-->

Tuesday, August 16, 2016

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Akan Mengikuti Tes Kesehatan

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dalam tes kesehatan TNI, Polisi, PIP, ATKP, Kuliah, Kerja ataupun yang lainnya, karena kondisi gigi yang buruk dapat mempengaruhi kelulusan saat tes kesehatan. Oleh karena itu, saat mendekati hari tes kesehatan, misalnya H-3 atau H-7 banyak orang yang pergi ke klinik gigi atau balai pengobatan gigi untuk memperbaiki giginya agar dapat lulus saat tes kesehatan.


Namun, langkah tersebut merupakan langkah yang kurang tepat dilakukan jika akan menghadapi tes kesehatan. Apabila kondisi gigi dan mulut baik, maka periksa ke klinik gigi atau balai pengobatan gigi ketika H-3 atau H-7 tidak ada masalah. Namun, jika kondisi gigi dan mulut buruk, maka waktu 3 atau 7 hari tidak akan cukup. Berikut tips-tips yang dapat dilakukan saat akan mengikuti tes kesehatan.

1. Memeriksakan Keadaan Gigi

Memeriksakan keadaan gigi di klinik, rumah sakit, atau balai pengobatan gigi merupakan langkah awal yang harus ditempuh saat akan menghadapi tes keipesehatan. Waktu yang baik untuk memeriksakan gigi adalah 6 bulan sebelum tes atau setidaknya 3 bulan sebelumNamun, sebelum memeriksakan keadaan gigi, ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu Keadaan Gigi dan Waktu. Kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain.

Keadaan gigi dan mulut sangat penting diketahui sebelum memeriksakan. Jika Anda merasa gigi Anda banyak lubangnya, sering sakit, pernah bengkak atau pun mulut bau maka waktu 7 hari sebelum tes kesehatan tidaklah cukup untuk penanganannya. Namun jika Anda tidak mengetahui apakah gigi Anda berlubang maka Anda bisa mengkonsultasikan jauh-jauh hari sebelum tes kesehatan. Apalagi jika masalah pada gigi Anda adalah posisi gigi yang tidak beraturan, maka waktu seperti itu tidaklah cukup. Jika posisi gigi Anda tidak extreme maka biasanya paling cepat 6 atau 12 bulan giginya sudah bisa bagus, namun jika posisinya extreme maka membutuhkan waktu yang lebih juga.

2. Menerapkan Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menerapkan cara menyikat gigi yang baik dan benar harus dilakukan dan dibiasakan agar gigi tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari gigi berlubang. Selain itu, cara sikat gigi yang salah dapat menyebabkan masalah baru yang dapat mempengaruhi saat tes kesehatan. Penerapan cara menyikat gigi sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum tes kesehatan atau dapat juga diterapkan apabila telah memeriksakan keadaan gigi dan semua masalah yang terdapat pada gigi dan gusi telah teratasi.
Baca juga :


3. Biasakan Mengunyah 2 Sisi

Mengunyah 2 sisi haruslah dilakukan dan dibiasakan. Namun ada beberapa orang yang hanya menggunakan 1 sisi dalam mengunyah. Dampak dari mengunyah 1 sisi adalah terbentuknya karang gigi pada sisi yang tidak pernah digunakan untuk mengunyah. Dan yang parahnya adalah dapat menyebabkan kelainan pada persendian rahang. Tentu saja kedua hal ini akan mengurangi penilian saat tes kesehatan, oleh karena itu sebaiknya Anda membiasakan mengunya 2 sisi.

4. Kurangi Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Manis

Makanan dan minuman yang manis-manis dapat melekat pada permukaan gigi salah satunya cokelat dan permen. Jika makanan tersebut tidak di bersihkan maka dapat membuat gigi Anda menjadi berlubang. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang manis-manis sebaiknya dikurangi terutama bagi Anda yang jarang sikat gigi malam sebelum tidur. Aktivitas bakteri akan lebih cepat terjadi di malam hari, oleh karena itu jika Anda tidak menyikat gigi malam sebelum tidur, gigi Anda dapat berlubang. Sebaiknya hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya lubang pada gigi.

5. Kurangi dan Berhenti Merokok

Tidak sedikit orang yang merokok terutama laki-laki. Seperti yang diketahui bahwa rokok mengandung senyawa yang dapat membahayakan tubuh. Namun orang-orang tidak memperdulikannya dan tetap merokok. Selain berpengaruh pada tubuh seperti pada paru-paru, rokok juga dapat menyebabkan masalah pada gigi yaitu Stain (kotoran berwarna cokelat dan hitam pada gigi). Stain ini akan mengurangi penilaian saat menjalani tes kesehatan. Stain tidak dapat hilang hanya dengan sikat gigi ataupun berkumur-kumur. Stain hanya dapat hilang dengan Scalling ataupun menggunakan cairan khusus.

Coba Anda bayangkan noda akibat rokok yang terdapat pada gigi hanya dapat hilang dengan penanganan tertentu, bagaimana dengan paru-paru Anda ? Sudah pasti sangatlah kotor. Jadi masih maukah Anda merokok atau berhenti ? Namun berhenti merokok memang tidak mudah namun Anda harus kurangi porsinya. Selain itu, setelah selesai merokok sebaiknya Anda kumur-kumur agar noda rokok tidak melekat pada gigi dan kebersihan gigi tetap terjaga.

6. Berkumur-kumur Setelah Minum Teh dan Kopi

Teh dan Kopi juga dapat menyebabkan Stain sama seperti Rokok, jika Anda rajin menyikat gigi 2x sehari dengan cara yang benar maka Stain tidak akan terbentuk sekalipun Anda minum teh dan kopi. Akan tetapi jika Anda tidak menyikat gigi 2x sehari maka akan terbentuk Stain pada gigi. Namun Anda juga dapat mencegah terbentuknya Stain dengan cara berkumur-kumur setelah minum teh atau kopi sehingga Gigi Anda akan terbebas dari Stain.

7. Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjalani Tes Kesehatan

Ketika hari tes sudah tiba, ada hal yang perlu Anda lakukan yaitu :
1. Makanlah secukupnya sebelum berangkat mengikuti tes kesehatan dan jangan lupa untuk menyikat gigi setelah makan dengan menggunakan cara yang benar.
2. Saat berada ditempat tes, sebaiknya Anda tunda untuk makan dan mengemil terutama roti karena dapat menyebabkan terbentuknya plak dan sisa makanan pada gigi sehingga akan mengurangi penilaian. Makan dan ngemil dapat Anda lakukan setelah pemeriksaan gigi selesai dilakukan.

Itulah 7 Tips menjaga kesehatan gigi saat Anda akan mengikuti tes kesehatan.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon