-->

Saturday, November 21, 2015

6 Cara Mencegah Penyakit Meningitis

Meningitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan meningitis, yaitu faktor bakteri, virus, jamur, dan lain-lain. Meningitis tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga menyerang anak-anak. Segeralah Anda untuk Deteksi Dini Penyakit Meningitis agar Anda dapat mengetahui gejala-gejala yang terjadi pada orang yang Anda sayangi.


Meningitis telah memakan banyak korban, karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Meskipun penyakit ini telah memakan banyak korban, Anda dapat mencegah penyakit ini. Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit meningitis, sebaiknya Anda juga harus Mengenal Penyakit Meningitis.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit meningitis :

1. Lakukan Vaksinasi

Vaksinasi merupakan langkah awal yang Anda harus tempuh untuk mencegah penyakit meningitis. Sebaiknya pemberian vaksin dilakukan ketika masih anak-anak. Vaksin yang dianjurkan untuk anak-anak adalah campak, rubella, gondok, cacar air dan penyakit hib. Vaksinasi penyakit meningitis juga disarankan untuk orang-orang yang lebih berisiko terkena penyakit ini seperti wisatawan yang suka berpergian.

2. Hindari Gigitan Nyamuk

Nyamuk dapat membawa virus meningitis dan menularkannya melalui gigitannya. Jadi sebaiknya Anda menghindari daerah-daerah rawan nyamuk seperti ke kebun di waktu senja tiba. Selain itu, Anda dapat juga melakukan 3M :
  • Menguras Tempat Penampungan Air Secara Rutin
  • Mengubur Barang Bekas Yang Tidak Terpakai
  • Menutup Selalu Tempat Penyimpanan Air
Serta menggunakan kelambu pada saat Anda tidur atau memakai obat nyamuk. Jika Anda melakukan itu semua, maka Anda telah mencegah terjadinya penularan meningitis melalui gigitan nyamuk, serta Anda juga sudah mencegah terjadinya penyakit demam berdarah.

3. Rajin Mencuci Tangan

Virus meningitis dapat berada dimana saja, apa lagi ketika Anda berada ditempat yang sangat ramai. Virus dapat melekat pada Anda melalui kontak tangan ataupun kontak melalui benda seperti uang. Jadi dengan rajin mencuci tangan setelah keluar dari rumah Anda dapat mencegah virus meningitis masuk kerumah Anda.

Anda dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan handwash (antiseptik berbentuk sabun cair) atau Handrub (antiseptik tanpa sabun). Serta Anda juga harus mengetahui 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar agar tangan Anda bersih dan bebas dari bakteri atau virus.

4. Jangan Menggunakan Benda-Benda Milik Penderita Meningitis

Virus meningitis dapat juga menular melalui benda. Jadi sebaiknya Anda harus menghindari penggunaan benda-benda milik penderita khususnya alat makan, karena melalui alat makan Anda akan lebih rentan terkena virus meningitis. Anda dianjurkan untuk menggunakan benda-benda milik Anda sendiri agar Anda dapat terhindar dari penularan virus terutama virus meningitis.

5. Jaga Kebersihan Pakaian

Kebersihan pakain sangat menunjang kesehatan Anda, karena pakaian sangat rentan terkena berbagai virus dan bakteri ketika Anda melakukan aktivitas diluar rumah. Jadi Anda harus mencuci pakaian Anda dengan bersih. Anda juga dapat menggunakan desinfektan untuk mencuci pakaian Anda yang dikiranya telah tertular virus meningitis melalui bersin atau batuk ketika Anda berhadapan dengan penderita meningitis.

6. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Menjaga sistem imun tubuh merupakan suatu tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan agar tubuh Anda tidak mudah terserang bakteri atau virus suatu penyakit terutama meningitis. Anda dapat menjaga sistem imun tubuh dengan cara memakan makanan 4 sehat 5 sempurna. Tetapi sebelum itu Anda juga harus mengetahui pola makan yang sehat agar pola makan Anda teratur dan sehat.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat mencegah penularan penyakit meningitis pada diri Anda ataupun keluarga.

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon