-->

Saturday, November 14, 2015

Mengenal Karang Gigi

Karang gigi merupakan salah satu penyakit yang terjadi didalam rongga mulut. Sebagian orang menganggap karang gigi itu hal biasa saja dan tidak berbahaya. Namun, karang gigi yang dibiarkan begitu saja tanpa tindakan medis akan menyebabkan penyakit baru di dalam rongga mulut. Pada umumnya, karang gigi sangat erat hubungannya dengan kebersihan mulut. Karena apabila kebersihan mulut seseorang buruk maka pembentukan karang gigi akan cepat terjadi.


A. Apa Itu Karang Gigi ?

Semua orang pasti pernah mendengar karang gigi, namun tidak semua orang mengetahui dengan jelas tentang karang gigi. Pada awal pembentukannya, karang gigi hanyalah lapisan tipis dan lunak pada permukaan gigi. Namun, seiring berjalannya waktu dan kurangnya perhatian terhadap kebersihan rongga mulut maka lapisan tipis dan lunak ini akan mengalami proses pengerasan. Pada umumnya proses pengerasan ini berlangsung 1-14 hari. Jadi, proses terbentuknya karang gigi itu tidaklah instan karena juga membutuhkan waktu. Terkadang orang tidak menyadari adanya plak pada gigi mereka, mereka menyadari ketika karang gigi telah terbentuk.

B. Penyebab Karang Gigi

Karang gigi disebabkan oleh plak yang didukung adanya saliva dan membutuhkan waktu. Faktor oral hygiene atau kebersihan mulut juga sangat berpengaruh, semakin buruk kebersihan mulut maka karang gigi dapat tumbuh dengan cepat. 
Berikut orang-orang yang memiliki risiko tinggi terhadap tumbuhnya karang gigi :

1. Orang Yang Jarang Membersihkan Giginya
Kebersihan Rongga mulut sangatlah penting, karena karang gigi banyak terdapat pada permukaan gigi yang jarang dibersihkan. Permukaan gigi yang umumnya jarang dibersihkan adalah gigi belakang dekat pipi dan bagian belakang gigi depan, di daerah tersebutlah terdapat banyak karang gigi.

2. Orang Yang Mengunyah Dengan Menggunakan 1 Sisi
Mulut terbagi 2 sisi yaitu kiri dan kanan. Mengunyah 1 sisi dapat juga menyebabkan terbentuknya karang gigi. Sebab proses pengunyahan sangat berkaitan dengan proses terbentuknya karang gigi. Jadi, apabila Anda mengunyah dengan sisi kiri maka di sisi kanan akan terdapat karang gigi.

3. Orang Dengan Air Liur Berlebih (Hipersalivasi)
Air Liur sangat berperan dalam pembentukan karang gigi, karena didalam air liur terdapat kandungan anorganik yang membantu karang gigi mengalami proses pengerasan.

4. Orang Yang Memiliki Posisi Gigi Yang Tidak Normal
Posisi gigi yang tidak normal sangat berpengaruh terhadap karang gigi. Posisi yang tidak normal akan menyebabkan banyaknya penumpukan makanan dan akan sulit dibersihkan. Hal ini yang juga dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi di daerah tersebut.

C. Ciri-Ciri Karang Gigi

Tempat terbentuknya karang gigi ada 2 yaitu : karang gigi yang terdapat di atas gusi atau supragingival dan di bawah gusi atau subgingival.
1. Ciri-Ciri karang gigi supragingival atau yang terdapat di atas gusi :
  • Berwarna putih kekuning-kuningan
  • Mudah terlepas dari permukaan gigi
  • Ketika hancur akan seperti pasir
  • Mudah terbentuk kembali

2. Ciri-Ciri karang gigi subgingival atau yang terdapat di bawah gusi
  • Tidak terlihat kasat mata
  • Berwarna cokelat kehitaman
  • Keras dan agak sulit dibersihkan
  • Melekat kuat pada akar gigi

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang karang gigi. Untuk dampak buruk, penanganan dan pencegahan karang gigi nantikan  artikel berikutnya.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon