-->

Wednesday, November 11, 2015

12 Tips Menjaga Kesehatan Anda Ditengah Tebalnya Kabut Asap

Saat ini kabut asap di beberapa daerah sangat tebal seperti daerah jawa, kepulauan riau, sumatera dsb. Kabut asap yang tebal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kebakaran hutan. Kabut asap yang tebal ini meresahkan masyarakat karena mengakibatkan terganggunya aktivitas masyarakat seperti penerbangan banyak yang ditunda karena alasan kabut yang sangat tebal dan anak sekolah banyak yang diliburkan.



Selain mengganggu aktivitas masyarakat, kabut asap ini juga dapat mengganggu kesehatan Anda. Karena kabut asap yang tebal telah terkontaminasi oleh bakteri dan virus, apabila kabut tersebut Anda hirup, maka akan terjadi gangguan kesehatan. Contoh gangguan kesehatan yang paling banyak dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernafasan akut), selain ISPA dapat pula terjadi iritasi mata dan alergi pada kulit.

Kabut asap yang tebal juga dapat membahayakan ibu hamil dan anak balita. Oleh karena itu kita harus melakukan tindakan yang efektif agar aktivitas Anda tetap berjalan seperti biasa tanpa mengganggu kesehatan Anda.

Berikut 12 tips menjaga kesehatan Anda ditengah tebalnya kabut asap.

1. Memakai Masker
Setiap Anda beraktivitas diluar rumah, sebaiknya Anda memakai masker. Hal ini bertujuan untuk mencegah udara kotor masuk kehidung Anda. Sehingga Anda bisa terhindar dari ISPA.

2. Memakai Kacamata Saat Mengendarai Sepeda Motor
Mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan kacamata ditengah kabut asap akan membuat mata Anda menjadi perih. Oleh karena itu, Anda disarankan menggunakan kacamata saat mengendarai sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi pada mata akibat udara yang kotor.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih dapat menetralisir tubuh Anda dari zat-zat yang ikut terhirup bersama kabut asap yang tebal. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk perbanyak minum air putih agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

4. Kurangi Aktivitas Diluar Rumah
Jika Anda tidak mempunyai aktivitas yang penting diluar rumah, sebaiknya Anda tinggal dirumah. Karena jika Anda keseringan keluar rumah maka Anda akan lebih berisiko terkena penyakit ISPA. Kalaupun Anda harus keluar karena suatu hal yang sangat penting, Anda dianjurkan untuk memakai masker dan kacamata. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk meminimalkan aktivitas diluar rumah.

5. Selalu Menutup Jendela dan Pintu Rapat-Rapat
Semakin bertambah tebalnya kabut asap, Anda sebaiknya menutup jendela dan pintu rumah anda rapat-rapat agar kabut asap tidak masuk kedalam rumah. Walaupun didalam rumah terasa sangat membosankan dan pengap, akan tetapi itu jauh lebih baik daripada Anda keluar ditengah tebalnya kabut asap. Jika Anda memiliki AC, AC dapat Anda nyalakan agar memperoleh udara yang sejuk. Namun, Filter AC Anda juga harus selalu dicek dan dibersihkan, karena tebalnya kabut asap akan menyebabkan filter AC cepat kotor. Jika hal itu dibiarkan maka AC tersebut dapat mencemari udara yang Anda hirup.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Bernutrisi
Anda sebaiknya harus memakan makanan yang bernutrisi seperti makanan yang mengandung omega-3, Antioksidan dan Vitamin. Mengonsumsi makanan bernutrisi akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi kuat. Sehingga penyakit akan sulit untuk masuk ke tubuh Anda.

7. Selalu Menutup Tempat Penyimpanan Makanan dan Minuman
Menutup makanan dan minuman salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit. Sebab, makanan dan minuman yang tidak tertutup akan tercemari oleh udara yang kotor akibat kabut asap yang tebal. Sehingga Anda lebih berisko terjangkit penyakit bila memakan atau meminum makanan tersebut.

8. Kurangi Kebiasaan Merokok
Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan sering merokok, sebaiknya Anda kurangi atau hentikan kebiasaan tersebut. Karena merokok itu akan mencemari udara. Apalagi jika Anda merokok didalam rumah, bukannya Anda mendapat udara segar malah Anda menciptakan udara yang kotor penuh polusi. Udara kotor yang Anda ciptakan karena Asap rokok bukan hanya Anda sendiri yang menghirupnya tetapi orang lainpun juga turut menghirupnya seperti istri dan anak Anda. Jadi sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok demi kesehatan Anda dan keluarga Anda.

9. Cuci Bersih Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran Sebelum Dikonsumsi
Jika Anda telah membeli buah dan sayur di pasar atau di minimarket, Anda dianjurkan untuk mencuci terlebih dahulu buah dan sayur tersebut. Ini dilakukan agar buah dan sayuran yang Anda telah beli terjamin kebersihannya dan tetap sehat untuk Anda konsumsi.

10. Selalu Mencuci Wajah dan Tangan Setelah Beraktivitas Diluar Rumah
Selama Anda beraktivitas diluar rumah, maka kotoran atau polusi akan terus menempel pada tubuh Anda. Oleh karena itu, setelah Anda sampai dirumah sebaiknya Anda mencuci tangan, membersihkan wajah dan tubuh Anda. Agar kesehatan Anda tetap terjaga.

11. Selalu Hidupkan Lampu Kendaraan
Dalam berkendara dijalanan yang berkabut tebal, Anda wajib menyalakan lampu kendaraan Anda. Karena menyalakan lampu kendaraan akan memudahkan Anda melihat didalam tebalnya kabut asap. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang dapat terjadi.

12. Konsultasi Kedokter
Jika Anda telah mengalami gejala-gejala ISPA, alergi kulit atau iritasi mata. Sebaiknya Anda segera konsultasi kedokter yang ahli dibidangnya. Jangan tunggu sampai kondisinya bertambah parah. Karena mengatasi gejala-gejala penyakit merupakan langkah yang baik dalam mencegah penyakit.


Itulah 12 tips yang dapat saya bagikan ke Anda. Silahkan Anda terapkan Agar kesehatan Anda tetap terjaga.
Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon