja yang bisa menimbulkan jerawat. Dengan mengetahui Faktor penyebabnya, akan mudah bagi Anda untuk mencegah timbulnya jerawat, berikut daftarnya :

Makanan Penyebab Jerawat

- Es krim
- Mie instan
- Santan kental
- Junkfood
- Makanan yang mengandung MSG
- Makanan berlemak 
- Gorengan
- Sambal goreng/balado
- Seafood kecuali ikan
- Kacang mente
- Kue-Kue manis
- Kacang tanah



Faktor Penyebab Jerawat

Disamping faktor makanan ada banyak faktor lain penyebab timbulnya jerawat. Faktor ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Oleh karena itu Anda perlu memahami berbagai faktor itu agar pencegahan dan pengobatan penyebab timbulnya jerawat segera cepat teratasi. Berikut berbagai faktor penyebab makanan :

A. Faktor Hormonal

Saat menjelang datang bulan biasanya seorang wanita akan mengalami masalah jerawat. Hal ini disebabkan karena faktor meningkatnya hormon progesteron yang menyebabkan kulit menghasilkan minyak berlebih, sehingga memicu timbulnya jerawat karena penumpukan lemak dijaringan kulit yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan tersumbat. Begitu pula remaja atau orang yang sedang jatuh cinta akan mudah timbul jerawat diwajahnya yang disebabkan meningkatnya hormon ditubuhnya.

B. Faktor bakteri

Biasanya karena kurang menjaga kebersihan wajah makan bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak di kulit. Bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar yang bernama sebaceous yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi didalam kulit. Pembengkakan akan terus terjadi didalam kelenjar dan kemungkinan besar akan pecah, inilah penyebab radang kulit yang menyebar disekitarnya dan hasilnya timbul bekas luka karena jerawat yang membandel seperti batu yang lebih sulit diobati daripada jerawat biasa yang biasanya mudah diterapi secara medis maupun bahan-bahan alamiah.

C. Faktor Make Up

Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang wanita salah memakai make up sehingga menimbulkan alergi di kulit. Pemilihan make up yang benar adalah faktor kunci untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Maka pilihlah kosmetik yang cocok dengan kulit Anda.

D. Faktor Keturunan

Faktor keturunan atau faktor genetis sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat di wajah Anda. Orang tua baik ayah maupun ibu yang masa mudanya terkena jerawat maka anaknya juga akan mudah terkena jerawat.

E. Faktor Jenis Kulit

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih mudah terserang jerawat daripada orang yang memiliki jenis kulit kering. Hal ini karena penyumbatan akibat minyak atau lemak berlebih dialiran darang jaringan kulit. Umumnya jerawat muncul bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak atau sebaceus gland. Hal tersebut yang membuat saluran folikel rambut dan pori-pori kulit tersumbat. Namun tidak menutup Kemungkinan Jerawat juga bisa muncul bagi yang memiliki kulit wajah yang kering.

F. Faktor Stress

Faktor stress sangat penting dalam munculnya jerawat diwajah. Stress atau depresi dapat menyebabkan terganggunya kesehatan dan metabolisme tubuh. Stress juga dapat memicu maag dan penyakit lainnya, maka dari itu auhilah stress dan perbanyak tertawa karena dapat meredakan timbulnya jerawat di wajah.

G. Faktor Lingkungan

Hidup Dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, dll tak mungkin bisa menghindar dari polusi udara baik dari kendaraan bermotor, debu, dll. Wajah yang terkena kotoran dan polusi tentu akan menimbulkan masalah di kulit wajah Anda maupun tubuh Anda dan diperparah dengan cara hidup yang tidak sehat seperti merokok, penggunaan kosmetik dan waktu tidur yang tidak teratur akan jelas-jelas memicu timbulnya jerawat di wajah maupun di bagian tubuh lainnya.

H. Faktor Obat-Obatan

Aktivitas bakteri patogen yang meningkat bisa disebabkan timbulnya masalah jerawat dikarenanakan daya tubuh seseorang itu menurun. Dan daya tubuh yang menurun ini biasa disebabkan karena mengonsumsi obat kortikosteroid baik diminum maupun topical (oles)

I. Faktor Infeksi

Komedo timbul karena adanya kotoran yang menyumbat di kulit wajah. Terkadang orang yang terkena komedo tergerak untuk mengeluarkan komedo dengan cara memncet sehingga timbul infeksi yang akhirnya menimbulkan jerawat.



Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Secara Alami

Tidak ada metode yang instan untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya apalagi jerawat batu. Anda harus telaten dan sabar untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kelebihan pengobatan jerawat secara alami yaitu aman untuk kulit Anda karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Dan juga terhindar dari yang namanya efek samping, biasanya efek samping terjadi karena mengonsumsi obat-obatan kimia.

Kadang untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat membandel atau jerawat batu memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pengobatan jerawat biasa, untuk itu Anda harus konsisten dalam menjalani terapi secara tradisional atau alami ini.

Bahan-bahan alami ini banyak sekali ditemukan disekitar kita sehingga sangat mudah untuk memulai terapinya.

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis bisa digunakan sebagai bahan menghilangkan jerawat yang bisa Anda praktekkan sehari-hari karena sangat mudah ditemukan dan sangat murah harganya. Jeruk nipis sangat banyak manfaatnya salah satunya untuk menghilangkan jerawat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya sabun cuci yang menggunakan bahan jeruk nipis karena ketika digunakan pada sesuatu yang berminyak maka kadar minyaknya akan berkurang. Hal ini sama persis dengan wajah yang memiliki kadar minyak tinggi. Oleh karena itu jeruk nipis merupakan salah satu bahan favorit yang bisa Anda gunakan.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu :
- Siapkan jeruk nipis
- Potong lalu peras jeruk nipis
- Air perasan di oleskan ke bagian jerawat, alangkah baiknya jika dioleskan keseluruh waah
- Tunggu kurang lebih 30 menit
- Setelah itu bilas dengan air bersih

2. Tomat
Bahan ini sangat mudah didapatkan dan sangat murah. Bahan ini banyak mengandung Vit C dan Vit A yang secara alamiah mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Caranya cukup mudah, yaitu :
- Siapkan 1 buah tomat kemudian potong menjadi beberapa bagian
- Potongan tersebut kemudian ditempelkan pada wajah yang timbul jerawat
- Diamkan Selama 15-20 Menit
- Bilas wajah dengan menggunakan air bersih, lebih bagus lagi bila dengan air hangat
- Lakukan terapi ini 2-3 kali dalam seminggu secara teratur dan konsisten

3. Lemon
Salah satu buah jeruk lainnya yang dapat menghilangkan jerawat adalah buah lemon. buah lemon dapat menghilangkan jerawat pada wajah karena buah lemon banyak mengandung vitamin C. Buah lemon yang bagus digunakan adalah buah lemon yang masih segar, bukan buah lemon yang sudah lama kering atau sudah lama dipetik dari pohonyya. Oleh karena itu sebisa mungkin gunakan buah segar termasuk buah lemon untuk dijadikan obat jerawat yang alami. Jangan sampai menggunakan bahan alami tetapi kualitas rendah.

Caranya pun cukup mudah, yaitu :
- Siapkan 1 buah lemon lalu potong dan peras
- Air perasan di oleskan ke bagian yg timbul jerawat, alangkah baiknya jika dioleskan keseluruh wajah
- Tunggu kurang lebih 30 menit
- Bilas dengan menggunakan air bersih

4. Bawang Putih
Bawang putih yang selama ini kita anggap hanya untuk bahan makanan ternyata mempunyai manfaat lain. Bawang putih dapat juga menghilangkan jerawat karnea zat dalam bahan ini juga dikenal sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti septik yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda.

Caranya cukup mudah, yaitu :
- Siapkan 1 siung bawang putih yang telah terkelupas kulitnya lalu haluskan
- Oleskan pada kulit yang berjerawat
- Diamkan sekitar 10-20 menit
- Bilas dengan menggunakan air bersih
- Lakukan beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

5. Madu
Madu juga dapat dijadikan bahan untuk menghilangkan jerawat dimana manfaat madu itu sendiri baik untuk kulit wajah. Selain hanya menggunakan madu saja, Anda juga bisa mencampurnya dengan putih telur.

Cara membuatnya yaitu :
- Siapkan 1 sendok madu dan putih telur
- Aduk hingga madu dan putih telur menjadi satu 
- Oleskan bahan telah tercampur ke bagian yang berjerawat
- Diamkan selama 15-20 menit
- Bilas dengan Air bersih
- Lakukan 2-3 minggu secara berturut-turut

6. Lidah Buaya
Bahan tradisional ini banyak ditemukan disekitar kita dan zak aktifnya dipercaya mampu membersihkan kulit serta menghilangkan noda bekas jerawat. Penggunaan lidah buaya ini sudah ada sejak zaman romawi kuno untuk mengobati luka ditubuh.

Cara membuatnya yaitu :
- Bersihkan kulit wajah Anda dan keringkan dengan handuk
- Petik daun lidah buaya yang masih segar
- Kemudian dibelah pakai pisau ataupun tangan dan keluarkan jelnya
- Usapkan jel tersebut ke kulit wajah dan diamkan selama 15 menit
- Bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air bersih
- Lakukan terapi ini 2-3kali dalam seminggu secara teratur

7. Beras Jepang
Ternyata beras epang juga dapat menghilangkan jerawat. Hal ini bukan karena kebetulan melainkan karena kandungan aquan oil yang terdapat pada beras jepang yang dapat membuat kulit lebih lembut sehingga jerawat sulit untuk tumbuh.

Cara menggunakannya yaitu :
- Masak beras secukupnya
- Ketika beras tersebut belum matang, Anda ambil airnya dan diamkan hingga dingin
- Basuh air tersebut pada wajah anda sehingga wajah anda putih alami
- Lakukan 2-3 kali seminggu secara teratur

8. Ampas Teh Hitam
Bahan Alami ini selain mengandung kadar antioksidan yang tinggi juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat.

Caranya sebagai berikut :
- Bersihkan kulit wajah Anda lalu keringkan dengan handuk
- Oleskan bahan ini secara perlahan kekulit wajah Anda
- Biarkan selama 15 menit
- Bersihkan kulit wajah Anda menggunakan air bersih
- Lakukan terapi ini 2-3 kali dalam seminggu secara teratur sampai noda bekas jerawat Anda hilang



Resep Turun Temurun Menghilangkan Jerawat

A. Resep 1
Bahan
- Jeruk nipis 1 buah
- Belerang 1/2 sendok makan]

Cara membuat
- Jeruk nipis dibelah 2 lalu diambil airnya
- Air jeruk tersebut dicampur dengan bubuk belerang lalu dilembutkan

Cara menggunakan
- Teteskan minyak wangi sedikit pada adukan tersebut
- Oleskan pada bagian yang berjerawat

B. Resep 2
Bahan
- Kencur 10gr
- Temulawak 10gr
- Asam hanya perlu sedikit
- Jinten beberapa butir
- Gula Aren secukupnya
- Jeruk nipis 1 buah

Cara membuat
- Kencur dan temulawak diparut halus
- Asam, inten dan gula aren ditumbuk halus jadi satu dan dicampur dengan parutan kencur dan temulawak
- Beri air secukupnya, diperas, disaring dan diseduh dengan air panas

Cara menggunakan
- Diminum menjelang pagi hari
- Menjelang tidur malam, muka dicuci dengan air perasan jeruk nipis
- Pagi harinya cucilah muka dengan air hangat yang bersih

C. Resep 3
Bahan
- Daun sirih beberapa lembar

Cara membuat
- Daun sirih yang belum tua dilumatkan

Cara menggunakan
- Tempelkan daun sirih yang sudah lumat pada jerawat
- Lakukan beberapa kali sehari, berturut-turut selama 1 minggu

D. Resep 4
Bahan
- Kunyit

Cara membuat
- Kunyit diparut, dicampur sedikit air panas
- Kemudian disaring dan diambil sarinya sampai mendapat 1 cangkir

Cara menggunakan
- Diminum 1 kali sehari dan menjelang akan tidur malam, parutan kunyit ditempelkan pada bagian wajah yang berjerawat



Itulah cara-cara yang dapat saya sampaikan.
Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon