-->

Friday, July 15, 2016

Sel Darah Putih Berlebihan Menunjukkan Adanya Penyakit

Sel darah putih atau yang disebut leukosit merupakan salah satu komponen darah yang sangat penting didalam tubuh. Sel darah putih terbagi atas 5 jenis yaitu : 65% Neutrofil, <1% Basofil, 4% Eosinofil, 25% Limfosit, dan 6% Monosit. Masing-masing jenis sel darah putih memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun secara umum fungsi sel darah putih sebagai antibodi di dalam tubuh yang berguna melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, dan jamur. Walaupun sel darah putih bermanfaat untuk tubuh, namun apabila jumlah sel darah putih tinggi dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan beberapa penyakit mematikan.


Jumlah normal sel darah putih di dalam tubuh yaitu 9.000 - 12.000/mm3 darah dan 5.000 - 10.000/mm3 darah. Sel darah putih dikatakan tinggi apabila melebihi jumlah normal tersebut. Secara umum Penyebab Sel darah Putih Meningkat di dalam tubuh karena terjadinya infeksi baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, dan jamur. Apabila terjadi infeksi maka sel darah putih akan bertugas melawan infeksi tersebut sehingga sumsum tulang (sumsum kuning) akan memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk memerangi infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Sel darah putih melawan mikroorganisme penyebab infeksi dengan cara fagosit yaitu memakan dan menghancurkan mikroorganisme.

Penyakit yang Ditandai Dengan Jumlah Leukosit Tinggi

Sel darah putih sangat berperan dalam tubuh, akan tetapi, sel darah putih yang tinggi menandakan ada sesuatu yang terjadi didalam tubuh Anda. Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan jumlah sel darah putih tinggi :

1. AML (Acute Myelogenus Leukimia) atau LMA (Leukimia Mielogen Akut)

Penyakit ini merupakan salah jenis penyakit leukimia atau kanker darah. Penyakit ini berkembang dengan sangat cepat. Umumnya penyakit ini diderita oleh orang dewasa dibandingkan anak-anak.

Gejala-gejalanya :
- Nyeri pada tulang
- Sesak napas atau gangguan pernapasan
- Kulit terlihat pucat
- Demam atau suhu tubuh meningkat
- Lelah, Letih, Lesu, Lemas, dan Lunglai
- Kulit akan lebih mudah memar
- Sering terjadi mimisan dan perdarahan pada gusi

2. ALL (Acute Lymphocytic Leukimia) atau LLA (Leukimia Limfositik Akut)

Penyakit ini juga merupakan salah satu jenis penyakit leukimia atau kanker darah. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak sekitar usia 3-5 tahun. Penyakit leukimia jenis ini juga merupakan penyakit yang terjadi 25% diantara semua jenis-jenis kanker yang menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun.

Gejala-gejalanya :
- Nyeri pada tulang
- Meningkatnya frekuensi terjadinya infeksi
- Tubuh lemah dan tidak bersemangat serta wajah pucat
- Gangguan Pernafasan
- Mimisan dan gusi berdarah
- Demam dan Menggigil

3. Myelofibrosis

Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang sumsum tulang sehingga mengganggu produksi sel-sel darah 

Gejala-gejalanya :
- Keringat dimalam hari atau saat tidur
- Nyeri pada tulang
- Sakit pada tulang rusuk bagian kiri
- Lemah, Letih, Lesu, Lemas, dan Lunglai serta sesak napas dan kulit pucat
- Meningkatnya frekuensi terjadinya infeksi
- Mudah terjadi memar dan perdarahan baik di gusi ataupun hidung

4. Radang Sendi

Radang Sendi merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya inflamasi pada satu sendi atau lebih dari satu sendi. Banyak jenis-jenis radang sendi tapi, radang sendi yang ditandai oleh jumlah sel darah putih tinggi bernama Rheumatoid Arthritis.

Gejala-gejalanya :
- Rasa kaku pada persendian
- Kulit berwarna kemerah-merahan
- Terjadi pembengkakan
- Suhu disekitar persendian terasa hangat
- Terasa nyeri pada persendian

5. TBC (Tuberkulosis)

Tuberkulosis atau disingkat TBC merupakan salah satu penyakit yang terjadi didalam tubuh yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Ketika bakteri tersebut ada didalam tubuh, maka tubuh akan terus memproduksi sel darah putih sehingga jumlah sel darah putih akan meningkat.

Gejala-gejalanya :
- Batuk berdahak lebih dari 2 minggu
- Dahak berdarah
- Demam lebih dari 1 bulan
- Tubuh lemas, letih, lesu, lelah, dan lunglai
- Terjadi penurunan berat badan
- Berkeringat dimalam hari
- Sesak napas dan nyeri pada dada

6. Penyakit yang disebabkan infeksi Bakteri, Virus, Jamur, dan Parasit

Jumlah sel darah putih akan bertambah apabila terjadi infeksi baik itu yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Contohnya Hepatitis, AIDS dan sebagainya

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan peningkatan jumlah sel darah putih didalam tubuh. Jika jumlah sel darah putih Anda meningkat, sebaiknya Anda melakukan 6 Cara Menurunkan Sel Darah Putih Tinggi.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon